Rabu, 27 Mei 2015

Arti Dibalik Sticker Kode Pada Buah-buahan

Jika anda berbelanja buah-buahan di supermarket maupun di kios buah, anda akan mendapati label yang menempel pada buah yang anda beli. Mungkin anda tak pernah memperhatikan kode angka yang terdapat pada sticker label tersebut dan menganggapnya tidak penting bahkan mengganggu karena anda dibuat repot harus melepas sticker tersebut ketika hendak memakan langsung buah yang anda beli.

Meskipun tampak sepele dan seperti menggangu, stiker atau label yang melekat pada buah tersebut mengandung kode yang berisi informasi penting tentang identitas produk buah yang akan anda konsumsi. Kode berupa angka pada sticker memberitahu Anda bagaimana buah itu tumbuh. Dengan membaca kode, Anda dapat mengetahui apakah buah itu hasil rekayasa genetika, organik, atau diproduksi dengan pupuk kimia, fungisida, atau herbisida.

Kode berupa angka pada sticker memberitahu Anda bagaimana buah itu tumbuh.
Dengan membaca kode, Anda dapat mengetahui apakah buah itu hasil rekayasa genetika, organik, atau diproduksi dengan pupuk kimia, fungisida, atau herbisida.

Berikut adalah makna kode angka pada buah yang perlu Anda ketahui

Jika kode angka hanya ada empat digit
, ini berarti bahwa produk itu tumbuh secara konvensional atau "tradisional" dengan menggunakan pupuk pestisida ataupun pupuk organik.

Empat angka dari kode tersebut juga menginformasikan jenis dari masing-masing buah. Sebagai contoh, kode untuk buah pisang adalah 4011, 4032 untuk semangka dan melon, 4139 untuk apel hijau dan 4131 untuk apel Fuji.

Jika kodenya lima digit dan nomor dimulai dengan angka "8"
, ini memberitahu Anda bahwa buah tersebut adalah hasil modifikasi genetika. Modifikasi genetik artinya telah direkayasa, bukan alamiah lagi.

Jika kode angka lima digit dan nomor dimulai dengan "9", ini menginformasikan bahwa produk itu tumbuh secara organik dan tidak dimodifikasi secara genetik.

Sebagai contoh dan supaya anda tidak terlalu repot mengingatnya, perhatikan angka pertamanya saja. Berikut contohnya:

4139 artinya buah apel hijau tersebut ditanam secara konvensional dan tidak organik karena diberi pupuk pestisida.

84139 artinya buah apel hijau tersebut ditanam secara konvensional, tidak organik dan hasil rekayasa genetik.

94139 artinya buah apel hijau tersebut ditanam secara konvensional dan menggunakan pupuk organik.

Atau contoh pada pisang:

4011 artinya buah pisang tersebut ditanam secara konvensional dan tidak organik karena diberi pupuk pestisida.

84011 artinya buah pisang tersebut ditanam secara konvensional, tidak organik dan hasil rekayasa genetik.

94011 artinya buah pisang tersebut ditanam secara konvensional dan menggunakan pupuk organik.

Berdasarkan label tersebut dapat disimpulkan bahwa buah berlabel 5 angka dengan angka 9 didepan adalah buah paling sehat.

Hindari yang berlabel 5 angka dengan angka 8 diawal karena buah tersebut merupakan hasil rekayasa genetika yang tentunya tidak lebih baik dan tidak lebih sehat dari buah yang tumbuh secara organik.


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar