Rabu, 03 Juni 2015

Deteksi penyakit melalui warna kuku


Bisakah melihat kondisi kesehatan seseorang dari warna kukunya? Warna putih, kebiruan, menguning, bahkan kuku retak  mungkin merupakan tanda penyakit dalam tubuh seperti permasalahan dalam hati, paru-paru, dan jantung. konon warna serta kondisi kuku seseorang dapat memberikan petunjuk bagaimana sebenarnya kondisi kesehatan kita. Berikut penjelasannya

  1.  Kuku Pucat, Kuku sangat pucat kadang-kadang bisa menjadi tanda penyakit serius, seperti anemia, gagal jantung kongestif, penyakit liver, dan gizi buruk.
  2.  Kuku Putih, Jika warna kuku sebagian besar berwarna putih dengan bagian pinggir gelap dapat mengindikasikan masalah liver, seperti hepatitis. 
  3.  Kuku Kuning, Salah satu penyebab paling umum dari kuku yang berwarna kuning adalah infeksi jamur. Kondisi ini diperburuk dengan kuku dapat tercabut, dan menebal serta hancur. Dalam kasus yang jarang, kuku kuning dapat mengindikasikan kondisi yang lebih serius seperti  penyakit tiroid/gondok yang parah, penyakit paru-paru, dan diabetes.
  4.  Kuku Kebiruan, Kuku dengan warna kebiru-biruan dapat diartikan tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen. Ini bisa mengindikasikan adanya infeksi di paru-paru, seperti pneumonia. Beberapa masalah jantung juga dapat dikaitkan dengan warna kuku yang kebiruan.
  5.  Kuku Berkerut, Permukaan kuku berkerut atau berlubang, ini mungkin merupakan tanda awal psoriasis atau radang arthritis. Perubahan warna kuku yang umum, yakni kulit di bawah kuku dapat tampak cokelat kemerahan.Timbulnya bintik-bintik tak beraturan pada kuku, menandakan adanya penyakit psoriasis ( penyakit kulit kronis ).
  6.  Kuku Retak dan Pecah, Kering, rapuh yang sering retak atau pecah dapat dikaitkan dengan penyakit tiroid. Kuku retak atau pecah jika dikombinasikan dengan warna kekuningan lebih mungkin disebabkan oleh infeksi jamur.
  7.  Garis Gelap di Balik Kuku, Garis-garis gelap di balik kuku harus diselidiki sesegera mungkin. Hal tersebut kadang-kadang disebabkan oleh melanoma, jenis paling berbahaya dari kanker kulit.
Lebih detailnya sebagai berikut tentang warna kuku
  1. Lingkaran sabit (lengkungan kecil) dikuku ibu jari berwarna merah muda berarti peredaran darah pankreas kurang baik. Akibatnya pasien mudah lesu, bila dibiarkan dapat berkembang menjadi kencing gula. Pijatlah titik dibawah ibu jari.
  2. Lingkaran sabit dikuku jari telunjuk bewarna merah muda berarti usus dan lambung lemah. Dalam kasus ini peredaran darah di usus dan lambung kurang lancar. Pijatlah titik dibawah kuku jari telunjuk.
  3. Lingkaran sabit dikuku jari tengah bewarna merah muda berarti mudah gelisah dan terjadi kelemahan energi dibagian jantung. Pijatlah titik dibawah kuku jari tengah bila tidur tak nyenyak, banyak mimpi, sering mengeluh sakit kepala, tidak dapat berkonsentrasi.
  4. Lingkaran sabit dikuku jari manis bewarna merah muda berarti haid tidak teratur karena suhu badan naik turun akan mengganggu peredaran darah, daya tahan tubuh menjadi lemah. Pijatlah titik dibawah kuku jari manis bila anda menderita gejala tersebut.
  5. Lingkaran sabit dikuku jari kelingking bewarna merah muda berarti energi jantung menjadi lemah. Sakit jantung biasanya sulit diketahui secara dini. Bila telah diketahui biasanya sakit jantung sudah kronis. Untuk mendeteksi secara dini sering-seringlah memijit 2 titik dibawah kuku jari kelingking dibagian dalam dan luar.
  6. Kuku masuk/ tenggelam kedalam daging berarti hati lemah. Pasien dengan kondisi demikian karena terlalu banyak makan daging, kurang makan sayuran dan buah-buahan. Hal tersebut menyebabkan hati jadi kurang sehat. Pijatlah titik diruas kedua jari manis dibagian jari dalam.
  7. Kuku timbul garis-garis mendatar berarti pasien supaya berhati-hati dengan usus dan lambung. Kuku manusia setiap hari selalu tumbuh. Bila terjadi gangguan pencernaan maka pertumbuhan kuku akan terhambat akibatnya timbul garis-garis mendatar. Pijatlah titik ditempat kuku ada garisnya.
  8. Kuku timbul garis vertikal berarti metabolisme kurang bekerja dengan baik. Garis-garis vertikal tersebut adalah daging dibawah kuku yang berkerut. Bila kuku jari tengah ada garis vertikal berarti hati dan ginjal kurang baik dan kurang sehat. Pijitlah titik dibawah ujung kuku bagian tengah.
  9. Kuku berbintik-bintik hitam dan merah berarti peredaran darah di otak kurang lancar, sehingga menyebabkan lesu, mengantuk dan aktivitas menurun. Bila jari telunjuk ada bintik-bintiknya, peredaran darah di otak kurang baik. Pijatlah titik di bawah ujung kuku jari telunjuk.
Untuk menjaga kesehatan anda secara teratur pijatlah semua titik-titik dibawah kuku setiap hari. Bila kuku jari menjadi merah setelah ditekan, berarti peredaran darahnya baik dan organ yang berhubungan dengan meridian ditangan cukup baik. Bila kuku jari setelah ditekan tidak segera memerah, berarti peredaran darah tidak lancar, dan organ yang berhubungan dengan meridian ditangan kurang sehat. Organ-organnya ialah
paru-paru, jantung, usus besar dan usus kecil.


Bintik putih pada kuku
http://forum.facmedicine.com/data/MetaMirrorCache/upload.wikimedia.org_wikipedia_commons_thumb_4_48_Leukonychia.jpg_800px_Leukonychia.jpgPenyebab umum terjadinya kondisi bintik putih pada kuku adalah karena terjadinya trauma ringan ataupun sedang pada kuku yang sedang tumbuh. Pertumbuhan kuku umumnya cenderung amat lambat, karenanya orang mungkin tidak menyadari trauma atau cedera yang terjadi pada minggu sebelumnya sampai akhirnya muncul tanda atau bintik berwarna putih pada kuku.
Kondisi seperti ini renta sekali dikaitkan dengan kekurangan atau kelebihan vitamin atau kalsium tertentu yang pada kenyataannya hal ini tidak sepenuhnya demikian. Noda putih atau bintik putih banyak ditemukan pada kuku dibagian tangan dibandingkan dibagian jari kaki. sebelum noda putih tampak pada kuku. Kemungkinan lain, bintik putih ini bisa menjadi tanda adanya infeksi ringan yang terjadi pada kuku atau alergi atau efek samping dari pengobatan tertentu. Jadi saat anda sedang dalam masa penyembuhan dan konsumsi obat-obatan tertentu kemudian muncul bintik putih ini pada kuku, bisa jadi ini adalah reaksi dari obat-obatan yang anda konsumsi 

Jika bintik putih tersebut hanya muncul satu atau beberapa kuku pada jari anda. Maka tak perlu khawatir. Namun apabila bintik tersebut muncul begitu banyak pada kuku atau bahkan hampir mengenai seluruh kuku pada jari-jari anda, maka hal tersebut patut di waspadai. Hal tersebut karena mungkin saja terjadi kondisi yang cukup serius dengan tubuh anda. Misalnya saja tubuh anda megalami penurunan fungsi pada ginjal, anemia atau bahkan diabetes. Dan apabila hal ini terjadi, baiknya anda disarankan untuk segera mendapatkan perhatian medis

 

Berikut ini adalah beberapa jenis leukonychia untuk dapat anda ketahui sebagai pengetahuan tambahan

1. Leukonychia Totalis
Kondisi seperti ini terjadi apabila bintik putih menyerang seluruh bagian kuku. Pemicu dari kondisi ii bisa dikaitkan dengan penyakit tertentu, yang mana leukonychia jenis  ini patut segera mendapatkan perhatian medis.
2. Leukonychia Punctata
Leukonychia jenis ini adalah leukonychia yang paling banyak dijumpai dimana bintik-bintik putih pada kuku nampak seperti titik-titik atau garis-garis kecil yang nampak pada kuku.
3. Leukonychia Striata
Leukonychia jenis terakhir ini terjadi apabila bintik putih pada kuku nampak seperti garis yang sejajar dengan pangkal kuku.
Namun apapun jenisnya, satu hal yang pasti, kondisi seperti ini bukalah disebabkan karena tubuh mengalami kekurangan kalsium ataupun zinc seperti yang telah banyak diasumsikan banyak orang.

Jadi mulai, saat ini meskipun kuku terlihat cantik dan baik-baik saja bukan berarti kesehatan kuku terjaga dengan baik. Dan tidak ada salahnya, mulailah perhatikan kesehatan kuku dengan  mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi baik untuk kesehatan kuku, selain lebih murah manfaat lain dari buah-buahan tentunya bermanfaat pula untuk kesehatan organ tubuh lainnya. Dan sekarang anda tidak perlu khawatir jika terdapat bintik-bintik putih pada kuku. Karena hal ini semata-mata hanya sebagai reaksi dari kuku yang mengalami luka tanpa anda sadari.

berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar