Minggu, 06 Januari 2013

mesin pencari web

Memasuki dunia maya tentunya tidak akan pernah melewati tampa adanya kehadiran nama besar dari Raksasa-raksasa maya ini. Siapa yang tidak mengenal Google,Yahoo,Msn dan Aol itu sama dengan orang yang tidak mengenal internet.
Raksasa-raksasa mesin pencari dunia maya ini selalu menyajikan yang terbaik bagi pengunjung dan pemakainya sehingga akan merasa kecanduan jika sudah menjadi pengikutnya.
Untuk mengetahui siapa saja Raksasa-raksasa mesin pencari dunia maya tersebut mari kita bahas satu persatu.
1.http://.www.google.com 
Selain pencarian web, Google juga menyediakan jasa pencarian gambar,berita serta pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo! Kelemahannya terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio. Keunggulan Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank, database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya.
 Google Inc. merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet dan iklan online. Perusahaan ini berbasis di Mountain View, California, dan memiliki karyawan berjumlah 19.604 orang (30 Juni 2008) Filosofi Google meliputi slogan seperti "Don't be evil", dan "Kerja harusnya menatang dan tantangan itu harusnya menyenangkan", didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.

2.http://www.yahoo.com
Pria berkebangsaan Taiwan bernama Jerry Yang. Dialah salah seorang pendiri sekaligus pemimpin dari Yahoo!.
Jerry Yang dilahirkan pada tahun 1968 di Taipei, Taiwan, dengan nama Yang Chih Yuan.
yang dimana menawarkan banyak fitur dan berita terkini seluruh dunia. Yahoo mempunyai beberapa fitur unggulanya seperti yahoo mesengger,flickr,koprol,yahoo aswer 
dan dengan email @yahoo.com/ymail.com/roketmail.com/yahoo.co.id yang memanjakan anda untuk bisa memilih sesuka hati inisial e-mail anda.

3.http://www.ask.com 
Sebuah mesin pencari yang berdiri seaak tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen di California. Situs ini dapat mencari informasi secara detail
keberadaanya cukup dipertimbangkan didalam menjajal dunia maya. Sedikit berbeda untuk melakukan sign in disini. Kenapa?...bila anda ingin bergabung di ask anda harus sudah mempunyai e-mail terlebih dahulu untuk melakukan registrasi disini. Jadi sebelum bisa menggunakan fitur yang ada di ask diharapkan anda sudah punya email. Fitur yang disajikan dalam ask itu ada ask image,ask video,ask reference dan beberapa fitur tambahan lainnya

4.http://www.mahalo.com
Mahalo adalah mesin pencari bertenaga manusia karena dibangun secara kolektif oleh tim yang terdiri dari para editor dan komunitas terdaftar.

5.http://www.bing.com
Inilah situs baru buatan Microsoft. Bing sengaja yang dibuat oleh Microsoft untuk menyaingi Google ini menawarkan beberapa fitur baru.

6.http://www.altavista.com
Merupakan perpanjangan dari product yahoo yang mempunyai design sendiri tapi tetap dibesarkan oleh yahoo yang sering dijumpai didunia maya ketika anda search di internet. AltaVista adalah publik diluncurkan sebagai mesin pencari internet pada tanggal 15 Desember 1995 di altavista.digital.com.
 Selain mencari informasi di situs, Altavista.com dilengkapi dengan database informasi tentang gambar, MP3/audio, video, direktori dan berita. Keunggulan search engine ini adalah kemampuannya melakukan operasi Boolean AND, OR, NOT dan AND NOT. Kelemahannya adalah tidak banyak file komputer yang bisa diaksesnya, semisal file PDF. Alltheweb.com mampu mencari informasi ke konten dengan 15 bahasa dunia yang berbeda, tanpa bahasa Indonesia. Tersedia form isian bagi yang ingin mencantumkan situsnya ke dalam database Altavista.com.

7. http://kosmix.com
Kita akan di suguhkan dengan tampilan layout hasil pencarian seperti halnya artikel majalah dan berisikan fakta, gambar, video dan komentar dari subyek yang kita cari.

8.http://www.aol.com
Tentunya dengan persaingan yang sangat ketat AIM express  menjadi product chat siap tempur dalam ber chating ria dengan pesaingnya seperti yahoo mesengger di yahoo, google talk di google, windows live mesengger di msn menjadikan semua terasa dekat kalau sudah menggunakan social network ini. Dengan email @aol.com  menjadi tampilan e-mail anda terasa asing dan unik di dengar. Jikalau anda ingin menyimpan dan memamerkan video anda di dunia maya anda juga bisa bekerjasama dengan aol karena aol menyediakan space untuk anda yang diberi nama aol video .
9.http://.www.cuil.com
Cuil adalah mesin pencari yang dibangun oleh mantan pegawai Google dan menawarkan hasil pencarian yang lebih banyak dan relevan dibandingkan mesin pencari lainnya.

10. http://www.wolframalpha.com
WolframAlpha bukan sekedar mesin pencari biasa karena situs ini memang dirancang untuk menampilkan fakta dan figur lengkap dengan seabreg data berupa grafik dan lainnya.

11.http://cooliris.com
Cooliris adalah pligin mesin pencari yang dirancang untuk menemukan gambar dan video dengan menampilkan hasil pencarian dalam bentuk 3D

12.http://omgili.com
Omgili adalah mesin pilihan untuk beragam pencarian atau penggalian informasi komunitas web dan digunakan untuk menemukan opini pengguna atau mencari jawaban atas masalah teknik

13.http://www.dogpile.com
merupakan mesin pencari yang menyajikan kelebihan fiturnya yang berupa white page dan yello page. Dalam halaman white page anda bisa search nama seseorang sesuai dengan city dan negaranya.

14.http://taggalaxy.de
Tag Galaxy memiliki tampilan 3D yang sangat indah. Mesin pencari ini didedikasikan untuk mencari gambar Flickr dengan cara yang sangat menarik.

15.Topicle Search Community
Dengan Topicle, Anda dapat menciptakan mesin pencari vertikal yang baru dengan sedikit klik. Sebuah mesin pencari vertikal adalah mesin pencari untuk topik tertentu seperti ulasan kamera digital, diabetes atau parenting.

16.http://shop.retrevo.com
Di Retrevo, Anda dapat menemukan berbagai macam review produk, manual, dan petunjuk seputar barang elektronik Anda.

17.Sputtr Multi-Search Engine
Sputtr.com adalah mesin pencari yang mengumpulkan hasil pencarian terbaik dari banyak search
engine yang paling populer di internet. Mencari web sangat mudah karena Sputtr menampilkan semuanya dalam satu halaman

18.http://scour.com
Gunakan Scour untuk melakukan pencarian secara sosial, dan mereka bahkan membayar Anda untuk melakukan pencarian di Scour.

19.http://www.wikio.com
Sebuah portal informasi dengan mesin pencari situs berita dan blog. Dengan Wikio Anda dapat dengan mudah menciptakan halaman untuk mengikuti berita-berita yang Anda minati. Semua informasi di halaman Anda akan diperbaharui secara terus menerus.

20.http://www.search-me.com.au
Searchme memungkinkan Anda memilah hasil pencarian melalui gambar. Selama mengetik sebuah kata kunci, kategori yang sesuai dengan kata kunci akan muncul. Pilih sebuah kategori, dan Anda akan melihat gambar dari halaman web yang menampilkan keseluruhan preview halaman untuk setiap pencarian.

21.http://addictomatic.com
Addictomatic mencari situs-situs berita yang sering di-update untuk menemukan blog, video search engine tersebuah mesin pencari yang berdiri seajak tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen di California. Situs ini dapat mencari informasi secara detailbaik untuk mengikuti topik-topik terpanas. dan gambar terkini.

22.http://www.alltheweb.com
Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks. Sejauh ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file.

23.http://search.iycos.com
Salah satu mesin pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com.
Proyek Lycos diperkenalkan pertama kali oleh Michael Loren Mauldin dari Universitas Carnegie Mellon di Amerika Serikat pada tahun 1994, yang kemudian berubah menjadi suatu perusahaan. Kemudian pada tahun 1995, Bob Davis bergabung dan menjadi CEO dari perusahaan Lycos ini.
Sampai saat ini, Lycos merupakan mesin pencari yang paling dikenal di Amerika Serikat (top ke 25). Lycos juga mendapat ranking ke-5 dalam hal portal Internetnya, setelah Yahoo, MSN, AOL dan MySpace

24.http://search.msn.com
Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun
dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.

Macam-Macam Search Engine lainnya:
http://www.technorati.com
http://www.bloglines.com
http://wikepedia.com
http://www.feedster.com
http://www.excite.com
http://www.dogpile.com
http://www.dmoz.org
http://www.kartoo.com
http://www.icerocket.com
http://www.beaucoup.com
http://www.picsearch.com
http://www.webshots.com
http://www.exalead.com
http://flickr.com
http://www.fark.com
http://a9.com
http://www.factbites.com
http://www.findology.com
http://www.biznetic.com
http://firstgovsearch.gov
http://www.zworks.com
http://www.ezilon.com
http://www.galaxy.com
http://www.incrawler.com
http://www.mamma.com
http://www.download.com
http://search.netscape.com
http://www.pagebull.com
http://www.wotbox.com
http://www.cantufind.com
http://www.accoona.com
http://del.icio.us
http://www.furl.net
http://www.vroosh.com
http://www.windseek.com
http://www.digg.com
http://www.incywincy.com
http://www.technorati.com
http://www.direct.gov.uk
http://www.highbeam.com
http://www.devilfinder.com
http://www.lycos.com
http://www.about.com
http://search.com
http://www.jayde.com
http://www.xanga.com
http://www.upspiral.com
http://search.blogger.com
http://www.sphere.com
http://www.joeant.com
http://www.searchhippo.com
http://www.congoo.com
http://www.use.com
http://www.rollyo.com
http://www.kaboose.com
http://www.surfsafely.com
http://www.abilogic.com
http://www.mozbot.com
http://www.ebay.com
http://www.snap.com
http://search.mywebsearch.com
http://www.msn.com
http://www.iwon.com
http://www.kazazz.com
http://www.qango.com
http://www.scirus.com
http://www.ixquick.com
http://www.answers.com
http://clusty.com
http://www.fybersearch.com
http://www.jdgo.com
http://www.wowdirectory.com/index.html
http://www.ukplus.co.uk
http://www.jux2.com
http://www.izito.com
http://hotbot.lycos.com
http://hoppa.com
http://allrecipes.com
http://www.looksmart.com
http://lii.org
http://gigablast.com
http://www.myspace.com
http://www.mirago.co.uk
http://www.qksearch.com
http://www.walhello.com
http://www.searchy.co.uk
http://info.com
http://www.findtarget.com
http://www.bbc.co.uk
http://www.linkopedia.com
http://www.familyfriendlysites.com
http://www.thumbshots.net
http://www.killerinfo.com
http://www.vivisimo.com
http://www.myway.com
http://news.netcraft.com
http://www.infospace.com
http://www.surfwax.com
http://www.scrubtheweb.com
http://www.searchalot.com
http://www.searchles.com
http://www.websearch.com
http://www.feedster.com
http://www.alexa.com
http://www.webwombat.com.au
http://yahooligans.yahoo.com
http://reference.com
http://www.siteadvisor.com
http://en.wikipedia.org
http://www.findarticles.com
http://web.curryguide.com
http://searchsight.com
http://www.metacrawler.com
http://www.live.com
http://www.exactseek.com
http://www.iboogie.com
http://www.freesearch.co.uk
http://www.skaffe.com
http://www.youtube.com
http://www.ulysseek.com
http://www.zoominfo.com

Macam-macam Search Engine Dunia
A9.com, Aeiwi, Aesop.com, Alexa, AlltheWeb, AltaVista, Amfibi, Amidalla, AnooX, Any Search Info, AOL Search, Arakne Links, Atixa Directory, AxxaSearch, Beamed, Boitho, Buzzle.com, CHEInternet, Cipinet, Click And Search, CyborgInfo, DinoSearch, Dogpile, e-sygoing, entireweb.com, ExactSeek, Exalead, Excite, FindOnce, Fresh Links, Geona, Green Search, HaaBaa, Hedir, HomerWeb, Hotlaunch.com, HOTLAVA, Hotskunk.com, Infosniff, Infotiger, IntelSeek, Jayde, jdgo, Librarians, Index to the Internet, MavicaNet, MetaCrawler (via Google and Open Directory Project), MixCat, Mozdex, MSN Search, NationalDirectory, Navisso Search, NBCi, NetArtic Search, Netscape Search, ObjectsSearch, OneWorldOneSite, ooBdoo, Open Directory Project, OpenHere, PeaKaBoo.net, PleaseRetrive, Poddys, PrimeFind Search, Primo Directory, Qango.com, ReallyBigSearch, REX, Scrub The Web, Search4More, SearchGalore, SearchIt.com, Sertchy, singingfish, Sootle, SplatSearch, Starting Point, Subjex, superpromo.com, The Search Brain, The Turnpike Emporium Directory, The-Search-Site.com, Voyager Search, W8 Search, Walhello Internet Search, Web Wiz Guide, Web World Index, Web\’s Biggest, WebCrawler (via Google and Open Directory Project), WebSquash, WholeWorld, Wotbox, Yahoo! Directory, Yahoo! Search Engine, Yahooligans!, Yeandi Web Directory, ZenSearch

3 komentar: