Rabu, 01 Oktober 2014

khasiat jambu biji

Jambu biji memiliki manfaat bagi kesehatan pencernaan , mungkin itu hanya sebagian besar dari manfaat yang dimilikinya. Ada banyak kegunaan dari kekayaan jambu biji, berikut beberapa khasiat jambu biji.
1. Kalium yang terdapat dalam jambu biji berkhasiat dalam meregulasi tekanan darah dalam tubuh. Kandungan ini juga bisa membantu menurunkan tingkat kolesterol dalam darah.


2. Buah yang satu ini aman bagi penderita diabetes. Pasalnya jambu biji akan membantu gula darah dalam keadaan yang terus stabil.
 
3. Baik bagi kesehatan pencernaan karena kandungan serat yang tinggi.

4. Vitamin C merupakan antioksidan yang melawan radikal bebas dan mampu menangkal kanker. Seperti yang disebutkan, jambu biji mengandung jumlah vitamin C empat kali lebih banyak dibanding jeruk.

5. Meskipun jambu biji tidak mengandung yodium, namun buah tersebut mampu meningkatkan kesehatan tiroid. Sebab di dalam jambu biji ada senyawa copper yang mengontrol produksi hormon.

6. Membantu mengaktifkan enzim seperti thiamin, biotin, dan asam ascorbic, karena merupakan sumber manganese.

7. Diperkaya akan vitamin B3 yang melancarkan peredaran darah dan vitamin B6 yang meningkatkan fungsi sel saraf otak.

8. Jambu biji kaya akan folat yang bisa menjadi salah satu sumber alami bagi kesuburan wanita.

9. Jambu biji merah disebutkan mengandung lycopene dua kali lebih banyak daripada tomat. Lycopene sendiri ampuh melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari dan melawan kanker prostat.

10. Jus jambu biji juga bisa menjadi pengobatan alternatif saat demam. Pasalnya, jambu biji bermanfaat untuk mengusir bakteri saat demam.

11. Jambu biji juga mengandung vitamin A, yang merupakan vitamin yang berfungsi penting dalam menjaga kesehatan mata seiring bertambahnya usia.

12. Jika Anda diare, buah ini bisa menjadi makanan alternatif yang bisa dikonsumsi. Jambu biji mengandung astrigent, sebuah zat yang bersifat anti-mikroba dan mampu mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab diare.

13. Daun jambu biji yang dimakan mentah atau buah yang masih mentah yang dibuat jus dipercaya secara turun temurun sebagai obat mengatasi batuk dan flu. Ramuan ini bekerja dengan cara mengurangi pembentukan lendir serta membuat saluran pernapasan bebas infeksi. Buah jambu biji juga kaya akan vitamin C dan zat besi yang efektif untuk menghambat infeksi virus flu.

14. Jambu biji adalah buah yang tepat untuk dikonsumsi saat diet. Buah ini memiliki komponen yang diperlukan untuk menurunkan berat badan, misalnya serat, protein dan vitamin.

15. Menyehatkan kulit
Jambu biji mengandung vitamin A, nutrisi yang penting untuk meningkatkan kesehatan kulit. Buah ini juga bermanfaat untuk mengeluarkan antioksidan yang bisa membuat kulit Anda terlihat segar kembali.

16. Menambah jumlah darah
Jambu biji mengandung vitamin E, K, folat, niasain, mangan, tembaga, magnesium, dan asam panthothenic dimana semuanya bermanfaat untuk menambah jumlah sel darah merah Anda.

Buah jambu biji bisa dikonsumsi secara langsung, dibuat jus, atau dimasukkan ke dalam campuran bahan makanan lainnya. Sehingga Anda pun bisa mengonsumsinya tanpa takut merasa bosan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar