Kamis, 02 Oktober 2014

pertolongan pertama pada luka bakar


Luka bakar merupakan hal biasa yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Terkena knalpot panas, percikan air dan minyak mendidih membuat kulit jadi terasa sakit dan kadang melepuh. Agar tak jadi bekas dan berbahaya segera redakan rasa panas dengan bahan-bahan alami di sekitar Anda. 
Bahan-bahan dari dapur yang ampuh menenangkan dan bantu menyembuhkan luka bakar

1. Air dingin
Salah satu cara terbaik untuk mengobati luka bakar tingkat pertama, adalah dengan memberikan air dingin di daerah yang terkena luka. Anda juga mengkompres dengan dingin pada daerah yang terkena luka bakar. Untuk meringankan rasa sakit, setiap beberapa jam. Jangan menggunakan es, karena akan membatasi aliran darah, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan jaringan halus.

2. Susu
Cara lain dapat membantu dan mengobati luka bakar tingkat pertama. Selain itu, susu membantu untuk menenangkan kulit dan baik untuk pengobatan. Jika Anda ingin menggunakan susu, pastikan bahwa Anda menggunakan susu skim.

3. Kentang
Kentang mentah dapat digunakan untuk mengobati luka bakar kecil. Pastikan Anda menggunakan kentang mentah, untuk menenangkan kulit yang terbakar. Kentang mentah juga akan membantu untuk menepis setiap iritasi di sekitar luka.

4. Lidah buaya
Para ahli mengatakan bahwa lidah buaya adalah obat yang baik, untuk mengobati luka bakar tingkat pertama. Lidah buaya memiliki sifat menenangkan dan mengurangi kulit yang melepuh. Untuk menggunakannya, Anda harus terlebih dahulu membersihkan area luka bakar dengan air, sebelum Anda menggunakan jus lidah buaya pada daerah yang terluka.

5. Minyak kelapa
Minyak kelapa adalah salah satu cara termudah dan terbaik, untuk mengobati luka bakar. Alasan karena memiliki Vitamin E dan asam lemak seperti asam laurat, asam miristat dan asam kaprat yang menawarkan anti-jamur, anti-oksidasi dan anti-bakteri.

6. Lemon
Lemon adalah obat rumah, yang dapat Anda gunakan untuk mengobati luka bakar. Jus lemon diberikan pada daerah yang terkena bakar, dua sampai tiga hari. Lemon membantu untuk meringankan daerah yang terbakar, dan mengembalikan warna kulit menjadi normal.

7. Cuka
Untuk mengobati luka bakar ringan, Anda dapat menggunakan cuka karena memiliki sifat zat dan antiseptik. Cuka juga membantu untuk mencegah infeksi.

8. Teh
Untuk luka bakar, kantong teh hitam yang dingin akan membantu menenangkan rasa sakit. Asam tannic dalam teh hitam dapat membantu mengurangi panas dari luka bakar, dan dengan demikian mengurangi rasa sakit. Tempatkan kantong teh di daerah yang terkena luka dan membungkusnya dengan menggunakan kain kasa.

9. Kulit pisang
Cara yang lebih cepat untuk menyembuhkan luka bakar adalah dengan menggunakan kulit pisang. Kulit pisang memiliki anti-inflamasi, antimikroba, antihemorrhagic, dan sifat ekspektoran. Anda harus terlebih dahulu menghancurkan dan membuat ekstrak jus. Jus ini kemudian digosok langsung ke luka bakar.

10. Bawang
Bawang adalah salah satu cara terbaik untuk mengobati luka bakar tingkat pertama. Bawang dibuat menjadi pasta, pasta ini dengan lembut diterapkan pada luka bakar. Awalnya akan terbakar, tetapi setelah pasta diterapkan pada luka bakar itu akan mengurangi rasa sakit.

11.Tepung terigu
Cara yang lebih cepat dengan masukkan dan rendam luka bakar di kantung tepung terigu selama 10 menit,Niscaya kulit yang terbakar tadi tidak akan melepuh dan tidak akan terasa sakit.
tepung dingin terasa lebih enak/nyaman daripada tepung hangat (suhu kamar).
Simpanlah selalu sekantung tepung terigu di lemari es. Suatu saat Anda akan bersyukur bahwa ada terigu di sana. 

12. Mentimun
Mentimun mengandung banyak air dan memiliki efek mendinginkan sehingga baik untuk luka bakar. Haluskan mentimun dengan cara di blender kemudian anda oleskan pada luka bakar anda dan diamkan hingga mengering. Anda bisa melakukan cara ini pada malam hari sebelum tidur dan diamkan hingga pagi hari. Mentimun akan membantu memproduksi kolagen dan menyamarkan bekas luka bakar tersebut.

13. Putih Telur  
Ambil bagian putih telur. Lalu, oleskan ke area kulit yang terbakar. Biarkan mengering, setelah itu oleskan lagi bila perlu. Cara ini dipercaya bisa mencegah kulit melepuh makin parah.

14. Tomat
Tomat sangat bermanfaat mengandung beberapa bahan alami yang dapat menyembuhkan luka bakar secara efektif. Potong tomat dan tempelkan di atas luka bakar sampai mengering.

15. Kunyit
Kunyit mampu menyerap rasa sakit dari segala jenis luka, termasuk luka bakar. Haluskan beberapa kunyit dan tempelkan pada luka bakar sampai mengering. Kemudian bilas dan oleskan kembali ramuan kunyit itu

Semua tips diatas hanya berlaku untuk luka bakar derajat ringan dengan daerah yang tidak begitu luas. Bila sebaliknya, anda harus segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.
tepung terigu

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/legin/terigu-pertolongan-pertama-pada-luka-bakar_55177ea2813311ff689de15e

Tidak ada komentar:

Posting Komentar