Rabu, 11 Juni 2014

Maafkan ibu bapak anda

Ibu bapa adalah insan yang membawa kita kedunia ini. pengalaman kita dengan mereka tidak terkira.ibu bapa dengan sikap kasih sayang akan membahagiakan anak mereka tetapi tidak semua anak-anak akan dilahirkan oleh ibu bapa sedemikian. namun kita sebagai anak tiada pilihan selain redha dan dapat menerima ibu bapa kita seadanya.jika ada diantara kita yang tidak dapat merasai nikmat kasih sayang itu maka,maafkan kesalaham mereka
  • Ibu bapa tidak menyadari bagaimana mereka telah menyakiti hati kita tidak ada ibu bapa yang segaja ingin menyakiti hati anaknya.
  • fahamilah mereka.doa dan harapan mereka.
  • Jangan di ambil hati apa yang dikatakan mereka sesungguhnya mereka selalu ingin yang terbaik untuk anak.
Andai seorang anak cukup sadar akan keberadaannya, karena tuntutan keadaanlah yang memaksa dirinya untuk berusaha menyesuaikan keadaan agar bisa diterima dikeluarga sebagaimana semestinya, inilah ciri anak yang mempunyai semangat hidup yang tinggi, terkadang dikemudian hari mampu tumbuh lebih baik dari pada anak lain yang disayang secara berlebih .
Minat yang besar untuk menumbuhkan semangat dan kepribadiannya itu yang menuntunnya tumbuh lebih dewasa. 
Sebenarnya tak ada ruang bagi orang tua untuk pilih kasih,namun pada kenyataannya tanpa di sadari banyak juga yang secara terang terangan melakukannya,cepat atau lambat anak  akan merasakan perilaku ini.
Ada anak yang bisa menerima apa adanya, namun tidak sedikit yang mengadakan pemberontakan, ini yang biasanya akan melakukan apa saja yang menurutnya benar, karena tidak ada lagi sosok yang patut menjadi pedoman.
Pada dasarnya, orang tua itu menyayangi semua anaknya.
Perbedaan perlakuan orang tua terhadap anak-anaknya, mungkin saja bisa terjadi karena beberapa penyebab.bisa disebabkan karena berbedanya karakteristik anak.
Setiap anak meskipun terlahir dalam satu rahim yang sama, tapi pasti memiliki sifat yang berbeda.
Sehingga, orang tua memilih cara yang berbeda untuk bisa membimbing anaknya.
Secara kasat mata, perlakuan orang tua terhadap anak"nya berbeda.
Pilih kasih, sebenarnya hal itu dilakukan orang tua karena menyesuaikan dengan perbedaan karakter pada anak. Misalkan, disebabkan karena anak yang satu lebih membutuhkan perhatian (mungkin dia sakit sakitan, atau dia kurang bisa mandiri) ketimbang kamu yang sudah lebih dewasa dan bisa mandiri.
Selain itu mungkin juga, Orang tua lebih khawatir terhadap anak bungsu perempuannya yang terlihat lebih agresif dibandingkan dengan anak pertama perempuannya yang pendiam.
Hal itu mungkin saja pernah terjadi di kehidupan kita.

percayalah.Apa yang orang tua kita lakukan, itu demi kebaikan kita juga.
cobalah untuk mengubah pola-berpikir anda yang terkesan negatip-thinking . Berusahalah untuk memandang setiap masalah dari berbagai sudut-pandang. segala sesuatu yang ada didunia ini akan selalu ada sisi-terang dan sisi gelap. Tidak semua Orang tua bisa memperlakukan anak dengan bijak. Latar pendidikan , pengalaman mereka dengan lingkungan orang tua-nya akan berpengaruh dalam perilaku mereka. 
Kita bisa menyesuaikan diri dengan melakukan dialog-persuasif. Dekatilah ibu dan bapak , jadikan mereka tempat curhat anda.Ikuti dulu pola pikir mereka , lalu kenalilah mind-set Ortu. Kalau sudah tahu apa-maunya Ortu , itu akan menjadikan hubungan dengan Ortu menjadi lebih baik.

Ingat
Restu ibu,bapak
satu anugerah yang tidak terhingga.
karena mereka kita dilahirkan didunia.
karena mereka kita dicorak menjadi insan yang soleh solehah.
karena mereka kita berjaya
karena mereka kita menjadi insan yang terdidik akhlak nya.

Tapi
fikirkan apa yang kita lakukan karena mereka.
karena kita mereka menjadi insan yang ketandusan kasih sayang seorang anak.
karena kita mereka menderita di dalam hati tanpa sesiapa pun mengetahui nya.
karena kita mereka menjadi insan yang mudah mengalirkan airmata.
karena kita juga mereka menjadi seorang menumpang kasih anak orang lain.
layak kah kita digelar seorang anak yang soleh solehah.
jika ini balasan yang kita berikan terhadap ibu dan bapak

jangan susahkan hati mereka.
jangan mempersoalkan kenapa kita dilahirkan dalam keluarga miskin atau kaya.
jangan biarkan setitik airmata mereka mengalir karena kita.
jangan biarkan mereka ketandusan kasih sayang.
minta lah restu ibu dan bapak.
selagi mereka masih ada
selagi mereka mampu mengucap kata-kata.
selagi mereka mampu memberikan kasih sayang terhadap kita.
selagi mereka masih memberikan pelukan kasih sayang kepada kita.

Kalau memang jelas pilih kasih itu ada itu lah yang membuatmu dewasa. Bahwa kamu tidak perlu diperhatiin tapi  kamulah yang harus perhatiin orang tua kamu. Dan akhrnya mereka akan sadar. Jadi kamu jangan berpikir negatif apalagi menuduh mereka pilih kasih,
Jangan dipelihara pikiran-pikiran negatif seperti ini karena ini akan menimbulkan rasa marah dan dendam dihatimu terhadap orangtua. Berpikirlah positif. Dengan diperlakukan beda seperti itu, ini akan memaksa kamu untuk mandiri, ini akan melatih dirimu untuk belajar menerima sesuatu yang tidak sesuai dengan rasa,ini akan melatih dirimu untuk selalu sabar menerima ketidakadilan yang pada akhirnya akan membentuk dirimu menjadi
orang yang berjiwa ksatria tahan banting dan kuat menghadapi persoalan.

Akhir kata hargailah mereka sesungguhnya jasa mereka tiada tolak bandingnya walaupun berjuta-juta uang yang kita ada masih belum mampu untuk membalas jasanya.kasih sayang adalah segalanya
peringatan untuk diri saya sendiri... serta sahabat-sahabat yang lain








Tidak ada komentar:

Posting Komentar