Minggu, 23 Februari 2014

mitos buah dan sayur

Sudah rahasia umum jika buah dan sayur adalah sumber vitamin dan serat, bahkan ada yang mengandung antioksidan. Karena itu mengonsumsi buah dan sayur dipercaya sangat baik bagi kesehatan. Tetapi banyak mitos yang sekeliling mengenai buah dan sayuran, yang membuat was-was.Ada baiknya mengenal lebih dalam mana yang hanya mitos dan mana yang fakta supaya dapat mengonsumsinya dengan benar dan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Berikut beberapa mitos yang sering didengar

1.Alpukat
Kata orang : tidak baik di konsumsi secara berlebihan, karena akan menyebabkan kegemukan
Fakta: Memang benar alpukat mengandung banyak lemak, tetapi lemak yang dikandung dalam alpukat adalah lemak baik/lemak nabati yang berguna untuk tubuh sebagai pelicin persendian dan kesehatan kulit.

2.Jambu Biji
Kata orang : Memakan buah jambu biji dapat menyebabkan penyakit usus buntu.
Fakta: Penyakit usus buntu disebabkan karena adanya bakteri patogen yang menginfeksi usus besar. Biji pada buah jambu tidak akan menyumbat usus karena langsung keluar saat buang air besar

3.Jeruk
Kata orang : Ketika terkena sakit maag, sebaiknya tidak mengkonsumsi buah jeruk.
Fakta: Meskipun jeruk mengandung vitamin C berkadar tinggi, jeruk dapat memperparah penyakit maag karena meningkatkan kadar asam lambung.

4.Ketimun
Kata orang : Mengkonsumsi ketimun bisa menyebabkan keputihan.
Fakta: Tidak ada kandungan dari ketimun yang bisa menyebabkan keputihan. Keputihan terjadi karena kondisi vagina yang lembab dan sikap malas mengganti pakaian dalam sehingga memicu pertumbuhan bakteri yang menyebabkan keputihan berbau. Keputihan tidak akan berbau jika pemicunya adalah stress.

5.Jeruk Nipis
Kata orang : Air perasan jeruk nipis ditambah kecap bisa menyembuhkan batuk.
Fakta: Jeruk nipis memiliki sifat sangat asam sehingga dapat mematikan bakteri penyebab batuk, sedangkan kecap hanya penyeimbang rasa asam dari jeruk nipis.

6.Bawang Merah

Kata orang : Mengonsumsi bawang mentah serta makanan yang mengandung bawang dapat memicu bau badan
Fakta: Bawang hanya menyebabkan suhu tubuh meningkat sehingga lebih mudah berkeringat. Bau badan akan muncul jika keringat bercampur dengan bakteri. Bakteri mudah tumbuh pada daerah lipatan tubuh, seperti ketiak.

7.Durian
Kata orang : Makan buah durian disertai minuman soda dapat mengganggu pencernaan.
Fakta: Durian matang kandungan alkoholnya sangat tinggi (setingkat dengan kadar alkohol pada tape ketan) jika ditambah dengan zat berkarbonat dari minuman bersoda, memakan durian akan membuat perus terasa panas.

8.Nanas
Kata orang : Wanita hamil dapat beresiko keguguran jika memakan buah nanas. 
Fakta : Tidak ada bukti ilmiah mengenai hal ini. Justru nanas mengandung enzim bromelain yang dapat mencerna protein dalam makanan agar lebih mudah terserap tubuh, otomatis janin juga berkembang secara maksimal karena mendapat asupan makanan. Mengonsumsi nanas juga bisa mengurangi resiko kolesterol dalam darah, diabetes dan penyakit jantung.

9.Bayam
Kata orang : Melinjo, bayam dan daun singkong dapat menyebabkan asam urat 
Fakta: Yang dapat memicu timbulnya penyakit asam urat adalah zat purin yang banyak terdapat pada jeroan seperti usus, ati ampela dan babat. Segala jenis sayuran justru sangat baik bagi tubuh karena mengandung banyak serat yang dapat melancarkan pencernaan.

10.Bangkuang
Kata orang : Sering mengonsumsi buah bengkuang dapat menjadikan kulit lebih putih.
Fakta: Bengkuang mengandung isoflavon yang berfungsi sebagai antioksidan yang bisa mencegah kerusakan pada kulit akibat paparan sinar ultra violet dari matahari.

11.Semangka

Kata orang : mengonsumsi semangka secara berlebihan akan menyebabkan impotensi
Fakta: Jika dikonsumsi terlalu banyak, paling akibatnya adalah gangguan pencernaan. Sedangkan kulitnya malah dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

12.Salak
Kata orang : Memakan buah salak memicu sembelit karena feses menjadi keras
Fakta: Salak tidak membuat feses keras, justru sebenarnya jumlah serat akan semakin banyak jika salak dimakan dengan kulit arinya

13.Strawbery
Kata orang : Memakan buah strawberry secara berlebihan dapat mengganggu pencernaan
Fakta: Jika dikonsumsi terlalu banyak, makanan apapun dapat mengganggu pencernaan. Namun jika mengonsumsi strawberry 6-12 buah setiap sehari justru akan membantu pencernaan dan dapat menyehatkan jantung

selengkapnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar