Rabu, 05 Maret 2014

Manfaat dari tanaman bunga lidah mertua


Sansevieria atau yang lebih dikenal dengan Lidah Mertua adalah marga tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Sansevieria memiliki daun keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing.
Sansevieria/Lidah Mertua punya banyak kelebihan, seperti mampu bertahan hidup pada rentang waktu suhu dan cahaya yang sangat luas, sangat resisten terhadap polutan, dan mampu menyerap 107 jenis polutan di daerah padat lalu lintas dan ruangan yang penuh asap rokok dan dapat menyerap radiasi barang elektronik. Beberapa polutan yang di serap oleh Sanseviera.

Keistimewaan :
  1. Sansevieria merupakan jenis tanaman dengan tingkat penyerapan paling tinggi.
  2. Perawatan tanaman yang murah
  3. Selalu mengeluarkan zat Otanpa menghasilkan zat COsehingga cocok di taruh didalam ruangan.
Manfaat
  1. Dapat dijadikan sebagai tanaman hias karena bentuknya yang khas dan warnanya yang menarik menjadikan daya tarik tersendiri pada tanaman ini.
  2. Bermanfaat menyembuhkan beberapa penyakit seperti diabetes, wasir, dan kanker dengan cara direbus dan getahnya bermanfaat sebagai obat pembersih luka.
  3. Dapat di tanam di pinggir jalan sebagai penyerap polutan, menurut penelitian tanaman ini dapat menyerap kurang lebih 100 jenis polutan yang ada di udara bebas.
  4. Karena daunnya yang keras dan kuat, serat daunnya dapat dijadikan kain. Di beberapa negara telah memanfaatkan seratnya sebagai bahan baku kain.
  5. Dapat dijadikan sebagai lahan bisnis karena harga dari lidah mertua per daunnya dihargai sekitar 8 juta rupiah, harga ini cukup fantastis meskipun di beberapa daerah di sulawesi selatan contohnya kota palopo, tanaman ini didapatkan secara cuma – cuma alias gratis karena tanaman ini banyak tumbuh subur di pekarangan rumah warga.
  6. Di dalam ruangan, sansevieria bisa menangani sick building syndrome, yaitu keadaan ruangan yang tidak sehat akibat tingginya konsentrasi gas korbondioksida, nikotin dari rokok, dan penggunaan AC. Satu tanaman sansevieria trifasciata lorentii dewasa berdaun 4/5 helai dapat menyegarkan kembali udara dalam ruangan seluas 20 m persegi.
  7. Jika ditempatkan di dalam kulkas dapat menghilangkan aroma tidak sedap. Dalam lingkungan industri potongan daun ini disebarkan di ruang-ruang produksi industri untuk mereduksi senyawa beracun yang terhirup oleh pekerja.
  8. Dapat mereduksi radiasi gelombang elektromaknetik yang ditimbulkan oleh komputer dan televisi. Maka baik jika tanaman ini ditaruh di samping komputer atau televisi.
  9. Getahnya dapat digunakan sebagai obat antiseptik
  10. Akarnya dapat dimanfaatkan sebagai penyegar rambut/tonik dan obat wasir
  11. Daunnya bila dibakar dapat menyembuhkan sakit kepala,
  12. Juga bisa untuk merangsang pertumbuhan rambut
  13. Mencegah diabetes [bila di rebus]
  14. bisa mereduksi radiasi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh komputer dan televisi, maka baik jika tanaman ini ditaruh disamping komputer atau televisi. 
  15. Negara Jepang telah memanfaatkan serat tanamannya sebagai bahan pembuat kain dan kreasi anyaman
  16. dapat digunakan menjadi obat. Antara lain, menghentikan pendarahan pada luka. Caranya, daun Lidah Mertua dihancurkan, lalu letakkan pada luka.
  17. obat gatal-gatal. Untuk mengobatinya, cukup ambil lendir dari tanaman Lidah Mertua. Lendir bisa diperoleh dengan cara menghancurkan beberapa daun. Lendir kemudian dipaparkan kepada bagian gatal-gatal dalam beberapa menit. Awal pemakaian
  18. Tanaman ini menghasilkan wewangian saat sore hari terlebih ketika berbunga. Lidah mertua 
PerawatanTanaman :
  1. Tanaman ini bisa hidup dengan paparan sinar matahari maupun di dalam ruangan. Tapi bilaingin di simpan dalam ruangan, jangan lupa dijemur seminggu sekali agar tanaman tetap segar.
  2. Penyiraman hanya perlu dilakukan 1-2 kali seminggu. Terlalu sering menyiram justru akan membuat tanaman ini di hinggapi bakteri. Ketika menanam juga pilih media tanam (tanah, sekam bakar, pasir malang dan pakis)
  3. Pemupukan lidah mertua biasanya menggunakan pupuk yang tingkat penguraiannya lambat seperti(osmocote, dekastar dan megamp)
Semoga bermanfaat bagi kita semua sebagai tambahan pengetahuan untuk menentukan sikap dan tindakan yang akan kita perbuat terhadap lingkungan, kita angkat tanaman lidah mertua sebagai salah satu inovasi dalam penataan lingkungan. Percepatan adopsi inovasi kita mulai dari diri kita sendiri, Amiiin.

2 komentar:

  1. lidah buaya atau mertua sobat
    ^_^
    artikel ini bermanfaat buatku. trims

    BalasHapus