Selasa, 27 Maret 2018

Manfaat bagian sisa buah dan sayur

Seperti yang sudah kita ketahui, buah-buahan dan sayuran sangat kaya akan nutrisi penting, yang bagus untuk kesehatan tubuh. Tapi taukah kamu bahwa sisa buah ataupun sayuran yang sering kita anggap sebagai sampah itu ternyata memiliki kandungan gizi tersendiri, yang baik untuk kesehatan tubuh kita.
Lapisan luar atau kulit buah-buahan dan sayuran berisi fitokimia bergizi seperti karotenoid yang membantu mengurangi risiko penyakit berat seperti kanker. Berikut beberapa buah dan sayuran yang sisa kulit dan bijinya bisa kamu konsumsi:

Kulit Buah Kiwi

Kulit buah kiwi memang menggelikan karena kasar dan berbulu. Tapi jangan salah dulu, ternyata kulitnya menyimpan kandungan berserat tinggi, bahkan tiga kali lipat dari jumlah serat dalam buahnya sendiri. Kalau kamu makan buah kiwi tanpa dikupas kulitnya, kamu akan mendapatkan lebih banyak vitamin C.

Kulit Jeruk

Kulit jeruk memang terbukti efektif dapat mengusir nyamuk karena aromanya yang kuat. Tetapi ternyata kulit jeruk justru adalah bagian yang mengandung vitamin C paling banyak. Manfaatnya? Flu dan demam kabur seketika.

Daun Brokoli

Jika biasanya kita hanya mengkonsumsi bongkol brokilinya saja, tapi sekarang kita bisa juga memanfaatkan bagian daunnya. Daun brokoli mengandung lebih banyak vitamin A dan C dari pada bonggolnya. Masak daun brokoli seperti memasak daun kubis biasanya.

Kulit Bawang Merah

kulit bawang merah yang digunakan untuk memasak sudah pasti dilakukan semua orang. Namun, kulit bawang merah justru bisa digunakan sebagai campuran kaldu tulang. Sehingga rasa kaldu tulang akan menjadi lebih sedap. Selain itu, juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan quercetin dan komponen-komponen lainnya.

Rambut Jagung

Biasanya saat membersihkan jagung kita akan membuang rambut-rambutnya. Padahal rambut jagung dipercaya oleh masyarakat China dapat menurunkan gula darah dalam tubuh lho. Karena rambut jagung mengandung protein, vitamin, karbohidrat, kalsium, potasium, magnesium, tannin, flavonoid dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk mengkonsumsinya kamu bisa langsung mengunyahnya setelah dibersihkan dan bisa juga diseduh seperti teh.

Batang Stroberi

Nutrisi stroberi umumnya berfokus hanya pada daging dan buahnya saja. Ternyata, batang dan daunnya juga menyehatkan. Daunnya mengandung komponen bioative, termasuk anti peradangan dan flavonoid untuk melawan sejumlah penyakit. Kaempferol yang terkandung di dalamnya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Cara mengkonsumsinya gampang kok, langsung saja diblender saat ingin membuat jus stoberi.

Biji Nangka

Orang Jawa sering menyembutnya dengan sebutan ‘beton’. Rasa biji nangka ini sangat gurih, mirip dengan singkong rebus. Selain enak, biji nangka mengandung banyak serat yang baik untuk program diet. Selain itu, kandungan vitamin B berupa thiamine dan riboflaving cukup tinggi. Sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit, rambut dan juga mata.

Biji dan Kulit Semangka


Biji semangka ternyata kaya akan protein, vitamin B dan sejumlah mikronutrien seperti kalium dan zink yang dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung dan kekebalan tubuh serta menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Biji-biji tersebut dapat dikonsumsi secara langsung ataupun diekstrak menjadi minyak khusus yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Sementara bagian kulit mengandung asam amino yang berkhasiat melebarkan dan melancarkan sirkulasi darah. Kulit semangka dapat dioleh menjadi minuman jus dan diminum seperti biasa.

Kulit Mentimun

Kulit mentimun adalah sumber makanan serat yang membantu mengurangi sembelit dan memberi perlindungan terhadap usus besar dari kanker.

Biji Labu

Biji labu kaya akan nutrisi likeiron, omega 3, zink, magnesium, serat, kalsium, vitamin B, dan lain-lain. Biji labu juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit kanker, jantung dan arthritis. Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk panggangan dan juga sebagai camilan, dimakan mentah-mentah atau bisa juga dijadikan salad dan sisipan roti.

Kulit Melon

Asam amino tinggi terkandung juga dalam kulit buah melon,lho. Asam amino membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Bonusnya, baik juga lho untuk tubuh kamu. Mengolahnya pun cukup mudah, campurkan saja potongan kulit melon, lalu blender dan sajikan dalam bentuk smoothies.

Kulit Mangga

Kulit buah mangga kaya akan caretonoid, polyphenol, omega-3, omega-6, serta asam lemak tak jenuh yang ampuh untuk mengobati berbagai keluhan penyakit seperti diabetes, kanker, hingga penyakit jantung.

Kulit Delima

Siapa sangka bahwa kulit delima bermanfaat melegakan sakit tenggorokan. Selain itu kulit buah delima juga bagus untuk kesehatan gusi Anda.

Kulit Apel

Buah apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Namun, tenyata apel akan lebih banyak manfaatnya apabila dikonsumsi bersama kulitnya. Hal tersebut disebabkan karena kulit buah apel kaya akan kalsium, Vitamin A, antioksidan, serta mengandung zat pelawan kanker phytochemicals. Selain itu, kulit apel juga mempunyai kandungan serat yang berguna bagi pencernaan.
Beberapa ilmuwan Univeersity of Oiwa mengkalin bahwa zat alami yang terdapat dalam kulit apel dapat menambah pembakaran kalori serta menurunkan resiko obesitas. Untuk itu, mulai saat ini konsumsilah apel segar bersama kulitnya agar mendapatkan manfaat yang baik bagi kesehatan.

Kulit kentang

Pernahkah Anda perhatikan, kebanyakan rumah makan menyajikan masakan kentang yang kulitya tidak dibersihkan? Ternyata, ini dilakukan agar kandungan vitamin B, vitamin C, zat besi, kalsium, kalium, dan nutrisi lainnya tidak terbuang sia-sia. Mulai sekarang Anda bisa mengolah berbagai masakan dari kentang tanpa dibersihkan kulitnya. Namun, pastikan Anda mencucinya sampai benar-benar bersih.

Kulit Nanas

Pasti Anda terkejut bahwa kulit buah nanas bisa dikonsumsi dan kaya akan nutrisi. Kulit nanas yang dimaksud bisa dikonsumsi adalah kulit bagian dalam sebelum daging buah. Kandungan bromelain dalam kulit nanas bermanfaat untuk melawan sinus dan peradangan. Jadi jangan buang kulit buah diatas ya, karena bisa menyehatkan Anda

Batang bayam

Sering kali bayam dibuat sayur dan sebagian besar batangnya dibuang. Perlu Anda tahu, batang bayam mengandung lebih banyak serat daripada daunnya dan kandungan seratnya sama besar. Untuk itu, jangan sisihkan seluruh bagian batang bayam saat dijadikan sayur.

Kulit Pisang

Peneliti dari Taiwan menemukan bahwa ekstrak kulit pisang dapat menurunkan risiko depresi karena kandungan serotoninnya (penyeimbang mood). Selain itu, ditemukan pula bahwa kulit pisang yakni kandungan antioksidan lutein bagus untuk mata.

Meskipun tak biasa dan banyak berakhir di tempat sampah, tetapi bagian-bagian buah dan sayur ini ternyata punya banyak manfaat ya. Apakah kamu berminat untuk mencobanya

Berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar