Selasa, 05 Desember 2017

Manfaat manis buah asam untuk kesehatan tubuhmu

http://www.faunadanflora.com/wp-content/uploads/2016/08/Asam.jpg Buah asam tak hanya bermanfaat untuk memberikan rasa asam di masakan. Namun buah asam juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, kecantikan dan pengobatan tradisional. asam sebagai tanaman herbal sudah dikenal sejak lama. Orang tua kita dulu sering memanfaatkan buahnya untuk mengobati sariawan, luka, eksim dan mengatasi gigitan serangga. Sementara daunnya digunakan untuk mengobati demam.

Ingin tahu lebih banyak tentang manfaat sehat dari buah asam? Berikut penjelasannya.
  1. Mengobati gatal alergi dan biduran,Penyakit biduran dikenal juga dengan istilah kaligata, hives, atau urtikaria. Kulit yang terserang biasanya terasa gatal, kemerahan serta muncul tonjolan-tonjolan yang bisa menyebar dari satu titik ke titik lainnya. Penyebabnya bisa karena alergi atau disengat serangga, bulu ulat gatal juga bisa menyebabkan kondisi ini. jika anda mengalaminya, obati dengan ramuan di bawah ini.Sediakan bahan-bahannya berupa 3 buah asam jawa, 1/4 sendok makan kapur sirih, dan garam secukupnya. Semua bahan direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa hanya 1 gelas saja. Setelah dingin airnya disaring dan diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore. 
  2. Mengobati nyeri haid,Cara pertama: Ambil 1 genggam daun asam jawa yang masih muda dan 2 jari rimpang kunyit. Keduanya ditumbuk hingga halus lalu tambahkan setengah gelas air matang. Saring dan minum airnya.Cara kedua: Sediakan setengah jari asam kawak, 10 potong temulawak, dan gula aren secukupnya. Rebus semua bahan tersebut dengan 1 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring airnya dan minum sekaligus. Lakukan selama satu minggu sebelum masa haid.
  3. Menurunkan kolesterolPenderita kolesterol harus benar-benar menjaga gaya hidup dan pola makan. Banyak pantangannya. Nah, ramuan tradisional berikut ini dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol dalam darah.Ambil 200 gram daun asam jawa, kemudian ditumbuk hingga halus. Tambahkan 200 ml atau segelas air panas. Saring airnya dan diminum sekaligus. Lakukan pengobatan ini 3 kali sehari.
  4. Menurunkan berat badan,Asam mengandung zat alami yang disebut dengan asam hidroksisitrat yang memperlambat produksi lemak dalam tubuh. Sehingga makan asam berguna untuk menurunkan berat badan.
  5. Mengobati sariawan,Meski bukan penyakit berbahaya yang menyebabkan kematian, namun sariawan adalah penyakit yang sangat menyiksa.  Ramuan tradisional berikut ini dapat membantu Anda mengatasi sariawan.Caranya, satu genggam daun asam jawa muda dicuci bersih dan 5 cm rimpang kunyit diiris tipis-tipis. Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Bisa tambahkan gula aren saat merebus agar rasanya lebih enak. Minum ramuan tersebut setiap pagi dan sore masing-masing satu gelas.
  6. Mencegah kanker,Selain kaya akan zat antioksidan, asam juga mengandung asam tartarat yang melindungi tubuh dari radikal bebas dan mencegah pertumbuhan sel kanker.
  7. Mengontrol tekanan darah,Kaya akan kandungan zat besi dan potasium, makan asam membantu dalam mengontrol tekanan darah dan menstabilkan produksi sel darah merah.
  8. Menurunkan demam,Anda dapat memanfaatkan kandungan di dalam buah asam untuk menurunkan suhu demam dengan lebih cepat. Lebih penting pada bayi yang mengalami demam karena mereka lebih membutuhkan perhatian. Buah asam dapat Anda andalkan untuk mengobati demam.Untuk membut ramuannya, pertama-tama tumbuk hingga halus buah asam, kunyit, daun bawang, dan daun melati muda. Setelah semuanya halus dan tercampur, maka tinggal diaplikasikan pada dahi yang kondisinya sedang panas. Penggunaan ramuan ini mampu untuk menurunkan demam.
  9. Mengontrol gula darah,Kamu penderita diabetes? Perbanyaklah untuk makan asam karena zat alami dalam asam akan mencegah fluktuasi kadar gula darah yang semakin memperburuk penyakit diabetes.
  10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh,Karena mengandung vitamin C dan zat antioksidan, makan asam membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi.
  11. Memperlancar sirkulasi darah,Kandungan mineral zat besi juga terkandung di dalam buah asam ini. Mineral zat besi sangat dibutuhkan keberadaannya oleh tubuh, karena fungsinya yang menjaga dan mencegah kekurangan sel darah merah di dalam tubuh. Hal ini penting agar proses pengiriman nutrisi makanan dan oksigen ke seluruh tubuh menjadi lancar.
  12. Mencegah sembelit,Asam mengandung serat sehat seperti pektin dan tanin yang mencegah sembelit serta menyehatkan pencernaan
Ternyata manfaat asam jawa bagi kesehatan dan kecantikan sangat banyak bukan? Jadi tidak hanya berguna sebagai bumbu masak.. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar