Selasa, 01 Agustus 2017

Manfaat daun singkong


Tanaman dengan bentuk daun yang menyerupai jari ini bisa dengan mudah kita temukan di daerah pedesaan dan pegunungan.
Kandungan gizi daun singkong pada setiap lembarnya   mengandung beberapa nutrisi penting, seperti protein, Serat, lemak, kalori, karbohidrat,  vitamin A , C , B17, dan mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Dari sekian nutrisi yang ada, yang tertinggi per 100g nya adalah protein(3.7), Serat(0.6), Kalori(37), lemak(0.2), dan karbohidrat (7.3).Oleh karena itu, daun singkong sangat baik untuk dijadikan sajian menu harian Anda.
Daun singkong pada bagian pucuknya biasanya banyak di manfaatkan untuk di Jadikan sayur  tidak hanya sebagai sayuran, daun singkong memiliki beberapa manfaat yakni sebagai berikut
  1. Mampu membantu menambah darah
    Daun singkong juga merupakan sayuran penambah darah. Ini baik bagi anda yang menderita atau terkena anemia.
  2. Sebagai obat untuk mengatasi penyakit stroke.Stroke merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sering membunuh para korbannya. Dan menurut penelitian para ilmuan, daun singkong merupakan salah satu obat yang mampu menyembuhkan penyakit stroke. Hal tersebut dikarenakan daun singkong merupakan jenis dedaunan yang banyak mengandung isoflavon. Kandungan inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi penyakit stroke.
  3. sebagai peningkat daya tahan tubuh.Olahan daun singkong dapat membuat anda menjadi terhindar dari berbagai penyakit ringan. Hal tersebut dikarenakan dalam daun singkong terkandung vitamin C yang jumlahnya cukup banyak sehingga dapat membuat daya tubuh meningkat. Hal tersebut tentunya harus diiringi dengan usaha menjaga kebersihan diri dan juga lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan.
  4. Bermanfaat untuk kesehatan mata
    Selain dari vitamin C, daun singkong juga memiliki vitamin A yang cukup tinggi pula. Tak ayal lagi, daun singkong ini memiliki khasiat cukup ampuh dalam menjaga mata supaya tetap sehat. Dengan mengkonsumsi sayur ini rutin setidaknya 3 kali dalam satu minggu.
  5. Sayuran anti osteoporosis.Daun singkong memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang berfungsi sebagai zat yang mampu menjaga kesehatan tulang. Dengan tulang yang kuat maka otomatis anda akan terhindar dari penyakit tulang keropos atau biasa disebut osteoporosis.
  6. Obat penyembuh luka.Daun singkong merupakan daun yang kaya akan kandungan serat dan zat besi. Menurut penelitian, serat dan zat besi sangat bermanfaat sebagai zat yang ampu mempercepat pengeringan luka. Selain dapat mempercepat proses pengeringan luka, daun singkong juga dapat bermanfaat untuk meminimalisir terbentuknya bekas luka. Tentu hal ini sangat penting karena bekas luka sering kali mengganggu percaya diri anda.
  7. Obat anti sakit kepala.Caranya adalah dengan mengkonsumsi daun ini dalam bentuk daun singkong rebus dan mengolah  menjadi makanan yang tidak mengandung santan. hal tersebut dikarenakan santan merupakan salah satu bahan makanan yang seringkali membuat orang pusing ketika berlebihan dalam mengkonsumsinya.
  8. Pencegah proses penuaan.Bagi para wanita, mencegah proses penuaan adalah hal yang penting untuk dilakukan.
  9. Baik Untuk Pencernaan Hampir semua orang tau bahwa serat sayuran sangat baik untuk pencernaan sehingga dapat membantu menyehatkan usus besar manusia, begitu juga dengan daun singkong. Konsumsi rutin daun singkong juga akan memberikan efek yang cukup baik untuk pencernaan kita.
  10. Membantu Metabolisme Tubuh Daun singkong merupakan sumber protein nabati yang sangat besar, ia adalah jenis protein nabati yang banyak mengandung vitamin B. Vitamin B sangat diperlukan untuk membangun sel-sel tubuh yang akan membentuk enzim-enzim yang membantu metabolisme tubuh. Manusia secara berkesinambungan, dalam kata lain daun singkong ini membantu proses dalam tubuh.
Demikian artikel mengenai beberapa manfaat daun singkong. Semoga bermanfaat.
Berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar