Senin, 10 April 2017

Makanan Manusia Yang Beracun Bagi Kucing?

Kebiasaan kita apabila ada kucing yang mengiau lapar, kita membuang aja makanan yang ada kepada kucing . Kucing kalau lapar memang semua benda dia telan tapi sistem pencernaan kucing sebenarnya tak sama dengan manusia. 
Seringkali kita lupa dan asal memberikan makanan kita begitu saja ke kucing. Padahal, ada beberapa makanan manusia yang tidak boleh dikonsumsi oleh kucing berikut ada beberapa makanan yang menjadi racun bagi kucing

  1. Coklat,Semua coklat mengandungi theobromine terutamanya coklat gelap dan coklat masakan yang tidak manis. Mengakibatkan masalah jantung, sawan dan gegaran otot. Mengandungi kafein.
  2. Teh, kopi dan minuman bertenaga,Mengandungi kafein yang menyebabkan kucing tidak tenang, sesak nafas, gegaran otot dan jantung berdebar.
  3. Bawang merah dan bawang putih,Pada kadar tertentu, pengambilannya bagi kucing boleh memberi masalah. Seulas bawang putih atau daun bawang mengakibatkan masalah pencernaan. Sesetengah bawang akan mengakibatkan anemia.
  4. Kismis dan anggur,Tidak banyak kes yang melibatkan kucing tetapi mengakibatkan kegagalan ginjal bagi anjing. Elakkan daripada diberi kepada kucing juga.
  5. Makanan tenusu,Sesetengah kucing tidak boleh menerimanya lalu muntah-muntah dan cirit birit.
  6. Alkohol,Menyebabkan kerosakan hati dan otak yang teruk walaupun hanya diberikan satu sendok besar.
  7. Daging mentah, telur mentah dan ikan mentah,Menyebabhkan muntah-muntah, cirit birit atau keadaan menyakitkan dipanggil 'pancreatitis' dan juga risiko terdedah kepada salmonella dan E. coli yang terkandung dalam makanan mentah tersebut.
  8. Xylitol,Pemanis makanan yang banyak digunakan dalam makanan tanpa gula terutamanya gula-gula getah. Tiada rekod kucing sakit disebabkannya tetapi anjing mengalami penurunan gula dalam darah secara mendadak (mengakibatkan sawan atau mungkin kematian) diikuti dengan kegagalan hati. Lebih baik jangan diberi kepada kucing.
  9. Adonan roti (mentah),Adonan roti dibuat dengan ragi agar roti dapat mengembang. Saat sebelum dipanggang, adonan roti mentah akan mengalami fermentasi. Oleh karena hal tersebut, adonan roti menjadi berbahaya bagi kucing karena hasil fermentasi dapat menghasilkan alkohol yang berbahaya, serta adonan mentah mengakibatkan penyumbatan usus.
  10. Tomat,Tomat merupakan salah satu makanan manusia. Pada kucing, tomat cenderung berbahaya. Namun, ada pendapat yang mengatakan bahwa sesunggahnya bagian dari tumbuhan tanaman tomat yang berbahaya adalah daun, dahan dan buahnya yang masih muda. Hal ini dikarenakan kandungan solanine didalamnya menyebabkan hipersalivasi, gangguan pencernaan, diare, depresi, lemah, pupil melebar dan denyut jantung melambat.
  11. Alpukat,Alpukat merupakan buah yang sering dikonsumsi dan sering dibuat menjadi jus oleh manusia. Daun, buah, biji dan kulit alpukat memiliki kandungan yang disebut persin yang merupakan racun. Pada kucing, dampaknya mungking tidak terlalu serius. Tapi dikatakan bahwa alpukan dapat menyebabkan sumbatan pada saluran cerna
  12. Beras,Beras merupakan makanan utama penduduk Indonesia. Beras yang berbahaya untuk kucing sebenarnya adalah yang berbentuk mentah dan belum menjadi nasi. Namun, walaupun sudah berbentuk nasi pada hewan, beras memiliki efek sebagai serat, tetapi jika berlebih dapat membuat radang. Selain itu, dikatakan bahwa kucing lebih membutuhkan kebutuhan protein ketimbang karbohidrat seperti beras atau nasi.
  13. Tuna (kalengan),Produk tuna banyak dikemas dalam bentuk kaleng. Mungkin hal ini untuk memudahkan manusia. Namun untuk kucing, pemberiannya justru dapat menyebabkan kekurangan gizi, sebab gizi yang diperlukan kucing tidak terdapat didalamnya. Salain itu kelebihan mengkonsumsinya dapat menyebabkan keracunan merkuri.
  14. Susu dan produknya,Mungkin kita sering melihat kucing diberikan susu. Namun ternyata hal tersebut tidak berlaku untuk semua kucing. Beberapa kucing juga kadang memiliki penyakit seperti manusia, yakni intoleransi laktosa (kandungan dalam susu). Sehingga ketika mengkonsumsi susu atau keju, dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan menyebabkan diare.
  15. Lemak,Lemak mungkin kita anggap biasa, namun ternyata lemak dapat menyebabkan gangguan terhadap kerja usus kucing, baik itu lemak mentah atau sudah dimasak. 
  16. Telur mentah,Telur mentah terutama bagian putih telur, memiliki kandungan protein avidin. Avidin dapat menghambaat penyerapan vitamin B biotin sehingga dapat menyebabkan masalah kulit dan bulu dari kucing.
  17. Daging mentah dan ikan mentah,Mungkin ketika kita mempunyai stok daging dan ikan berlebih, maka akan langsung kita berikan pada kucing. Namun ternyata enzim dalam daging ikan mentah dapat menghancurkan tiamin yang merupakan vitamin. Jika mengalami kekurangan tiamin maka akan menyebabkan gangguan sistem saraf seperti kejang dan koma.
Nah itulah beberapa makanan manusia yang tidak boleh  diberikan ke kucing. Walaupun niatnya hanya berbagi, kalau tidak hati-hati bisa mengancam nyawa kucing. Semoga artikel ini bermanfaat.
berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar