Rabu, 07 Oktober 2015

Manfaat tersembunyi di balik bekas teh celup

http://4.bp.blogspot.com/-42r-V7TTKi4/VN9TfynFW9I/AAAAAAAABos/E7sSE1gdvdM/s1600/kantung-teh-bekas.jpg
Pentingnya minum Teh dalam kehidupan sehari hari memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda. Seringkali anda membuang kantong Teh yang sudah tidak terpakai atau tidak digunakan lagi, padahal banyak sekali manfaat dibalik kantong Teh celup bekas tersebut. Dan terkadang juga banyak orang yang belum mengetahui bahwa manfaat dari kantong Teh celup bekas bisa digunakan untuk membantu mereka dalam kehidupan sehari hari


Mulai saat ini, jangan langsung membuang teh celup yang telah anda pakai untuk menghidangkan teh hangat, karena ternyata ada manfaat-manfaat lain dari teh celup tersebut
Berikut ini Manfaat terpendam dari teh celup:


1. Meredakan Kulit yang Terbakar Matahari
Apabila kita mengalami kulit yang terbakar akibat sinar matahari yang berlebihan tentunya kulit jadi terasa perih dan sangat sensitif jika disentuh. Ternyata teh celup bisa membantu meredakannya perih tersebut , gunakan kantung teh celup dingin lalu kompreskan di area kulit yang terbakar tadi agar rasa perih segera berkurang. Kita juga bisa mencelupkan kantung teh ke dalam air mandi lalu membilas area terbakar dengan air tersebut.

2. Membuat Rambut Berkilau
Jika anda memiliki rambut berwarna gelap, anda bisa mencelupkan kantung teh celup yang sudah terpakai ke dalam air bilasan rambut anda supaya rambut semakin berkilau dan menjadi halus.

3. Scrub Wajah Teh hijau
Tahukah anda bahwa daun teh hijau kering di dalam kantung teh celup ternyata mempunyai khasiat bagi wajah anda, bukan cuma bagi wanita, ini juga baik buat pria. Caranya mudah saja, sesudah kantung dicelupkan, sisihkan dan tunggu sampai ia menjadi hangat dan tidak terlalu panas. Siapkan mangkuk kecil dan buka atau robek kantung teh, kemudian keluarkan isinya ke dalam mangkuk.
Tuangkan sesendok makan madu juga tepung beras secukupnya. Aduklah sampai merata lalu siap untuk dioleskan ke wajah sebagai scrub. Gosoklah perlahan di wajah anda dan biarkan sekitar 5 menit lalu dibilas bersih dengan air. Campuran scrub ini berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Bukan hanya itu, kandungan madu dan tepung beras juga bermanfaat untuk menghaluskan dan juga menghilangkan noda bekas jerawat.

4. Mengatasi Kantung Mata dan Mata Lelah
Apabila mata anda lelah dan berkantung karena kegiatan harian yang cukup padat dan menyebabkan kurang tidur, ternayta kantung teh bisa menjadi solusi. Caranya dengan mencelupkan kantung teh yang sudah terpakai ke dalam air es sampai benar-benar menjadi dingin. kemudian kompreskan pada area sekitar mata lalu diamkan beberapa menit niscaya mata anda akan menjadi lebih segar. Dengan melakukan hal ini secara rutin kantung mata anda akan hilang bisa hilang perlahan-lahan.

5. Mengobati Bisul
Kantung teh juga bisa menghilangkan bisul, caranya dengan mengkompres bisul dengan kantung teh celup bekas selama kurang lebih 15 menit dan biarkan kering dengan sendirinya. Lakukan cara berikut ini secara rutin. Sesudah beberapa hari, bisulpun akan lenyap.

6. Membersihkan Noda pada Kaca dan Alat masak
Dengan menggunakan sisa cairan dari kantung teh celup sebagai bahan pembersih noda pada kaca atau cermin, juga lemak membandel pada alat masak. Caranya mudah saja dengan menteteskan sisa air teh yang masih ada pada noda, gosok dan bilas.

7. Obat sariawan
Dinginkan kantong teh bekas dalam freezer. Setelah dingin, letakkan pada sariawan yang terasa sakit. Rasa dingin ditambah sifat penyembuhan dari teh akan membantu proses pemulihan sariawan lebih cepat.

8. Mengurangi Bau tak sedap dalam lemari pendingin
Kulkas anda memiliki bau tak sedap? cukup letakkan kantung teh celup bekas di dalam lemari pendingin anda. Maka dengan sendirinya bau tak sedap akan diserap oleh kantung teh tersebut.

9.Sebagai Lulur
Ambil ampas teh Anda kemudian simpanlah terlebih dahulu selama 12 jam atau semalam. Simpanlah ampas teh Anda ke dalam tempat yang tidak mudah terkena kotoran. Kemudian ambillah ampas teh yang sudah Anda simpan semalaman lalu gunakan ampasnya seperti Anda menggunakan lulur yang biasa. Balurkan ke seluruh tubuh Anda. Kemudian pijat seluruh bagian tubuh Anda. Lakukan hal ini seminggu sekali. Setelah Anda pijat tubuh Anda kemudian bersihkan dengan Anda mandi sebersih-bersihnya.

10. Membantu meringankan luka memar
Pada kantong Teh celup bekas terutama Teh hitam yang ada di dalamnya mengandung asam tannic yang berguna untuk membatasi pembengkakan pada konstriksi pembuluh darah. Sehingga hal itu dapat meringankan luka memar yang ada pada tubuh anda. Dengan cara menggunakan kantong teh celup bekas yang sudah direndam dengan air dingin dan dioleskan pada bagian tubuh yang terluka, maka hal tersebut akan membantu anda dalam proses penyembuhan luka.

 11. Membersihkan noda dari peralatan dapur
Bagi anda yang alergi dengan sabun, beberapa kantong teh celup yang telah dikumpulkan dapat digunakan untuk mencuci peralatan dapur seperti piring, sendok, wajan, mangkuk dan lain sebagainya. Hal itu karena kantong teh celup bekas dapat dengan mudah menghilangkan kotoran atau noda minyak yang ada pada peralatan dapur anda.

12. Menghilangkan bau tak sedap pada kaki yang berkeringat
Rendam kaki anda di sebuah baskom yang terisi air hangat dan juga terdapat beberapa kantong Teh celup bekas di dalamnya selama 15 menit, kemudian setelah itu bersihkan kaki anda dengan handuk dan lakukanlah sebelum anda tidur. ketika kaki anda berkeringat, maka hal itu bisa menghilangkan bau yang tak sedap pada kaki anda.


Alternatif lainnya, manfaatkan teh yang ada dalam bekas kantong itu sebagai pupuk untuk tanaman Anda. Campurkan saja dengan tanah di sekeliling tanaman atau pot daripada dibuang begitu saja ke tempat sampah.

Itu tadi beberapa manfaat bekas kantong teh celup dalam kegiatan sehari-hari. Semoga cara tadi bisa menjadi manfaat bagi semua orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar