Senin, 04 Agustus 2014

Sistem operasi microsoft Windows

Microsoft Windows adalah nama keluarga sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1981, ketika itu proyeknya disebut dengan "Interface Manager".

Diumumkan pada tahun 1983, pertama kali dipasarkan di lingkungan perusahaan Microsoft bernama Windows pada bulan November 1985 yaitu MS-DOS, sebagai respon atas keinginan pasar yang berkembang dalam antarmuka pengguna grafis (GUI) yang diperkenalkan oleh sistem operasi lain seperti Mac OS dan perusahaan lain seperti Xerox. 

Pada saat itu, Microsoft mendapatkan sewa untuk sistem operasi dengan raksasa komputer yaitu IBM, sehingga Windoes telah terinstal di pabrik di komputer pribadi yang paling banyak dan populer di dunia serta yang paling sering digunakan. 

Pada bulan Oktober 2009, Windows memiliki sekitar 91% pangsa pasar sistem operasi pada komputer klien yang mengakses Internet. 

Ada berbagai versi Windows, diantaranya Windows 95, Windows 98, Windows ME, Windows NT, Windows XP, Windows Vista yang dilancarkankan pada tahun 2007, dan sekarang dengan versi Windows7.

Windows 7 digunakan untuk komputer desktop, Windows Server 2008 server R2 dan Windows Phone 7 untuk perangkat mobile. 

Windows berfungsi sebagai Sistem operasi yang merupakan sistem yang menentukan program apa yang perlu dilakukan, dan sumber apa (memori atau I / O) yang perlu digunakan. Programming (OS) memberikan layanan (service) kepada program lain, misalnya kode (driver) yang mengizinkan Anggota Program menulis program untuk mesin tanpa perlu mengetahui lebih rinci tentang alat elektronik pada sistem komputer. 

Selain itu fungsi sistem operasi Microsoft Windows adalah sebagai urutan instruksi yang dapat dipahami oleh komputer dan dibuat untuk memerintahkan, mengontrol, menjadwalkan, dan mengkoordinasikan suatu kegiatan komputerisasi

Sistem operasi Windows dari waktu ke waktu

Windows 1
Dirilis pada tanggal 20 November 1985, pada versi pertama ini kurang populer di masyarakat karena masih ada kekurangan di fungsionalitas. NamaWindows sendiri berasal dari Rowland Hanson (Kepala Bagian Pemasaran) di Microsoft, menggantikan nama Interface Manager.

Windows 2
Diluncurkan tanggal 09 Desember 1987, dapat menjalankan aplikasi buatan microsoft yaitu Word dan Excel, dalam versi ini sudah dapat menjalankan aplikasi multitasking serta mampu mengakses RAM hingga 1 Mb.

Windows 3
Dirilis pada 22 mei 1990, memiliki kelebihan: dapat menjalankan aplikasi secara serentak (multitasking), sudah mempergunakan memory virtual, sudah mengenal Video Graphics Array (VGA). Versi ini terdapat pulamultimedia yaitu Windows 3.0 with multimedia extensions dan merupakan pelopor fitur multimedia.

Windows 95
Diluncurkan tanggal 24 Agustus 1995, dirilis dalam 5 versi yang berbeda:
  1. Windows 95
  2. Windows 95 A penambahan dukungan dengan Windows 95 Original Service Release 1 (OSR1)
  3. Windows 95 B atau Windows 95 OSR2 mendukung format FAT 32 dan Internet Explorer 3.0. Di Indonesia versi ini dikenal dengan nama Windows 97.
  4. Windows 95B USB atau Windows 95 OSR2.1 versi ini mendukung USB
  5. Windows 95 C atau Windows 95 OSR2.5 terdapat penambahan Internet Explorer4.0

Windows 98
Diluncurkan tanggal 25 Juni 1998, memiliki banyak driver untuk hardware, dapat mempartisi hard disk diatas 2 Gb. Pada tanggal 09 Mei 1999 dirilis Win98SE memiliki kelebihan yaitu Internet Connection Sharing (Berbagi koneksi dengan komputer lain dalam satu jaringan)

Windows ME
Windows Milennium Edition (Win Me) dirilis tanggal 14 September 2000, versi ini sudah memiliki System Restore dan juga mengenalkan Windows Movie Maker, serta update IE 5.5, WMP 7 dan DirectX 7.1.

Windows XP
Diluncurkan pada tanggal 25 Oktober 2001, Windows XP atau Experience mempunyai beberapa versi, antara lain:
  1. Win XP Home Edition diperuntukan PC desktop dan laptop untuk kalangan rumah.
  2. Win XP Home Edition N dihilangkan fitur WMP karena peraturan Uni Eropa tidak mengijinkannya
  3. Win XP Pro diperuntukkan bagi power user dan pebisnis
  4. Win XP Pro N, dihilangkan fitur WMP karena peraturan Uni Eropa tidak mengijinkannya
  5. Windows XP Media Center Edition (MCE), dirilis bulan November 2002, Win XP Home Edition diperuntukkan dektop dan laptop dengan fitur utama multimedia
    1. Windows XP Media Center Edition 2003
    2. Windows XP Media Center Edition 2004
    3. Windows XP Media Center Edition 2005, dirilis12 Oktober 2004
  6. Win XP Tablet Edition diperuntukkan PC Layar Sentuh
  7. Win XP Pro X64 Edition khusus untuk processor 64-bit (AMD64 atau Intel EM64)

Windows Vista
Win Vista diluncurkan pada tanggal 30 November 2006 untuk kalangan bisnis, untuk pengguna rumahan rilis tanggal 30 Januari 2007, versi ini mengenalkan User Account Control (UAC) untuk mengganti Administrator-by-Default di Win XP. Vista juga merubah penampilan lebih baik dengan Windows Aero GUI, aplikasi baru (Win Calender Win DVD Maker), IE yang lebih tangguh serta WMP 11.
Berikut ini beberapa edisi Vista:

  1. Win Vista Basic
  2. Win Vista Home Basic
  3. Win Vista Home Premium
  4. Win Vista Business
  5. Win Vista Enterprise
  6. Win Vista Ultimate

Windows 7
Diluncurkan tanggal 22 Oktober 2009, ada fitur baru yang unik disini bernama Gadget dan bebas ditaruh dimana saja pada layar desktop. Spesifikasi Win 7 lebih ringan dan tentu saja harganya lebih murah dari pada Win Vista.
Berikut Beberapa edisi dari Win 7:
  1. Win 7 starter
  2. Win 7 Home Basic
  3. Win 7 Home Premium
  4. Win 7 Profesional
  5. Win 7 Ultimate
  6. Win 7 Enterprise.

Windows 8
Pengembangan Windows 8 dimulai sebelum windows 7 diluncurkan Pada Tahun 2009. Tanggal 13 September 2011, build 8102 (Windows 8 Developer Preview) dirilis ke publik. Build ini terbuka penuh untuk pertama kalinya dan dilengkapi Start Screen baru, antarmuka pengguna Metro dan sejumlah sampel aplikasi buatan para karyawan magang di Microsoft. Pada tanggal 29 Februari 2012, Microsoft meluncurkan Windows 8 Consumer Preview, versi beta dari Windows 8, build 8250. Untuk pertama kalinya sejak Windows 95, tombol Start tidak lagi muncul di taskbar, meski layar Start-nya masih harus dibuka dengan mengklik sudut kiri bawah layar dan tombol Start di kotak Charm. Pada tanggal 1 Agustus 2012, Windows 8 (build 9200) dirilis dengan nomor build 6.2.9200.16384 . Microsoft berencana mengadakan acara peluncuran pada 25 Oktober 2012 dan meluncurkan Windows 8 untuk publik keesokan harinya.

Fitur:
  1. Desain aplikasi Windows 8 UI, yang dapat dibuat dari bahasa pemograman apa saja, seperti : HTML/CSS, JavaScript, C, C++, C#, dll.
  2. Hilangnya tombol Start (digantikan oleh Start Screen dan Charms)
  3. Kompatibel dengan arsitektur Intel, AMD, dan ARM (khususnya tablet)
  4. Kompatibel dengan perangkat berspesifikasi rendah seperti Tablet, Laptop, Netbook, bahkan Smartphone
  5. Portabel di USB (Windows To Go)
  6. Windows Explorer menggunakan ribbon seperti Office 2010 & 2007
  7. Hybrid Boot, fitur untuk mempercepat waktu start-up dengan menyimpan memori inti Windows ke dalam hard disk dan me-load-nya tiap booting.
  8. Fitur recovery baru, Refresh dan Reset. Refresh akan mengembalikan semua file Windows ke kondisi awal tanpa mengubah pengaturan, berkas, atau aplikasi Windows 8 UI. Reset akan mengembalikan komputer ke kondisi standar pabrikan.
  9. Rancangan baru dari Windows Task Manager
  10. Proses aktivasi yang mudah
Edisi:
- Windows 8
Windows 8 adalah edisi standar Windows untuk arsitektur IA-32 dan x64. Dokumantasi yang didapat dari ImageX tool dan buku Paul Thurrott di Windows 8 juga menyebutkan versi ini sebagai "Core". Edisi ini membawa fitur-fitur yang ditunjukkan untuk pengguna rumahan dan memberikan semua fitur standar Windows 8 seperti Layar Mulai, ubin langsung, Bursa Windows, Internet Explorer 10, dan lain-lain.
· Windows 8 Pro
Windows 8 Pro sebanding dengan Windows 7 Professional dan Ultimate dan ditunjukkan pada pengguna tingkat lanjut atau pengguna rumahan tingkat lanjut (dengan Windows Media Center meskipun harus membelinya lagi ). Fitur tambahan meliputi kemampuan untuk menerima koneksi Remote Desktop, ikut serta dalam Domain Windows Server, Enkripsi Berkas Sistem, Hyper-V, pemuatan (booting) Virtual Hard Disk, Group Policy, BitLocker dan BitLocker To Go.
- Windows 8 Enterprise
Windows 8 Enterprise menyediakan semua fitur di Windows 8 Pro (kecuali kemampuan untuk memasang Windows Media Center), dengan fitur tambahan untuk membantu organisasi TI (lihat tabel dibawah). Edisi ini tersedia untuk pengguna Software Assurance atau pelanggan MSDN dan TechNet Professional, dan dirilis tanggal 16 Agustus 2012.
- Windows RT
Windows RT hanya akan tersedia terpasang di perangkat berbasis ARM seperti tablet KP. Windows RT akan terpaket dengan versi yang teroptimalkan untuk sentuh dari versi desktop Microsoft Office 2013 Home and Student (Microsoft Office RT 2013) berisi Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote, dan mendukung kemampuan enkripsi perangkat. Beberapa fitur kantoran seperti Group Policy dan dukungan domain tidak didukung.



http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/software/2305235-pengertian-windows-dan-fungsinya/#ixzz39DLQhBHL
http://softkompi.blogspot.com/2012/02/sistem-operasi-microsoft-windows.html
http://agus-jangkungclaluewoles02.blogspot.com/2013/04/macam-macam-jenis-windows_5269.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar