Rabu, 16 Juli 2014

Bahaya tidur setelah makan sahur

Langsung tidur setelah makan sahur ternyata memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh manusia. Selain bangun yang pasti menjadi lebih siang kebiasaan ini akan membuat sistem pencernaan kita terganggu. Berikut beberapa dampak bagi tubuh yang diakibatkan karena kebiasaan tidur setelah makan sahur.


Namun, bagi mereka yang peduli akan kesehatan pasti akan mempertimbangkan untuk menghindari kebiasaan tidur selepas sahur karena adanya efek negatif di balik kebiasaan tersebut. Berikut adalah bahaya yang akan Anda alami jika tidur selepas sahur:
1. Obesitas
Kebiasaan tidur selepas sahur akan meningkatkan resiko kegemukan sebesar 2 kali lipat. Saat tidur, tubuh hanya membutuhkan sedikit energi sehingga makanan tidak akan tercerna secara sempurna dan sari makanan di dalam lambung akan ditimbun menjadi lemak yang dapat memicu obesitas.
2. Gangguan Saluran Pencernaan
Lambung membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk kembali kosong. Posisi tidur dalam keadaan berbaring akan mengakibatkan terhambatnya proses pengosongan lambung yang akan memicu gangguan saluran pencernaan seperti diare dan sembelit.
3. Refluks Asam dan Heartburn
Posisi berbaring menyebabkan katup antara perut dan esofagus tidak tertutup secara sempurna dan akan mengakibatkan naiknya asam lambung ke tenggorokan. Selain itu, hal tersebut dapat menyebabkan heartburn atau rasa terbakar yang menyakitkan di sekitar ulu hati hingga kerongkongan akibat refluks asam lambung.
4. Stroke
Perlu diketahui pula bahwa kondisi refluks asam memicu apnea tidur yang berkaitan dengan stroke. Sistem pencernaan yang tidak lancar mempengaruhi kinerja tekanan darah dan kadar gula yang akan meningkatkan resiko terkena serangan stroke.
5. Pemicu Kanker
Gangguan pencernaan akibat langsung tidur selepas sahur mengakibatkan makanan tidak tercerna dengan sempurna. Makanan yang tidak tercerna secara sempurna akan meningkatkan produksi bakteri dengat sifat anaerob (minim oksigen) di dalam lambung dan usus dengan hasil metabolisme yang bersifat asam dan menghasilkan zat asam nitrit. Asam nitrit akan mengakibatkan derajat keasaman tubuh meningkat drastis dan menyebabkan keadaan tubuh menjadi anaerob (minim oksigen) yang akan menyebabkan perkembangbiakan pesat pada sel kanker di dalam tubuh.
Rasulullah SAW tidak langsung tidur setelah makan sahur karena adanya beberapa bahaya tidur selepas sahur dan Rasulullah SAW lebih memilih untuk beraktivitas supaya makanan yang dikonsumsi dapat dicerna dengan sempurna di dalam tubuh.
Rasulullah SAW bersabda,”Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah SWT dan shalat, serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras.”(HR Abu Nu’aim dari Aisyah r.a.).
Itulah berbagai efek buruk dari tidur setelah sahur bagi kesehatan. Masih mau tidur setelah sahur?

berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar