Minggu, 05 Januari 2014

Dominan mana otak anda

Otak adalah bagian terpenting tubuh, tanpa otak mungkin seluruh aktivitas tubuh akan berhenti, dan Otak di bagi menjadi 2 yaitu otak Kiri dan Otak Kanan, Otak Kiri mendominasi Matematika dan Otak kanan  untuk Kesenian.Rata-rata orang menggunakan salah satu otak untuk berfikir Dominan. 

Perbedaan antara otak kiri dan otak kanan :

Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika. Beberapa pakar menyebutkan bahwa otak kiri merupakan pusat Intelligence Quotient (IQ).
Apabila seseorang cenderung mendominasi otak kiri, maka setiap tindakan yang dilakukannya akan dilakukan berdasarkan pada urutan-urutan, ikut-ikutan, dan yang lebih berbahaya lagi mereka-mereka yang mendominasi otak kiri cenderung akan terlalu banyak melakukan pertimbangan-pertimbangan yang berakhir pada timbulnya alasan untuk tidak melakukan apa yang harus dilakukannya.

Otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, melukis dan segala jenis kegiatan kreatif lainnya.

Orang yang memiliki keseimbangan antarA otak kiri dan kanan, maka dia bisa menjadi orang yang cerdas  sekaligus pandai bergaul atau bersosialisasi. Jika kedua fungsi otak ini seimbang, maka manfaat yang diperoleh antara lain :
  1. berfikir lancar
  2. emosi terkendali
  3. daya hafal meningkat
  4. responsif terhadap semua rangsangan dll
Seseorang yang dominan belahan kiri :
  1. Memilih sesuatu yang berurutan
  2. Belajar lebih baik dari bagian-bagian kemudian keseluruhan
  3. Lebih memilih system membaca fonetik
  4. Menyukai kata-kata symbol dan huruf
  5. Lebih memilih membaca subyeknya lebih dulu
  6. Mau berbagi informasi fakta yang berhubungan
  7. Lebih memilih instruksi yang berurutan secara detail
  8. Mengalami focus internal lebih besar
  9. Menginginkan struktur dan prediksi
 Seseorang yang dominan belahan kanan :
  1. Merasa lebih nyaman dengan sesuatu yang acak
  2. Paling baik belajar dari keseluruhan kemudian bagian-bagian
  3. Lebih memilih system membaca seluruh bahasa
  4. Menyukai gambar, grafik dan diagram
  5. Lebih memilih melihat atau mengalami subyeknya lebih dulu
  6. Mau berbagi informasi tentang hubungan antara segala sesuatu
  7. Lebih memilih yang spontan, lingkungan belajar yang mengalir
  8. Mengalami fokus eksternal yang lebih besar
  9. Menginginkan pendekatan yang tak terbatas, baru & mengejutkan.
 Cara kerja dan Fungsi Otak Kanan dan Otak Kiri Manusia

Cara kerja otak kiri manusia

Cara kerja otak dibagian kiri kepala manusia adalah lebih memikirkan hal yang rasional dan realistis saat menganalisis atau memperhitungkan sesuatu hal. Contohnya: Ketika seseorang ingin memulai atau membangun usaha. Jika seseorang arah berfikirnya lebih dominan ke arah otak kiri,   maka saat akan membangun usaha ia akan lebih banyak perhitungan sebelum memulainya, memperhitungkan untung ruginya, lalu jika dirasa keuntungannya lebih besar baru akan dijalankan, namun jika dirasa keuntungannya tipis atau bahkan tidak sama sekali mereka biasanya akan segera menghentikannya.
  
Cara Kerja Otak Kanan Manusia
Cara kerja otak kiri Berbeda dengan cara kerja otak kanan, yaitu lebih memikirkan pentingnya segera bertindak, istilah dalam dunia bisnis adalah Take Action!.
“Kalau tidak kita coba,  mana kita tahu!!” , itulah sala satu cara berpikir orang yang lebih dominan menggunakan otak kanannya. Orang yang lebih dominan menggunakan otak kanan , pada saat ia akan memulai usaha,  ia jarang memikirkan sesuatu yang seperti ini: ” Apakah Aku Mampu?”, “Bagaimana nanti kalau rugi”, “aku tak cukup modal”,
Cara Bekerja otak kanan:
  1. Kreatif - Ingin mengetahui hal-hal baru dan menemukan cara-cara baru yang tidak konvensional, melihat alternatif solusi dari berbagai permasalahan.
  2. Spasial Tiga Dimensi, mampu melihat dan membayangkan sesuatu secara tiga dimensi - Bisa melihat dari kanan ke kiri, atas ke bawah dan sebaliknya. serta membolak balik huruf, angka dan gambar.
  3. Memori Fotografi - mampu merekam informasi dalam bentuk gambar-gambar baik dalam bentuk diam atau seperti film yang bergerak. Memiliki papan layar di otaknya.
  4. Art - melihat sebuah pekerjaan sebagai proses seni yang mengandalkan rasa dan estetika yang sering kali tidak bisa dibatasi oleh waktu dan bekerja berdasarkan inspirasi dan mood.
  5. Deduktif - terlebih dahulu harus melihat gambaran besarnya atau hasil akhirnya baru bergerak menyusun langkah demi langkah dan tahapan prosesnya.
  6. Random - Menyusun dan mengolah informasi secara acak, sehingga penyampaian informasinyapun cenderung tidak sistematis.
  7. Visual - Bekerja dalam bentuk gambar; sering kali sulit menuangkan ide gambarnya tersebut kedalam kalimat atau kata-kata yang dipahami.
  8. Global - Lebih menyukai gambaran umum dan kurang menyukai hal-hal detail.
  9. Mind Mapping - Lebih suka dan gampang menulis dalam bentuk pola gambar seperti peta.
  10. Model Estetika - Menilai sesuatu berdasarkan cita rasa dan estetik seni bukan fungsi dan kegunaan.
  11. Moody - Kemampuan berpikir dan bekerja yang sangat dipengaruhi oleh Emosional dan perasaan.
  12. Spontan - Melakukan hal atau sesuatu secara spontan berdasarkan dorongan emosional sesaat. Sering melakukan tindakan dan mengambil keputusan diluar rencana
  13. Picky Job - Hanya mau mengerjakan hal-hal yang menarik perhatiannya. Tidak mudah di suruh/diperintah.
  14. Un limited time - Jika sudah asyik terhadap satu bidang lupa waktu.
  15. Konklusif - Menarik kesimpulan umum dari kepingan-kepingan informasi.
  16. Eksekusi 2 langkah - Merekam informasi baru memaknainya.
  17. Inspirational - bekerja berdasarkan datangnya inspirasi bersifat dadakan dan tidak terencana.

Perbandingan Kerja Otak Kiri dan Kanan:
  1. Simbol vs Gambar
  2. Runtut/Sekuen vs Acak/Random
  3. Logika vs Kreatif/Seni
  4. Detail ke Global vs Global ke detail.
  5. Setahap demi setahap vs Langsung
  6. Proses then memori vs memori then proses.
  7. Duplikasi vs imaginasi.
  8. Teratur vs acak dan melompat-lompat.
  9. Analisis mengurai vs Analisis Kesimpulan.
  10. Tenggat Waktu vs Bebas Waktu.
  11. Rencana vs Inspirasi.
  12. Objek Hitam Putih vs Objek yang berwarna warni

Perbedaan Kombinasi Kontinum Otak dan Indera dominan
  1. Otak Kiri dengan sensori Visual - Cenderung Diam, Tegas, Berpikir Runtut, Logika bagus.
  2. Otak Kiri Auditori - Cenderung Bicara, Suka berdebat, Logika bagus, cepat menghafal.
  3. Otak Kiri Kinestetik - Cenderung diam, Lincah bergerak, Berpikir runtut, logika bagus.
  4. Otak Kanan Visual - Suka menghayal, kuat mengingat, cenderung diam, sulit mengeja, suka menggambar, kurang suka mencatat.
  5. Otak Kanan Auditori - Suka bicara, Bicara acak, Bicara khayalan, suka berhandai-handai, sulit mengeja tapi suka bicara
  6. Otak Kanan Kinestetik - Cenderung diam, terus bergerak, bergerak tak beraturan, sering melakukan hal-hal yang penuh resiko, pandai membuat sesuatu karya tangannya
 Cara mengetahui otak kiri atau otak kanan yang dominan kita gunakan
penasaran dengan keseimbangan otak kiri dan kanan kamu?

mau tahu bagaimana cara mengujinya?
internet sangat memudahkan kita untuk mendapatkan banyak informasi, tak terkecuali keseimbangan otak kiri dan kanan yang bisa diuji secara online. Saat ini sudah banyak situs web yang memiliki fungsi atau layanan yang dapat digunakan untuk menguji keseimbangan otak.

Salah satu situs yang sudah saya kunjungi dan sudah saya coba  untuk menguji keseimbangan otak kiri dan kanan saya adalah situs web yang beralamat  http://en.sommer-sommer.com/braintest/.

Dari hasil tes yang saya lakukan, hasilnya otak kiri dan otak kanan saya masih seimbang dengan perbandingan 56% penggunaan otak kiri dan 44% penggunaan otak kanan seperti pada gambar hasil tes di bawah.
Tes Keseimbangan Otak Kiri dan Kanan

Menurut saya hasil tes di atas adalah akurat, saya sendiri menyadari bahwa pilihan saya sering kali dengan menduga-duga, namun sering kali juga saya sangat perhitungan  untuk menentukan suatu keputusan.

Nah, jika teman-teman sudah tau Dominan mana otak teman, silahkan manfaatkan dengan sebaik-baiknya karena ini juga memperngarauhi bakat teman dan juga bisa mengetahui sikap teman yang sebenarnya. Seimbangkan otak kiri dan kanan agan agar bisa berguna secara maksimal karena menurut para ahli  jika terlalu sering menggunakan otak yang mendominasi saja justru otak malah tidak akan berfungsi.
Semoga Bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar