Selasa, 02 Juli 2013

Mengedit HTML Templat Blogspot 2013 Tampilan Baru

Tampilan Baru Menu Edit HTML Template Blogger
Apakah teman-teman blogger sudah mengetahui tentang tampilan baru menu edit HTML template Blogger ini? Jika belum, coba anda sekarang login ke akun Blogger anda dan lihat pada menu Templte  terus pilih Edit HTML maka anda akan melihat tampilan baru menu edit HTML ini.

Awalnya saya agak bingung dengan tampilannya karena saat pertama kali saya ingin mencari salah satu kode di dalam kode template tersebut, saya tidak menemukan kode yang saya cari padahal saya yakin kode tersebut ada dan pernah di cari, ternyata setelah saya cari sampai bawah, ada perubahan tampilan, yaitu kode tersebut di sembunyikan. Setelah itu, saya menyadari ternyata ada yang berbeda dengan tampilan menu edit HTML template blogger ini.


Mengenal Tampilan EDIT HTML Blogspot
Apa saja tampilan baru menu edit Html template Blogger ini?
Secara garis besar semua fungsi tombol masih lengkap, hanya posisinya diubah. 
Untuk lebih jelasnya mari lihat gambar di bawah ini.
Masuk ke menu TEMPLATE dan klik EDIT HTML
 
Keterangan Gambar:
  1. Kembali: Mengarahkan anda di halam untama Template
  2. Simpan Template: Jika anda tidak sedang mengedit Template maka Tombol Simpan Template tidak akan berfungsi.
  3. Lompat ke Widget: ini merupakan menu baru yang di khususkan untuk kolm Widget yang menampilkan menu-menu Widget yang ada pada template. Lompat ke Widget menampilkan Widget-widget dalam bentuk Dropdown. Tombol ini merupakan jalan pintas yang akan memudahkan anda untuk mengedit kolm widget blog anda.
  4. Edit Template: Tombol ini tidak berfungsi pada saat anda berada di tampilan editing, tombol ini berfungsi saat anda melakukan pratinjau, dan untuk kembali ke tampilan editing anda gunakan tombol Edit Template.
  5. Pratinjau Template: Tombol ini masih memiliki fungsi yang sama seperti pada tampilan yang sebelunya, gunakan tombol ini untuk melihat hasil editing anda sebelum melakukan penyimpanan hasil editing, namun ada yang berbeda, jika pada tampilan lama anda melakukan Pratinjau Template yang hasilnya akan terbuka di Tab baru, pada tampilan menu edit HTML yang baru tampilan Pratinjau Template muncul di menu edit HTML itu sendiri.
  6. Kembalikan Perubahan: Tombol ini berfungsi untuk mengembalikan semua perubahan yang anda lakukan, meskipun anda telah menyimpan template, tombol ini akan mengembalikan semua perubahan yang telah anda lakukan.
  7. Kembalikan Template Widget ke Default: Mengembalikan tampilan blog dalam bentuk default. Jangan mengklik tombol ini jika tidak dalam keadaan terpaksa, karena ia akan merubah seluruh tampilan blog anda dan menghilangkan beberapa fungsi yang telah terpasang didalam template, misalnya fungsi Readmore, fungsi dinamic tag, dan kadang mempengaruhi tampilan sidebar serta footer.
  8. Format Template: Tombol ini merupakan tombol baru dengan fungsi baru
  9. Search/Kota Pencarian: Kota pencarian mencul di pojok kanan atas, namun untuk memunculkannya cursor PC/Laptop anda harus berada didalam menu edit HTML. Ada yang berbeda saat anda melakukan pencarian kode di tampilan baru ini. Untuk mencari kode HTML, anda masukkan kode pada Search/Kotak pencarian dan tekan enter untuk menemukan kode yang anda cari.
Yang perlu teman-teman blogger perhatikan dalam tampilan baru untuk mengedit HTML template blogspot ini adalah dua hal, yaitu tombol lompat ke widget dan panah-panah kecil berwarna hitam pada baris kode.

Tombol Lompat Ke Widget
Tombol ini akan sangat membantu anda untuk menuju kode dari suatu widget di template anda. Anda cukup mengklik tombol tersebut dan akan terbuka dropdown untuk melompat ke kode HTML widget yang anda inginkan.

selanjutnya anda akan melihat tampilan kode yang dipadatkan dalam lipatan yang ditandai dengan ►(panah hitam kecil)

Menu Lompat Ke Widget di Edit Html
Menu ini memiliki fungsi yang sangat bagus dan tidak bagus karena dengan adanya menu Lompat ke widget ini akan memudahkan dalam memilih, mengganti, dan menemukan kode-kode yang ada di dalam template berdasarkan komponen atau ID-ID yang membentuk struktur dari blog tersebut.
 
Menu lompat ke widget ini merupakan jalan pintas atau jalan tercepat untuk berada di salah satu ID Komponen atau element Template, dan tidak bagusnya; menu ini hanya membawa kita ke kode HTML dari ID Komponen atau element Template tersebut, bukan membawa ke kode CSS dari ID Struktur Komponen Template
Menu Lompat ke widget ini menyesuaikan dengan Title yang ada di setiap widget-widget yang telah tersedia di dalam widget Blogger dan tidak menampilkan Title widget yang dibuat sendiri

hanya widget dari Blogger lah yang memiliki Titile yaitu Navbar1, Header1, Blog1, Feed1, Profile1, dan PopularPosts1 sedangkan untuk widget yang diberi judul sesuai keinginan kita maka akan memiliki Titile HTML1, HTML1, HTML3, dan HTML4

Cara menggunakan menu Lompat ke widget ini, anda cukup melakukan klik terhadap widget yang ingin anda tampilkan, misalnya ingin menampilkan kode widget untuk Popular Post, klik saja PopularPost1
Lalu, bagaimana jika widget itu hanya memiliki title HTML1, 2, 3 dan seterusnya? Gampang saja, yang diperlukan hanya mengetahui judul widget tersebut. Silahkan anda lihat di blog anda untuk judul yang memayungi HTML1, 2, 3 dan seterusnya tersebut dengan mengikuti panduan di google tentang mengetahui kode template.Kalau sudah ketemu silahkan gunakan Lompat ke widget ini untuk mengetahui kodenya.

Tombol Panah Hitam Kecil
Tombol ► ini adalah fitur baru yang akan membuka setiap kode menjadi lebih detail lagi. Kalau ternyata setelah anda klik masih ada tombol panah hitam lagi di dalamnya, maka klik lagi tombol panah hitam itu sampai semua kode widget yang anda inginkan terbuka penuh.
Jika sudah terbuka penuh sekarang anda sudah bisa mengedit kode pada widget tersebut.

Pengganti Expand Widget Template DI EDIT HTML Template Blogspot Tampialan Baru
Yang menjadi masalah sekarang adalah anda akan mengalami kerepotan yang cukup mengganggu jika harus mengedit sebuah kode yang sangat panjang dan mempunyai begitu banyak panah kecil hitam. Saat itulah anda pasti berharap tombol expand widget template masih ada di sini.

Apakah tidak ada cara menampilkan semua kode HTML agar proses edit bisa berjalan lebih cepat? Sebenarnya anda bisa membuka semua kode dengan cara yang sangat mudah.
  • Klik kursor di dalam barisan kode mana saja.
  • Tekan CTRL+A untuk menyorot semua kode
  • Tekan CTRL+C untuk mengcopy semua kode
  • Tekan tombol DEL pada keyboard untuk menghapus semua kode, dan
  • Terakhir tekan CTRL+V untuk mempaste semua kode
Kode yang dipaste ini akan terbuka penuh dan tidak ada panah hitam kecilnya, jadi hasilnya kurang lebih sama dengan tombol checkbox EXPAND WIDGET TEMPLATE yang ada pada EDIT HTML template blogspot tampilan lama.


Anda tetap bisa memakai tombol LOMPAT KE WIDGET saat semua kode sudah dijabarkan, jadi ini akan membantu anda untuk mengedit TEMPLATE

Cara Mencari Kode DI EDIT HTML Blogspot Tampilan Baru

Anda sudah tidak bisa lagi mencari kode dengan menggunakan CTRL+F pada browser, jadi klik dulu di antara barisan kode dan klik CTRL+F, nanti akan muncul kotak pencarian di sudut kanan atas jendela kode HTML.

Di situlah anda memasukkan nama kode yang akan anda cari, dan tekan enter sesudahnya. Jika anda belum menemukan kode yang diinginkan, maka tekan terus enter sampai ketemu. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini

cara mencari kode di EDIT HTML BLOGSPOT TAMPILAN BARU

Mudah-mudahan saudara tidak bingung lagi memakai EDIT HTML TEMPLATE BLOGSPOT tampilan baru ini.
berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar