Selasa, 10 November 2015

manfaat santan kelapa

Kelapa tidak hanya digunakan untuk memasak.Kelapa juga bisa digunakan untuk mendukung kesehatan, sebagai komponen bahan kecantikan, bahkan sebagai campuran minyak pelumas.
Salah satu komponen kelapa yang bermanfaat adalah santan kelapa. Santan adalah cairan yang diekstrak dari buah kelapa.
Santan kelapa merupakan sari dari perasan daging buah kelapa yang telah dikukur atau diparut. Biasanya, pengolahan santan kelapa digunakan dalam masakan. Hal ini disebabkan karena santan memiliki cita rasa yang tinggi dan khas

Di balik kelezatan rasa santan ini tersimpan segudang manfaat yang tak kalah pentingnya seperti rasanya,berikut adalah manfaat santan kelapa untuk kecantikan
  1. Mencegah Anemia. Kandungan zat besi di dalam santan kelapa sangat baik untuk menambah darah dan mempertahankan kadar Hb darah.
  2. Kalsium. Kandungan kalsium serta fosfor di dalam santan sangat bagus untuk pertumbuhan dan menjaga tulang serta gigi tumbuh sempurna.
  3. Memperkuat sistem Imun. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam santan kelapa mampu membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.
  4. Antioksidan. Kandungan ini berperan dalam menangkal radikal bebas pada tubuh.
  5. Mengencangkan kulit. Santan kelapa yang dijadikan sebagai olesan wajah setiap pagi hari dapat membantu mengencangkan dan mengenyalkan kulit.
  6. Melembabkan kulit. Selain mengencangkan kulit, ternyata santan kelapa yang dioleskan pada wajah mampu melembabkan kulit yang kering.
  7. Penyubur rambut. Santan kelapa yang kemudian diambil minyaknya ternyata dapat menyuburkan dan menghitamkan rambut. Selain itu, santan kelapa juga dapat membantu mengurangi kerontokan rambut. Tentu saja dengan penggunaan secara rutin.
  8. Sebagai tabir surya. Kulit yang diolesi santan kelapa akan mencegah akibat terbakar karena sinar mentari.
  9. Menyehatkan kulit Kepala, dengan hal ini kita sangat dipengaruhi adanya ketombe, atau gatal-gatal dikulit kepala, tapi semua teratasi tanpa harus membeli bahan kecantikan yang serba mahal. Santan juga bisa jadi salah satu alternatif untuk dijadikan pengobatan. Seperti yang sudah dibahas diatas, kandungan minyak yang terkandung dalam santan sangat baik untuk kulit.
  10. Mencegah Penuaan Dini, Awet muda memang jadi dambaan bagi setiap kaum, tak hanya wanita saja, namun pria juga begitu. Dengan mengknsumsi santan secara teratur, maka kulit kita akan tetap halus dan akan mencegah timbulnya garis halus pada area wajah, seperti dahi /kening ataupun dibawah kantung mata. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin C yang banyak sehingga menjaga kulit kita tetap elastis
  11. Mencegah Kulit terbakar, Yang dimaksud adalah kulit kita terbakar oleh sinar matahari langsung. Caranya yang harus ditempuh sama dengan yang diatas, namun butuh beberapa menit untuk didiamkan kemudian dibilas dengan air bersih.
  12.  Air Mandi
     Santan juga dapat ditambahkan langsung ke air mandi untuk melembabkan kulit di seluruh tubuh. Tambahkan 1/2 cangkir santan ke bak mandi untuk membuat kulit menjadi lembut dan kenyal. Tambahkan lagi 1/2 cangkir air mawar untuk memperkuat aroma air mandi, sementara masih mempertahankan efek positif santan kelapa. Kulit kering membuat bakteri lebih mudah menginfeksi tubuh, sehingga pelembab kelapa dapat membantu menjaga kulit agar tetap sehat.
  13. Krim Santan Kelapa
     Santan kelapa bisa dibuat menjadi krim untuk menambah kelembaban kulit dan membantu mencegah pengeringan dan meringankan gatal-gatal. Campur santan dengan bubuk cendana, lantas oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 sampai 20 menit sebelum dibilas. Atau, santan dapat langsung digosokkan ke kulit tanpa menambahkan bahan lainnya. Jika langsung digosokkan, santan tidak perlu dibilas.
         
 Mengambil kesimpulan dari semua bahasan diatas, Manfaat santan memang sangat baik untuk kulit kepala, rambut, Wajah dan bahkan untuk seluruh tubuh. Oleh karena itu, bagi sobat kaum wanita, jangan ragu untuk mengkonsumsi santan kelapa. Karena dampak untuk kesehatan dan kecantikan sangatlah menakjubkan.

Semoga bisa membantu serta menambah wawasan lebih luas mengenai pengetahuan tentang manfaat dari santan kelapa yang sedang sobat cari







Tidak ada komentar:

Posting Komentar