Rabu, 11 Februari 2015

Tips lidah tergigit

Saat kita makan, berbicara atau diam  seseorang sering secara tidak sengaja lidahnya tergigit. yang membuat kita  tidak nyaman dan sakit untuk berbicara ataupun makan. Lidah yang tergigit biasanya membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk bisa sembuh. Selain itu, lidah tergigit juga bisa berkembang menjadi sariawan dan luka. Kedua hal ini pasti akan membuat kita  merasa tidak nyaman untuk berbicara ataupun mengunyah makanan.

Agar lidah yang tergigit tidak berubah menjadi sariawan dan cepat sembuh,  ada beberapa tips yang sebaiknya dilakukan seseorang saat lidahnya tergigit.
1. Ketika lidah tergigit, segera letakkan es batu di lidah untuk mengurangi rasa sakit dan juga menghentikan pendarahan.

2. Kumur-kumur menggunakan air garam selama beberapa detik, karena air garam bisa menjadi obat rumah yang efektif untuk menyembuhkan dan memiliki zat melawan bakteri serta mencegah infeksi.

3. Mengonsumsi madu, oleskan 1 sendok madu setidaknya dua kali dalam sehari, madu yang manis bisa efektif untuk menyembuhkan lidah yang tergigit.

4. Mengonsumsi air, lebih diutamakan menggunakan air dingin karena memberikan efek menenangkan dan bisa sekaligus mengompres.

5. Usahakan untuk menghindari makanan pedas karena bisa meningkatkan peradangan sehingga memperlambat proses penyembuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar