Senin, 09 Februari 2015

pengertian Kolesterol

Kolesterol atau yang disebut juga dengan lemak tak jenuh merupakan substansi seperti lilin yang warnanya putih, kolesterol secara alami sudah ada dalam tubuh kita. Hati adalah yang memproduksi kolesterol, kolesteorol berfungsi untuk membangun dinding sel dan juga untuk membuat hormon-hormon tertentu.


Kadar kolesterol sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu :
1. Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein), adalah kolesterol jahat dan kadar yang terbaik adalah dibawah 100 mg/dl, jika kadar kolesterol lebih tinggi dari 130 mg/dl, masih dikatakan dalam tahap wajar, tetapi jika anda perokok, tidak berolahraga, gemuk, dan diabetes sehingga dapat mengakibatkan naiknya kadar kolesterol, dan apabila sudah mencapai 160 mg/dl, maka harus secepatnya mendapatkan pengobatan dengan resep dokter ataupun menggunakan obat tradisional.

2. Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein), adalah merupakan koleterol baik karena bekerja untuk mencegah pengendapan koleterol didalam pembuluh darah dan bekerja untuk melindungi pembuluh darah dari terbentuknya plak, sebab jika terjadi plak pada pembuluh darah akan menyumbat arteri dan terputusnya aliran darah ke jantung juga peredaran darah ke otak akan tersumbat sehingga menyebabkan penyakit stroke.

 Untuk melakukan pemeriksaan kadar kolesterol paling baik dilakukan setelah berpuasa selama 12 jam. Pemeriksaan darah juga akan mengukur komponen darah seperti trigliserida. Seperti halnya kolestrol, trigliserida merupakan sejenis lemak yang ditemukan di dalam makanan seperti daging, keju, ikan dan kacang-kacangan dan juga dibuat sendiri oleh tubuh.

 Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, dan semoga kita dapat menjaga agar kadar kolesterol dalam tubuh kita tidak berlebihan sehingga bisa terhindar dari penyakit jantung ataupun stroke

Tidak ada komentar:

Posting Komentar