Senin, 26 Januari 2015

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Jangan remehkan bekas gigitan nyamuk maupun dari serangga lain termasuk semut. Karena bisa jadi gigitan tersebut menjadi sumber penyakit yang lebih serius. Lakukan langkah pencegahan dengan melakukan 'perawatan' segera pada luka bekas gigitan serangga tersebut.

Menghilangkan luka dan gatal akibat gigitan serangga dengan bahan alami
Informasi ini sangat berguna untuk dijadikan sebagai 'pertolongan pertama' ketika kita mendapati anggota keluarga yang tergigit serangga. Tentunya dimaksudkan untuk mencegah akibat dan resiko yang mungkin tidak terbayangkan sebelumnya.

Bahan alami meringankan luka gatal akibat gigitan nyamuk (serangga), antara lain :

1. Madu
Oles tipis madu pada bagian kulit yang tergigit. Penggunaan madu sebagai 'antiseptik' dan 'antibakterial' alami yang paling ampuh. Hal ini untuk mencegah infeksi dan memastikan tidak ada sisa bakteri maupun penyakit pada bekas gigitan tersebut.

2. Kulit pisang
Kulit pisang (bagian dalam) disebutkan kaya akan kandungan zat tanin. Dimana senyawa tersebut dapat difungsikan sebagai antiseptik. Selain itu, kandungan karotenoid di dalalamnya difungsikan untuk memulihkan berbagai bentuk peradangan (kulit).

3. Lidah buaya
Gel dan cairan alami dari lidah buaya memiliki kandungan anti~inflamasi (peradangan). Gosokkan pada kulit yang tergigit, akan memberikan rasa sensasi dingin dan segar. Dan yang terpenting, luka dan gatal insyaAllah akan berkurang.

4. Pepaya muda
Tujuannya adalah memberikan zat bernama papain yang ada dalam buah dan daun pepaya. Zat papain dapat mengobati luka dan gatal akibat gigitan nyamuk. Bahkan untuk serangga yang menyengat dan pertolongan pertama gigitan luar, zat papain dapat digunakan.

5. Jeruk nipis
Menggunakan jeruk nipis untuk kesehatan kulit sebenarnya tidak hanya untuk mengatasi luka bekas gigitan nyamuk (serangga). Masalah kulit yang lebih serius juga bisa dirawat dengan menggunakan jeruk nipis. Tidak hanya memberikan sensasi segar, juga berfungsi sebagai anti-septik.

6. Daun kemangi
Jika selama ini, daun kemangi hanya untuk dimakan, maka sekarang beralih digunakan untuk mengatasi luka dan gatal akibat gigitan serangga (nyamuk atau semut). Daun kemangi dimanfaatkan untuk membantu mengurangi pembengkakan akibat gigitan serangga tersebut.


Penggunaan bahan~bahan alami ini dimaksudkan sekedar untuk pertolongan pertama ketika seseorang mengalami gigitan serangga (nyamuk hutan, semut merah, semut rangrang, dll.). Selebihnya, untuk perawatan lebih lanjut bisa berkonsultasi pada tenaga medis terdekat untuk mendapatkan resep dan penanganan medis.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan seputar pemanfaatan bahan~bahan alami untuk kesehatan anggota keluarga. Aamiin.

https://plus.google.com/108144189032846002066/posts/ZkjhFrBSj3U

Tidak ada komentar:

Posting Komentar