Senin, 01 Oktober 2012

Cara Merubah Ukuran Gambar untuk Header Blog

Terdapat dua cara untuk mengubah ukuran header blog
Pertama adalah dengan merubah ukuran header sesuai ukuran gambar 
kedua adalah kebalikannya, yaitu merubah ukuran gambar sesuai ukuran header. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan program pengolah gambar seperti Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw, Macromedia Freehand MX dan masih banyak lagi. Tetapi bila kesulitan dalam menggunakan program tersebut, anda juga bisa mengunakan Microsoft Office Picture Manager, suatu program sederhana yang terinstall satu paket dengan Microsoft Office Word, Excel dan Power Point. Jika ingin mencoba anda bisa ikuti beberapa langkah berikut:
1. Pertama siapkanlah gambar yang akan anda jadikan sebagai penghias header blog anda, tentunya dengan format file JPEG atau PNG.

2. Sebelum merubah ukuran gambar tersebut, ketahuilah terlebih dahulu ukuran header blog anda

3. Jika sudah sekarang klik kanan pada file gambar tersebut. Kemudian arahkan kursor ke Open With dan kliklah pada Microsoft Office Picture Manager.

Cara Merubah Ukuran Gambar untuk Header

4. Begitu gambarnya terbuka di halaman Microsoft Office Picture Manager, klik Edit Picture pada menu bar.
Cara Merubah Ukuran Gambar untuk Header

5. Maka akan terbuka panel di sebelah kanan. Cari dan kliklah pada Resize.
Cara Merubah Ukuran Gambar untuk Header

6.Centanglah pada Custom width x height. Masukkanlah ukuran lebar (width) header blog anda pada kotak sebelah kirinya. Kotak sebelah kanan abaikan saja. Setelah di isi, perhatikanlah di bagian bawah. Tampak 2 baris ukuran. Original size adalah ukuran gambar asli anda. Sedangkan New Size adalah ukuran gambar yang telah dirubah. Sekarang klikl OK.

Cara Merubah Ukuran Gambar untuk Header

7. Lanjutkan dengan mengklik ikon back pada panel Resize sebelah kanan atas.
Cara Merubah Ukuran Gambar untuk Header

8. Kemudian klik Crop.
Cara Merubah Ukuran Gambar untuk Header

9. Sekarang tampak ada garis dan siku hitam disekeliling gambar. Itulah hendel yang bisa ditarik-tarik untuk memotong gambar.

10.Tariklah hendel sebelah atas dan sebelah bawah secara bergantian ke arah tengah gambar sehingga formatnya menjadi memanjang. Bagian samping biarkan saja karena ukurannya sudah sesuai dengan lebar header (dalam contoh ini 900px).

11. Sekarang perhatikan pada panel Picture Dimensiens di sebelah kanan. Pada bagian New tampak ukurannya menjadi 900 x 140 pixels. Angka 900 adalah lebarnya dan angka 140 adalah tingginya. Jika angka untuk tingginya belum pas dengan tinggi header blog anda, tariklah pelan-pelan salah satu hendel tadi kearah dalam atau ke luar, sambil memperhatikan perubahan angkanya. Atau juga bisa dengan menaik-turunkan angka pada kotak Top dan Bottom pada panel. Aturlah dengan cermat sampai ukuran tingginya menjadi pas dengan tinggi header blog anda. Jika sudah klik  OK.
Cara Merubah Ukuran Gambar untuk Header


12. Sekarang gambar anda sudah bisa disimpan. Kliklah File, lalu piih Save as. Tentukan lokasi penyimpanan dan nama file gambar anda lalu akhiro dengan SAVE. Selesai.

Harap diingat ketika anda menutup program ini akan keluar peringatan seperti di bawah ini. Pilihlah Don’t Save jika anda ingin file aslinya tetap utuh seperti semula (tidak ikut terpotong).


Cara Merubah Ukuran Gambar untuk Header



sumbernya lupa

4 komentar:

  1. Yah...???? Lumayan lah buat nyoret2an
    Visit juga ya ke http://ripsway.com

    BalasHapus
  2. mantap gan keep blogging , kunjungan balik ditunggu gan,
    http://rahasiaclickbankreview.vv.si

    BalasHapus
  3. maturnuwun.oya boleh dong main ke blog ku.idep - idep liat hasil praktek dari ilmu jenengan..

    BalasHapus