Senin, 09 April 2012

aneka manfaat Garam

Garam merupakan salah satu bumbu perasa yang paling digemari. Tak heran bila hampir setiap menu masakan terkandung garam di dalamnya. Garam sendiri adalah suatu mineral yang terdiri dari natrium klorida (40 persen natrium dan 60 persen klorida). Garam penting bagi tubuh, tetapi bukan berarti garam harus dikonsumsi secara berlebih

Mengapa tubuh perlu garam
Ion natrium klorida dibutuhkan oleh tubuh, dalam jumlah kecil, untuk mengatur kandungan air di dalamnya. Natrium tidak hanya dibutuhkan untuk membantu menjaga keseimbangan cairan dala tubuh, tetapi juga untuk membantu dalam transmisi impuls saraf ke otak. Selain itu, natrium, juga berperan dalam kontraksi dan relaksasi otot kita. Karena natrium dapat menarik cairan seperti magnet, asupan garam berlebih akan menyebabkan retensi (penahanan) air berlebih di tubuh.


Bahaya garam berlebih 

Terlalu banyak mengasup mineral dapat membahayakan fungsi tubuh. Penggunaan garam berlebih dapat meningkatkan jumlah sodium di dalam tubuh dan hal ini dapat memberikan efek yang serius untuk kesehatan. Meskipun garam digunakan untuk mengobati masalah seperti dysautonomia -penyakit atau kerusakan sistem saraf otonom, tetapi jika berlebih dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti yang terdapat dibawah ini :

• Penyakit kardiovaskuler : Para peneliti yang bekerja dalam sebuah penelitian besar yang dilakukan pada 2007 menemukan bahwa pasien dengan tekanan darah tinggi yang normal mendapat keuntungan secara signifikan dengan mengurangi asupan garam mereka, oleh karena itu risiko mereka menderita penyakit kardiovaskuler menurun hingga 25 persen untuk 10 hingga 15 tahun mendatang. Kemungkinan mereka meninggal akibat penyakit kardiovaskuler pun juga turun sebanyak 20 persen.

• Stroke : Mereka yang mengonsumsi sedikit garam kurang rentan untuk mengidap stroke. Bahkan, penelitian menyebutkan, mengurangi satu gram asupan garam dapat menekan risiko mengalami stroke hingga seperenam. Jika dikurangi dua gram, risiko menurun hingga sepertiga, dan jika dikurangi tiga gram, kemungkinan terkena stroke berkurang hingga setengahnya

• Hipertrofi ventrikel kiri dan pembengkakan jantung : Beberapa orang tidak mengalami hipertensi meski mengasup garam dalam jumlah tinggi. Tetapi, rekam medis menunjukkan, orang-orang tersebut mengalami hipertrofi ventrikel kiri atau pembesaran jaringan otot yang membuat dinding pada ruang pompa utama jantung dimana dapat mempertinggi risiko penyakit kardiovaskuler

• Retensi cairan : Jumlah natrium dalam tubuh menentukan tingkat cairan dalam tubuh Jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak garam, ginjal akan kesulitan mengeliminasi kelebihan garam dan tubuh Anda akan menahan cairan, yang kadang-kadang menyebabkan pembengkakan di sekitar jantung. Dokter menyarankan pengurangan asupan garam sebagai pengobatan untuk pembengkakan. 

• Sistem pencernaan makanan : 
Asupan garam yang tinggi dapat mempengaruhi sistem pencernaan dalam tiga cara :
  1. Ulkus (luka) lambung dan duodenum : Menurut American Society for Microbiology Conference, garam berinteraksi dengan bakteri Helicobacter pylori (H pylori) dan menyebabkan ulkus (luka) pada perut dan duodenum. Bakteri ini (H pylori) umum ditemukan pada banyak orang, dimana yang memilikinya tidak menunjukkan gejala. Bakteri H pyori diketahui menyebabkan 80 sampai 90 persen dari semua kasus ulkus lambung dan duodenum. Maka dari itu, membatasi asupan garam merupakan hal yang baik untuk mencegah terbentuknya ulkus yang disebabkan karena mengkonsumsi garam berlebih.
  2. Kanker : Kanker perut dan kanker lambung berkaitan dengan tingginya sodium di dalam tubuh. Bukti untuk hal ini ditemukan di Jepang, dimana konsumsi garam di kalangan masyarakat relatif tinggi.
  3. Penurunan Pepsin : Pepsin merupakan enzim pencernaan, dan asupan garam yang berlebih menurunkan jumlah pepsin dalam tubuh. Hal ini dapat mempengaruhi sistem pencernaan, meningkatkan tingkat keasaman dan menyebabkan diare. Sebagai contoh, ketika Anda menambahkan garam ke dalam dadih, hal ini menyebabkan terjadinya fermentasi dan membentuk asam dalam perut, dan pada akhirnya dapat mempengaruhi pencernaan.
• Permasalahan rambut : Mengkonsumsi garam terlalu banyak dapat menyebabkan masalah seperti rambut beruban dan rontok.

• Peningkatan sekresi air empedu : Ketika kita menyantap makanan yang mengandung garam tinggi, sekresi air empedu akan meningkat, yang mana dapat meningkatkan densitas darah sehingga menurunkan vitalitas. Hal ini juga dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan berdarah. Dokter menyarankan untuk mengurangi asupan garam kepada mereka yang mengalami masalah dengan kulit.

• Osteoporosis : Kelebihan garam mencegah penyerapan kalsium dalam tubuh, sehingga dapt menyebabkan terjadinya osteoporosis. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada wanita pascamenopause ditemukan bahwa wanita mengonsumsi garam dalam jumlah tinggi lebih banyak kehilangan mineral tulang lebih banyak dibanding dengan mereka yang tidak--mengkonsumsi garam berlebih.

• Kematian : Mengasup garam dengan dosis tinggi dalam waktu singkat bisa berakibat fatal. Jika seseorang mengkonsumsi satu gram garam per kilogram berat badannya, hal ini dapat menyebabkan orang tersebut kehilangan nyawanya. 

Kebutuhan asupan garam seseorang berbeda-beda. Direkomendasikan untuk mengasup natrium sebanyak 1.500 mg hingga 2.300 mg perhari, tergantung dari usia atau kondisi kesehatan yang dimiliki (seperti diabetes, tekanan darah tinggi atau penyakit ginjal kronik).

Badan Kesehatan Dunia (WHO), menyarankan asupan natrium setiap orang adalah sebanyak satu sendok teh atau sekitar 2,323 mg natrium atau 5 gram garam setiap harinya. (M10-11)


Aneka Manfaat Garam

• Telur ayam yang retak bila direbus, akan keluar putih telurnya. Tetapi bila telur retak ini direbus dalam air garam, maka putih telur tidak akan mengalir keluar.

• Daun pada sayur mayur sering masih ada ulatnya, membersihkannya agak repot. Bila sayur mayur itu direndam sebentar dulu dalam air garam, maka akan mudah membersihkannya. 

• Mencabut bulu bebek dan ayam, bila dalam air mendidih diberi sedikit garam, dapat mencegah tercabiknya kulit bebek dari siraman air mendidih. 

• Pada pokoknya sayur pare, lobak atau sayuran lain yang mengandung rasa pahit dan sepet, setelah dipotong lalu direndam dalam air dengan sedikit garam kemudian ditiriskan, maka dapat mengurangi rasa pahit dan sepet tadi. 

• Ikan segar bila dicuci dengan air garam, maka bisa menghilangkan bau tanah, sehingga terasa lebih segar. 

• Bagian dalam dan luar dari ikan yang tidak segar, bila dilumuri garam secara merata, lalu didiamkan sesaat baru di tim atau digoreng, maka rasanya akan kembali segar. 

• Sebelum menggoreng ikan atau memasak makanan lainnya; bila pada wajan diberi sedikit garam, maka minyak tidak akan memercik keluar wajan. 

• Jika akan menyimpan cuka dalam waktu lama, maka dalam cuka kita beri sedikit garam agar pada permukaan cuka tidak timbul lapisan. 

• Barang pecah belah yang baru dibeli, bila sebelum digunakan kita rebus dahulu dengan air garam maka jika kena dingin tidak akan mudah retak.

• Mengurangi Rasa Asin Pada Ikan AsinAneh memang. Kalau ikan asin Anda terlalu asin, cuci dengan larutan air garam. Niscaya sebagian garam yang menempel pada ikan asin akan ikut larut dalam larutan air gar 

• Menghilangkan Bau Amis Pada Belut Garam yang biasanya cuma untuk memberi rasa asin, ternyata juga bisa mengenyahkan bau amis pada belut. Masukkan segenggam garam dapur ke dalam kantong plastik yang berisi belut hidup. Biarkan sejenak sampai belut mati. Bersihkan belut lalu bumbui sesuai keinginan 

• Terong setelah diasinkan dengan garam selama 10 menit, selain menghemat minyak, juga enak rasanya.

• Mengurangi Rasa Asam Pada buah Buah yang rasanya asam, misalnya kedondong atau mangga muda dapat dibubuhi garam sebelum dibuat manisan buah. Setelah itu kadar keasamannya akan berkura

• Membuat Sayuran Rebus Tetap Hijau Siapa yang tak tertarik menyantap sayuran yang berwarna hijau segar? Masak air yang telah dibubuhi garam sampai mendidih. Rebus sayuran di dalamnya. Biarkan sampai sayuran matang. Lihatlah kini sayuran Anda tidak layu warnanya. 

• Mengetes kesegaran telur Masukkan telur ke dalam larutan garam, telur yang masih baru akan tenggelam, sedangkan telur yang sudah busuk akan mengambang 

• Eksfoliator Setelah mandi dan saat kulit masih basah, ambil segenggam garam dan gosokkan secara lembut dan perlahan ke seluruh kulit tubuh. Butiran garam tersebut akan meluruhkan sel kulit mati dan membuat kulit lebih halus

• Mengangkat Kulit Kering Kaki Rendam kaki dalam air hangat yang telah dibubuhi segenggam garam. Kemudian urut dan pijat kaki perlahan dengan sikat halus atau batu apung, agar kulit yang kering dapat terangkat. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin dan keringkan. Terakhir, gunakan lotion yang biasa kamu gunakan

• Cairan infus. dikenal beberapa jenis cairan infus yaitu cairan infus glukosa 5%, cairan infus nacl 0,9 % + kcl 0,3% atau kcl 0,6%, cairan infus natrium karbonat dan cairan infus natrium laktat.

• Membuat Sayuran Rebus Tetap Hijau Siapa yang tak tertarik menyantap sayuran yang berwarna hijau segar? Masak air yang telah dibubuhi garam sampai mendidih. Rebus sayuran di dalamnya. Biarkan sampai sayuran matang. Lihatlah kini sayuran Anda tidak layu warnanya.

• Menghilangkan Gatal Pada Nanas Hati-hati kalau makan nanas. Salah-salah gatal tenggorokanmu begitu pesan ibu, bukan? Padahal dengan garam risiko itu bisa dihilangkan. Setelah nanas di kupas dan dibuang mata kulitnya, segera oleskan garam. Nah, kini nanas aman di makan. Anda tak perlu khawatir lagi nanas membuat tenggorokan Anda gatal. Selain itu nanas akan terasa lebih manis

• Mengurangi Sakit Gigi Rasa sakit gigi yang berdenyut dapat berkurang bila Anda berkumur dengan air yang hangat di bubuhi garam. Kebiasaan berkumur dengan air garam juga berkhasiat menghilangkan bau mulut yang tidak sedap

• Gigi Putih. Gigi yang terlihat kusam akan kembali cemerlang dengan cara menaburkan garam kering ke ujung bulu-bulu sikat gigi Anda saat akan menggosok gigi. 

• Sikat Gigi Awet. Merendam sikat gigi yang masih baru dalam larutan air garam akan membuat sikat gigi menjadi lebih awet dipakai. 

• Menghilangkan Pegal di Kaki Kaki yang pegal tak perlu selalu dienyahkan lewat elusan tukang urut. Rendam saja kaki di dalam ember yang berisi air hangat yang telah dilarutkan dalam garam dapur. Setelah itu rendam lagi kaki di ember lain yang berisi air dingin. Lakukan beberapa kali bergantian. Kaki Anda pasti pulih seperti sedia kala.

• Menghilangkan Noda Darah di Kain Sungguh sulit menghilangkan bekas darah terutama bila darah sudah mengering. Tapi dengan garam, noda darah sama sekali bukan masalah. Rendam kain yang bernoda darah dalam air larutan garam. Cuci bersih memakai sabun atau deterjen. Bila belum terlalu hilang, kucek sebentar. 

• Menjaga Agar Ikan Tak Lengket di Wajan Alangkah menyebalkannya bila ikan yang kita goreng lengket di wajan. Kulit ikan terkelupas hingga ikan goreng Anda tak sedap di pandang mata. Cara paling jitu tentu menggoreng ikan di wajan berlapis teflon. Namun bila Anda tidak memilikinya, tak usah kecil hati. Cegahlah keadaan ini dengan cara berikut. Gosok wajan dengan garam dapur sebelum dituangi minyak. Anda boleh mencobanya dan melihat hasilnya

• Menghilangkan Rasa Panas Pada Kulit Risiko yang paling menyebalkan saat mengiris cabe ada rasa panas yang ditinggalkannya. Untuk menghilangkannya, rendam tangan atau jari-jari Anda di air hangat yang telah dibubuhi garam. Biarkan sebentar sampai rasa panas itu berkurang

• Mata Lelah Larutkan ¼ sdt garam dengan ½ liter air hangat, lalu basuhlah larutan air garam tadi pada mata yang lelah. Sedangkan untuk menghilangkan gembung di mata, larutkan 1 sdt garam dengan 1 liter air hangat dan celupkan kapas ke dalamnya. Letakkan kapas pada mata sambil berbaring dan rileks 

• Mengurangi Rasa Pedas Kalau Anda tak suka pedas dan kebetulan tergigit cabai yang rasanya menggigit itu. Jangan teriak-teriak, olesi lidah Anda dengan sedikit garam. Garam dapat mengurangi sedikit rasa pedas yang menyengat

• Menghilangkan Rasa Panas Pada Kulit Risiko yang paling menyebalkan saat mengiris cabe ada rasa panas yang ditinggalkannya. Untuk menghilangkannya, rendam tangan atau jari-jari Anda di air hangat yang telah dibubuhi garam. Biarkan sebentar sampai rasa panas itu berkurang.

• Untuk bunga Tambahkan air garam pada vas bunga sebelum tangkai bunga dipotong, maka bunga-bunga ini akan bertahan lebih lama

• Pembersih Wajah Campur1 sdt garam dan 1 sdt minyak zaitun di mangkuk kecil. Lalu gunakan campuran tadi sebagai pembersih dengan cara memijatnya lembut di area wajah dan leher. Bahan pembersih ini efektif mengangkat make up dan kotoran tebal. Lanjutkan dengan sabun cuci muka, lalu bilas hingga bersih

• Membersihkan permukaanseterika 
Bubuhkan garam pada kain yang lembap dan kemudian digosok dengan seterika 

• Kesegaran apel Rendamlah buah apel yang sudah kisut (wrinkled) ke dalam air garam, maka apel ini akan mulus kembal 

• Sabun dan sampo. Sabun dan sampo merupakan bahan kosmetik yang digunakan untuk keperluan mandi dan mencuci rambut. dan garam nacl merupakan satu bahan kimia di antara beberapa komposisi bahan dalam pembuatan sabun dan sampo. 

Macam-macam Jenis Garam Biasanya zat garam mineral terdapat pada minuman yang kita minum dan juga pada makanan yang kita makan. 
Beberapa kegunaan dan fungsi dari garam mineral : 

• Phospor / Fosfor / P

Fosfor berfungsi untuk pembentukan tulang dan membentuk gigi.

• Yodium / Iodium / I

Zat mineral yodium biasanya terdapat pada garam dapur yang tersedia bebas di pasaran, namun tidak semua jenis dan merk garam dapur mengandung yodium. Yodium berperan penting untuk membantu perkembangan kecerdasan atau kepandaian pada anak. Yodium juga dapat membatu mencegah penyakit gondok, gondong atau gondongan. Yodium berfungsi untuk membentuk zat tirosin yang terbentuk pada kelenjar tiroid

• Cobalt / Kobal / Kobalt / Co

Cobalt memiliki fungsi untuk membentuk pembuluh darah serta pembangun B

• Chlor / Klor / Cl

Chlor digunakan tubuh kita untuk membentuk HCl atau asam klorida pada lambung. HCl memiliki kegunaan membunuh kuman bibit penyakit dalam lambung dan juga mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin.

• Mangaan / Mangan / Mn

Mangaan berfungsi untuk mengatur pertumbuhan tubuh kita dan sistem reproduksi.

• Tembaga / Cuprum / Cu

Tembaga pada tubuh manusia berguna sebagai pembentuk hemo globin pada sel darah merah

• Kalsium / Calcium / Ca

Kalsium atau disebut juga zat kapur adalah zat mineral yang mempunyai fungsi dalam membentuk tulang dan gigi serta memiliki peran dalam vitalitas otot pada tubuh 

• Kalium / K

Kalium kita butuhkan sebagai pembentuk aktivitas otot jantung.

• Zincum / Zinc / Seng / Zn

Seng oleh tubuh manusia dibutuhkan untuk membentuk enzim dan hormon penting. Selain itu zinc juga berfungsi sebagai pemelihara beberapa jenis enzim, hormon dan aktifitas indera pengecap atau lidah kita.

• Sulfur atau Belerang

Zat ini memiliki andil dalam membentuk protenin di dalam tubuh.

• Natrium / Na

Natrium adalah zat mineral yang kita andalkan sebagai pembentuk faram di dalam tubuh dan sebagai penghantar impuls dalam serabut syaraf dan tekanan osmosis pada sel yang menjaga keseimbangan cairan sel dengan cairan yang ada di sekitarnya.

• Flour / F

Flour berperan untuk pembentuk lapisan email gigi yang melindungi dari segala macam gangguan pada gigi. 

• Magnesium / Mg

Fungsi atau kegunaan dari magnesium adalah sebagai zat yang membentuk sel darah merah berupa zat pengikat oksigen dan hemoglobin


Langkah - langkah dalam membuat garam dari air laut 

• Jika tidak memiliki lahan atau tempat untuk membuat dan ingin membuatnya di pantai, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan pantai yang akan digunakan untuk membuat garam dari sampah, katakanlah ada sampah di sekitar daerah pantai.

• Jika kita memiliki tempat atau lahan yang akan digunakan untuk membuat garam yang diperlukan disiapkan pertama adalah membuat tong berisi pasir dan menyalahkan salah satu sudut kita memberikan sebuah lubang untuk air laut adalah melalui tahap penyulingan

• Setelah semua media siap, maka langkah adalah memasukkan air laut beriktnya perlahan ke dalam tong berisi pasir laut. Kemudian, penyulingan air dari tong berisi pasir laut dikumpulkan ke dalam ember.

• Langkah selanjutnya adalah menuangkan air ke penyulingan ini berbentuk panjang kotak tapi, tapi panjang kotak dapat disesuaikan dengan keinginan kita, air suling dan kemudian kami tuangkan ke dalam kotak dengan kedalaman dari 1 segmen telunjuk.hal melayani air untuk kering dengan cepat ketika mengering.

• Kemudian setelah air dituangkan, maka tahap terakhir dijemur di bawah terik sinar matahari.Dalam proses pengeringan ini, air akan menguap dan tingkat air rendah karena menguap, meninggalkan ruang butir - butir garam murni siap panen.

• Yang terakhir adalah untuk mengumpulkan butir - butir garam, untuk diolah lebih lanjut untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan kita. 
 
berbagai sumber

1 komentar: