Selasa, 27 Maret 2012

Kata Kamseupay

 Perbendaharaan kata aneh kembali bertambah ketika kamseupay hadir. Lalu apa arti kata Kamseupay yang sekarang muncul sebagai iklan baru IM3 yang sering kita lihat di layar televisi ? Awalnya ada yang menduga jika kata tersebut adalah bahasa Alay  yang dipopulerkan oleh generasi lebay di Indonesia. Namun justru yang menjadikan kamseupay menjadi terkenal adalah seorang artis dan anggota dewan Marissa Haque. Dalam sebuah dialognya dengan seseorang di jejaring social twitter, ia pernah menyebutkan kata Kamseupay beserta arti yang ada dibelakang kumpulan huruf yang aneh tersebut.
Kamseupay adalah kata yang baru-baru ini menjadi trending di Twitter. Tapi banyak dari kita yang tidak tau apa arti dari kata yang makin hari makin populer tersebut.

Lalu, apa sih arti Kamseupay itu?
 Jika kita mengenal kata Galau yang hadir di era tahun 2010-an, maka anda jangan heran kalau ternyata kata Kamseupay ini hadir dan ngetrend pada era Akhir tahun 1970-an sampai dengan tahun 1980an. Arti Kamseupay sendiri adalah merupakan singkatan dari kalimat :"KAMpungan SEukali Udik Paya"  ,Kata ini kembali muncul menjadi trend kata-kata gaul berawal dari blog milik Marissa Haque. yang menggambarkan tentang karakter Kampungan atau Ndeso (perlu juga di ingat istilah Ndeso ditenarkan oleh Tukul Arwana.


Apa sih arti kata kamseupay yang sebenarnya? Kata orang kamseupay adalah singkatan dari “kampung sekali, udik dan payah” atau ”kampung sekali uuhh payah”, namun arti kata “kamseupay” yang sebenarnya adalah “kampungan” atau “ndeso” kata si Tukul Arwana, tidak ada kaitannya dengan singkatan-singakatan yang terkesan dipaksakan tersebut. Sebelum kata “kamseupay” menjadi tren terbaru di dalam masyarakat lewat Twitter dan blog pribadi Marissa Haque pada tahun 2000-an, kata ini pernah pula ngetren di tahun 1980-an. Kata ini sekarang bisa sejajar dengan “galau” yang juga populer saat ini.

Read more at: http://ciricara.com/2012/03/22/ciricara-arti-sebenarnya-kamseupay/
Copyright © CiriCara.com                                                                  Sangat disayangkan karena kata yang tergolong kata makian ini menjadi populer. Tidak sedikit para anak muda yang menggunakan istilah ini dalam percakapan sehari-hari seakan-akan kata Kamseupay ini sudah menjadi kata-kata gaul yang layak dipergunakan.
Dari mana muncul kata KamSeuPay ini?
KamSeuPay muncul akibat perseteruan antara artis Marissa Haque dan artis berakun @DeeDeeKartika di Twitter. Dalam akun twitter milik istri Ikang Fawzi muncul kalimat-kalimat emosional dan menuntut pasal pencemaran nama baik oleh @DeeDeeKartika yang mengeluarkan album religi bersama Memes, artis dan ibu dari Kevin Vierra

gimana mau memakai kata  kamseupay buat gaul atau berhenti memakainya?

1 komentar:

  1. Jadi tau artinya.
    Kirain KAMu SEmUa PAYah.
    Hahaha
    thnx.

    BalasHapus