Kamis, 23 Februari 2012

Waspadai Gangguan Kesehatan Akibat Komputer

Berkembangnya teknologi tentu saja memudahkan setiap orang untuk menyelesaikan pekerjaan. Seperti komputer, kini menjadi teknologi wajib yang banyak digunakan orang. Sayangnya, seperti dikutip melalui Boldsky, Selasa (21/2), komputer juga memberikan dampak dan pengaruh yang ditimbulkan terhadap kesehatan para penggunanya.

Jari Tangan Kaku
Apakah Anda pernah mengalami jari tangan mendadak seperti terkunci dan sulit untuk dikembalikan ke posisi normal? Jika iya, Anda berarti menderita gangguan kesehatan akibat kelamaan bermain komputer. Jari tangan kaku atau trigger finger merupakan kondisi dimana jari tangan menekuk dan tidak bisa diluruskan kembali secara spontan. Hal ini terjadi karena urat jari melonggar, sehingga kehilangan fleksibilitas mereka dan menjadi kaku. Biasanya trigger finger terjadi pada manula akibat penuaan atau proses degeneratif.


Bahu Nyeri
Gangguan kesehatan ini sering dialami oleh mereka yang membawa tas dengan beban berat, seperti membawa tas laptop. Hal ini pun akan terjadi jika Anda kelamaan duduk didepan komputer. Meski kelihatannya tidak menggunakan otot, duduk terlalu lama dimana bekerja di depan komputer dengan posisi tidak tepat, gampang mendatangkan kelelahan, nyeri, atau pegal di bahu, leher, pinggang, dan lainnya.

Gangguan Postur Tubuh
Pekerja kantoran harus bekerja selama 8-10 jam di kantor yang menandakan mereka harus duduk hampir seharian di depan komputer untuk bekerja. Kecenderungan membungkuk menyebabkan gangguan pada bentuk postur tubuh. Tekanan yang berlebihan bisa mengakibatkan tulang belakang melengkung ke depan yang berbentuk mirip huruf C.

Mata Kering
Pengguna komputer cenderung lebih jarang berkedip (sekitar 7 kali/menit vs tingkat normal sekitar 22/menit). Hal ini menyebabkan penguapan air mata meningkat atau berkurangnya produksi air mata seiring dengan ketegangan dan kelelahan mata yang terus menatap monitor komputer.

Impotensi
Jangan kaget! Impotensi adalah bahaya pekerjaan yang umum pada dewasa ini. Jika Anda bekerja menggunakan laptop, pastikan tidak secara langsung dipangku, karena dapat membunuh sperma. Maka dari itu, selalu gunakan alas untuk melindungi organ reproduksi Anda dari kerusakan atau jika dibiarkan terus bisa menjadi penyebab impotensi.
sumber:ghibbo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar