Selasa, 20 Desember 2011

menjaga pasword

Ketika kita membuat akun jejaring sosial, blog, email atau akun-akun lainnya maka untuk bisa login atau masuk kita diharuskan untuk memasukkan username dan password. Salah satu huruf saja dipastikan kita tidak akan bisa masuk ke akun milik kita. Jika kita lupa password jejaring sosial atau blog mungkin kita masih bisa mengatasinya dengan cara recovery password, lalu bagaimana bila kita tidak bisa masuk ke akun email karena lupa atau kehilangan password atau mungkin karena di hack oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab? Perlu kerja keras untuk mengembalikannya, itupun belum tentu 100% berhasil.
Nah untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan, maka ada baiknya kita menjaga password agar tetap aman dan hack maupun

Berikut ini adalah 7 tips cara aman menjaga password:
1. Tidak Menggunakan Default Password
Segera ubah default pasword atau password standart yang kita dapatkan saat selesai membuat akun. Pasalnya, default password sudah banyak diketahui oleh umum dan dapat dicari dengan mudah di google search, bahkan di situ tercantum nama mesin, type dan default password terpampang dengan megah di beberapa situs vendor pembuatnya.
2. Tidak Memakai Password Hint
Password hint bertujuan untuk membantu mengingatkan ketika kita lupa password dari akun tersebut. Bila kita membuat pertanyaan dengan password hint ini, maka dengan cepat kita dapat mengingat kembali password yang lupa tersebut. Nah begitu juga dengan para hacker, mereka akan mencoba-coba menebak password kita dengan berbagai pertanyaan di password hint, lama kelamaan password tersebut akan tertebak bila pertanyaan yang tertera di password hint dapat dijawab oleh si penebak password.
3. Tidak Menuliskan Password
Karena alasan sering lupa dan mempunya banyak akun yang berbeda passwordnya, kita coba menuliskan berbagai user ID dan passwordnya ke dalam media lain seperti notebook, notepad, password folder, buku, handphone dan lain-lainnya. Hal ini juga cukup rentan bocor. Mengapa rentan? Karena bila berbagai peralatan tersebut hilang, maka semua informasi tentang user ID dan password tersebut cepat atau lambat akan diketahui oleh si pencuri peralatan/gadget yang hilang.
4. Menggunakan Password yang Kuat
Semakin kuat password maka semakin sulit ditebak oleh para hacker sehingga akun pun sulit dibobol. Password yang kuat adalah password yang dibuat dengan kombinasi angka dan huruf, bahkan berbagai karakter yang lain. Usahakan untuk menggunakan password yang cukup panjang, jika memungkinkan usahakan ditambah dengan enkripsi seperti PGP key dan lainnya, sehingga cukup sulit untuk dapat menebak password tersebut.
5. Sering Mengubah Password
Semakin sering password berubah semakin baik, karena semakin sulit si penebak password menjebol account/system kita. Perubahan terhadap password tergantung si pemilik, bisa seminggu, sebulan, tiga bulan sekali dan lainnya. Asal si pemilik tidak lupa dengan password yang sudah diubah tadi.
6. Tidak Memakai Password yang Sama pada Beberapa Account
Jangan gunakan password yang sama disetiap akun. Karena bila satu account bisa dibobol, maka semua account akan dapat diambil oleh hacker tersebut.
7. Menggunakan Manajemen Password
Untuk membantu mengingatkan kembali berbagai password dan berbagai account, seringkali kita sangat kesulitan, tapi tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak aplikasi untuk membantu menata password kita. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis dari internet maupun berbayar, sehingga berapapun account kita dan password kita dapat dengan mudah untuk diingat dan dibuka kembali, tentu saja untuk membukanya harus dengan metode enkripsi juga.

sumber.iTV-GEAR.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar