Rabu, 19 Oktober 2011

BAHAYA MAKAN APEL

 Makan apel lebih dari empat kali sehari dapat merusak gigi dibanding minuman berkarbonasi, penelitian baru menunjukkan.

Ahli kesehatan gigi dari King's College London Dental Institute Prof. David Bartlett mengatakan ini bukan tentang apa yang kita makan, tapi bagaimana kita memakannya.

Sebab apel yang dikatakan sebagai buah sehat itu benar. Tapi jika kita memakannya perlahan-lahan, tingkat keasamannya yang tinggi dapat merusak gigi.

Penelitian dilakukan pada 1.000 peserta pria dan wanita berusia 18 sampai 30. Para peneliti mencari hubungan antara keausan gigi dengan makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Kerusakan dilihat dari permukaan enamel gigi dan struktur pendukung utama dari gigi yang terdapat di bawah enamel atau disebut dentin.

Hasilnya memperlihatkan bahwa apel lebih mungkin merusak dentin dibanding dengan minuman berkarbonasi.

"Beberapa buah apel mengandung sebanyak empat sendok gula sehingga memberikan kontribusi besar untuk kadar asam di mulut," jelasnya.

Meski demikian, bukan berarti orang tidak boleh lagi mengonsumsi apel. Tapi sebaiknya minum air putih setelah makan apel. Ini amat membantu untuk membasuh efek berbahaya dari asam.

Menggunakan sedotan jika diminum dalam bentuk jus & menyikat gigi setelah makan juga cara lain yang dapat melindungi gigi Anda. (tam)

Judul Original: Kebanyakan Makan Apel Merusak Gigi, Lho!
Sumber: SehatNews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar