Jumat, 22 Juli 2011

tips kuku sehat


kuku
Pertumbuhan kuku jari tangan dalam satu minggu rata-rata 0,5 - 1,5 mm, empat kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku jari kaki. Pertumbuhan kuku juga dipengaruhi oleh panas tubuh.

NutrisiIyang baik sangat penting bagi pertumbuhan kuku. Sebaliknya, kalau kekurangan gizi  atau menderita anoreksia nervosa, pertumbuhan kuku sangat lamban dan rapuh.

Diagnosa penyakit
Sejak dulu, sudah ada teknik mendiagnosis penyakit lewat kuku. Selain lewat kuku, penyakit juga dapat dideteksi lewat mata,lidah, pemeriksaan darah,faeses  dan air seni. Penafsiran penyakit lewat kuku ini sebenarnya sudah dilakukan orang sejak zaman Hippocrate.
Berikut beberapa kejanggalan kuku yang dapat membantu dokter mendioknosis suatu penyakit:
  1. Warna kebiruan pada pangkal kuku menandakan kurang beresnya sirkulasi darah dan merupakan gejala penyakit jantung.
  2. Bila separuh bagian dekat ujung kuku berwarna merah muda atau coklat sementara kulit ari berwarna putih, itu merupakan gejala penyakit gaga ginjall  kronis. 
  3. Bila timbul kerutan horizontal dan kuku tampak kusam, itu menandakan kurang gizi atau gejala suatu penyakit seperti campak,cacar air,gondok, jantung serta kondisi seperti Sindrom Reynaund  (kejang pada urat jari tangan dan kaki akibat sangat kedinginan). 
  4. Lapisan merah membujur pada kuku, menandakan perdarahan pada pembuluh kapiler. Garis-garis ganda merupakan gejala penyakit darah tinggi (hipertensi).
  5. Bila pertumbuhan kuku tampak lambat, tebal dan mengeras serta kekuning-kuningan, menandakan gangguan getah bening  atau penyakit pencernaan kronis. 
  6. Timbulnya bintik-bintik tak beraturan pada kuku, menandakan adanya penyakit psoriasis (penyakit kulit kronis). 
  7. Bila ada lengkungan berlebihan pada pangkal kuku dan sekitar ujung kuku, itu menandakan gejala penyakit TBC,emfisema  (gangguan pada paru-paru), penyakit kardiovaskuler atau hati.

Tips merawat kuku
  1. Bagi seorang perempuan pada umumnya, penggunaan pewarna kuku merupakan salah satu bagian dari fesyen atau daya tarik tersendiri yang akan mengangkat rasa percaya diri. Tapi menggunakan pewarna kuku terus menerus juga tidak baik karena dapat membuat kuku terlihat kuning dan rapuh. Untuk itu, biasakan untuk tidak menggunakan pewarna kuku sehari dalam seminggu agar kuku Anda dapat beristirahat. Bagi seorang akhwat, sangat tidak dianjurkan menggunakan pewarna kuku kecuali hanya untuk ditujukan buat suaminya dan itu pun biasanya dengan pewarna kuku yang tidak permanen atau bersifat temporal, misalnya kita mengenal pewarna alami dari daun pacar cina atau pacar mekkah atau yang sejenis dan dari segi thaharah pun itu masih ditolerir jika memang tidak menghalangi meresapnya air ke dalam pori-pori kuku ketika berwudhu atau mandi hadas besar.
  2.  Agar kuku menjadi kuat dan tidak gampang patah, gunakanlah belimbing sayur dan gosok-gosokkan di dasar kuku. Dapat juga direndam ke dalam cuka apel dan minyak zaitun yang sudah dihangatkan.
  3. Terbiasa melakukan pekerjaan rumah tangga dapat membuat kuku dan tangan menjadi kasar. Untuk melembutkan tangan, rendamlah tangan kita ke dalam jus jeruk yang telah dicampur madu selama 10 menit.
  4. Untuk menghapus noda pada kuku, rendamlah tangan ke dalam air hangat yang telah diberikan air jeruk nipis selama 15-20 menit. Karena air jeruk mengandung astringent yang dapat menghilangkan warna kusam pada kuku.
  5.  Pertumbuhan kuku tangan setiap minggunya sekitar 0,5-1,5 mm yaitu empat kali lebih cepat daripada pertumbuhan kuku kaki. Untuk itu, usahakan agar kuku tangan kita tetap pendek untuk mengeliminir masuknya kuman-kuman atau bibit penyakit berlebihan melalui kuku.
  6. Untuk mencegah kuku dari kekeringan dan terutama khusus buat akhwat atau perempuan pada umumnya, berikanlah krim khusus untuk kuku dan jangan menggunakan penghapus pewarna kuku yang mengandung bahan kimia.
  7. Tidak hanya perawatan dari luar, untuk menjaga kesehatan kuku dapat juga dilakukan dengan minum susu secara rutin dan bila memungkinkan bisa setiap hari. Karena susu mengandung kalsium tinggi yang berguna untuk menjaga kuku agar tetap kuat. Apabila kuku kita bersih, kesehatan kita pun akan lebih terjamin.
Warna kuku
Warna kuku dijari-jari kita akan menunjukkan organ yang lemah ditubuh kita.
  1. Lingkaran sabit (lengkungan kecil) dikuku ibu jari berwarna merah muda berarti peredaran darah pankreas kurang baik. Akibatnya pasien mudah lesu, bila dibiarkan dapat berkembang menjadi kencing gula. Pijatlah titik dibawah ibu jari. 
  2.  Lingkaran sabit dikuku jari telunjuk bewarna merah muda berarti usus dan lambung lemah. Dalam kasus ini peredaran darah di usus dan lambung kurang lancar. Pijatlah titik dibawah kuku jari telunjuk. 
  3. Lingkaran sabit dikuku jari tengah bewarna merah muda berarti mudah gelisah dan terjadi kelemahan energi dibagian jantung. Pijatlah titik dibawah kuku jari tengah bila tidur tak nyenyak, banyak mimpi, sering mengeluh sakit kepala, tidak dapat berkonsentrasi. 
  4. Lingkaran sabit dikuku jari manis bewarna merah muda berarti haid tidak teratur karena suhu badan naik turun akan mengganggu peredaran darah, daya tahan tubuh menjadi lemah. Pijatlah titik dibawah kuku jari manis bila anda menderita gejala tersebut. 
  5. Lingkaran sabit dikuku jari kelingking bewarna merah muda berarti energi jantung menjadi lemah. Sakit jantung biasanya sulit diketahui secara dini. Bila telah diketahui biasanya sakit jantung sudah kronis. Untuk mendeteksi secara dini sering-seringlah memijit 2 titik dibawah kuku jari kelingking dibagian dalam dan luar. 
  6. Kuku masuk/ tenggelam kedalam daging berarti hati lemah. Pasien dengan kondisi demikian karena terlalu banyak makan daging, kurang makan sayuran dan buah-buahan. Hal tersebut menyebabkan hati jadi kurang sehat. Pijatlah titik diruas kedua jari manis dibagian jari dalam. 
  7. Di kuku timbul garis-garis mendatar berarti pasien supaya berhati-hati dengan usus dan lambung. Kuku manusia setiap hari selalu tumbuh. Bila terjadi gangguan pencernaan maka pertumbuhan kuku akan terhambat akibatnya timbul garis-garis mendatar. Pijatlah titik ditempat kuku ada garisnya. 
  8. Dikuku timbul garis vertikal berarti metabolisme kurang bekerja dengan baik. Garis-garis vertikal tersebut adalah daging dibawah kuku yang berkerut. Bila kuku jari tengah ada garis vertikal berarti hati dan ginjal kurang baik dan kurang sehat. Pijitlah titik dibawah ujung kuku bagian tengah. 
  9. Di kuku berbintik-bintik hitam dan merah. Berarti peredaran darah di otak kurang lancar, sehingga menyebabkan lesu, mengantuk dan aktivitas menurun. Bila jari telunjuk ada bintik-bintiknya, peredaran darah di otak kurang baik. Pijatlah titik di bawah ujung kuku jari telunjuk. 
  10.  Untuk menjaga kesehatan anda secara teratur pijatlah semua titik-titik dibawah kuku setiap hari. Bila kuku jari menjadi merah setelah ditekan, berarti peredaran darahnya baik dan organ yang berhubungan dengan meridian ditangan cukup baik. Bila kuku jari setelah ditekan tidak segera memerah, berarti peredaran darah tidak lancar, dan organ yang berhubungan dengan meridian ditangan kurang sehat. Organ-organnya ialah paru-paru, jantung, usus besar dan usus kecil.


Beberapa rahasia kuku yang menggambarkan masalah lain dalam tubuh. Dengan mengenali gejala sejak dini, tentunya penyakit yang mungkin sudah terdapat di dalam tubuh bisa ditangani lebih awal dan lebih mudah.


1. Kuku pucat (pale nail)
Kuku yang sangat pucat kadang-kadang berkaitan dengan proses penuaan. Akan tetapi, bisa juga menandakan adanya penyakit serius, seperti:
Anemia
Gagal jantung
Diabetes
Penyakit liver
Kurang gizi


2. Kuku berwarna putih(white nail)
Kuku yang berwarna putih dengan bagian pinggir yang lebih gelap, bisa mengindikasikan masalah liver, seperi hepatitis. Jika Anda mengalami hal ini, perlu juga dicuigai adanya gangguan liver lainnya.


3. Kuku berwarna kekuningan (yellow nail)
Infeksi jamur merupakan salah satu penyebab paling umum kuku berwarna kuning. Jika infeksi makin memburuk, maka nail bed akan mengerut, kuku menebal dan remuk. Pada beberapa kasus, kuku berwarna kuning menandakan kondisi yang lebih serius seperti penyakit gondok atau psoriasis.


4. Kuku berwarna kebiru-biruan(bluish nail)
Semburat kebiru-biruan di kuku merupakan pertanda kalau tubuh kekurangan oksigen. Ini bisa menunjukkan adanya infeksi di paru-paru, seperti pneumonia.


5. Permukaan kuku berbintik dan bergelombang(rippled nail)
Permukaan kuku yang berbintik-bintik merupakan gejala awal psoriasis atau peradangan sendi. Psoriasis merupakan salah satu penyakit kulit yang hampir 10%-nya diawali dengan masalah kuku seperti ini.


6. Kuku pecah-pecah(cracked nail)
Kuku yang kering dan rapuh serta sering pecah-pecah dikaitkan dengan penyakit gondok. Jika kondisi pecah-pecah ini dipadukan dengan warna kekuningan, maka cenderung disebabkan oleh infeksi jamur.


7. Peradangan di lipatan kuku(puffy nail fold)
Warna kemerahan dan bengkak di sekitar kuku merupakan pertanda adanya peradangan pada lipatan kuku. Hal ini bisa disebabkan oleh lupus atau gangguan jaringan penghubung lainnya.


8. Garis berwarna gelap di bawah kuku (dark lines)
Garis gelap di bawah kuku kadang-kadang disebabkan oleh melanoma, jenis kanker kulit yang paling berbahaya. Karena itu, jika mengalami hal ini, sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter.


9. Gigit kuku(gnawed nail)
Menggigit kuku mungkin saja dianggap sebagai kebiasaan lama. Tapi, pada beberapa kasus, hal ini merupakan pertanda kecemasan yang bisa ditangani dengan pengobatan. Menggigit kuku dikaitkan dengan obsessive-compulsive disorder. Jika Anda tidak bisa menghentikan kebiasaan ini, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter.

Kuku hanya satu pertanda
Meskipun perubahan pada kuku seringkali diikuti dengan adanya penyakit tertentu, perubahan ini biasanya bukanlah pertanda awal. Selain itu, banyak perubahan kuku yang tidak membahayakan kesehatan. Tidak semua yang mengalami perubahan kuku mengalami hepatitis. Karena itu, jika Anda mencemaskan kondisi kuku Anda, ada baiknya berkonsultasi dengan pakar dermatologi.

Setelah baca ini, tentu Anda mulai mengamat-amati kuku bukan?. Jika ada yang memiliki kuku dengan ciri-ciri tersebut di atas, maka sebaiknya segeralah ke dokter.

Lalu bagaimanakah ciri-ciri kuku orang sehat? Untuk mengetahui kuku sehat yang paling mudah adalah dari warnanya. Untuk kulit Asia seperti Kita, kuku sehat seharusnya berwarna pink segar. Kemudian, tekstur permukaannya halus dan tidak bergelombang. Ciri kuku sehat yang lain adalah kuku tidak mudah patah/sobek. Pertumbuhan kuku sehat di negara Asia biasanya cukup cepat rata-rata 3-4 mm selama 1 bulan

berbagai sumber

1 komentar:

  1. Mengapa kami senang berkunjung di blog ini, karena selalu ada artikel yang menarik dan berkualis seperti ini? salam sukses

    BalasHapus