Rabu, 18 April 2012

Sejarah keyboard

Keyboard adalah Alat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam komputer. Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remingto
Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.
Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol.

Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif. Keyboard yang paling terkenal adalah keyboard QWERTY yang memiliki 101 buah key (tombol). Kebanyakan keyboard memiliki key yang disusun ke dalam bagian sebagai berikut :
A. Alphanumeric Key
B. Numerik Keypad
C. Function Key
D. Modifier Key
E. Cursor Movement Key.

 Fungsi tombol pada Keyboard
F1 = banyak digunakan untuk help
F2 = rename, change volume
F3 = searching
F5 = refresh, slide show pada powerpoint
F6 = addressing
F12 = save as
Prt Scr SysRq = Print screen (men-shoot tiap tampilan yang ada di monitor)
Scroll Lock = mengunci fungsi glidder dari sebuah mouse scroll
Pause Break = mengubah kondisi komputer menjadi stand by
Tab = loncat beberapa karakter
Caps Lock = mengubah huruf menjadi huruf kapital
Shift = mengubah karakter dan mengaktifkan fungsi simbol pada
kondisi tertentu
Num Lock = mengaktifkan fungsi tombol numerik di sebelah kanan pada
keyboard
Home = mengembalikan posisi kursor pada awal kalimat
End = melrtakkan kursor pada posisi di akhir kalimat
Page Up/Pg Up = menaikkan layar per paragraf
Page Down/Pg Dn = menurunkan layar per paragraf
Del = menghapus per karakter dari depan
insert/ins = me-replace per karakter
Backspace = mengahapus per karakter dari belakang
Space = lompat satu karakter
arrows keys = tombol navigasi
Escape = membatalkan suatu tahap perintah
[lambang Windows] = mengaktifkan start menu Begitu banyak tombol yang ada pada keyboard dan begitu banyak pula fungsi dari masing-masing tombol.

Selain itu, dalam menggunakan aplikasi Ms. Office (khususnya MS. Word) ada beberapa tombol Keyboard yang mempunyai fungsi apabila dikombinasikan atau digabungkan dengan tombol lainnya, contoh seperti di bawah ini : 
 Kombinasi Berfungsi untuk
Ctrl+ A Select all
Ctrl+ B Bold
Ctrl+ C Copy
Ctrl+ D Font
Ctrl+ E Center alignment
Ctrl+ F Find
Ctrl+ G Go to
Ctrl+ H Replace
Ctrl+ I Italic
Ctrl+ J Justify alignment
Ctrl+ K Insert hyperlink
Ctrl+ L Left alignment
Ctrl+ M Hanging indent
Ctrl+ N New
Ctrl+ O Open
Ctrl+ P Print
Ctrl+ Q Normal style
Ctrl+ R Right alignment
Ctrl+ S Save / save as
Ctrl+ T Left indent
Ctrl+ U underline
Ctrl+ V paste
Ctrl+ W Close
Ctrl+ X Cut
Ctrl+ Y Redo
Ctrl+ Z Undo
Ctrl+ 1 Single spacing
Ctrl+ 2 Double spacing
Ctrl+ 5 1,5 spacing
Ctrl+ Esc Start menu
Alt+F4 ShutDown atau menutup program yang sedang aktif
Shift + F10 Alternatif klik kanan
[lambang Windows] + M me-minimize semua program
[lambang Windows] + Shift + M me-maximize semua program
[lambang Windows] + E membuka Windows Explorer
Ctrl + Alt + Del restart
Alt + (tiap huruf pada sistem yang karakternya bergaris bawah) menuju ke perintah yang

Sejarah susunan keyboard..
Hal ini berkaitan dengan sejarah mesin ketik yang ditemukan lebih dulu oleh Christopher Latham Sholes (1868). Saat menciptakan mesin ketik prototype sebelumnya, malah sangat memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih cepat.
Terlalu cepatnya kemungkinan dalam mengetik tersebut, sampai- sampai sering timbul masalah pada saat itu. Seringkali saat tombol ditekan, batang-batang huruf (slug) yang menghentak pita itu mengalami kegagalan mekanik, yang lebih sering diakibatkan karena batang-batang itu saling mengait (jamming).
Karena bingung memikirkan solusinya pada saat itu, Christopher Latham Sholes justru mengacak-acak urutan itu demikian rupa sampai ditemukan kombinasi yang dianggap paling sulit untuk digunakan dalam mengetik. Tujuannya jelas, untuk menghindari kesalahan-kesalahan mekanik yang sering terjadi sebelumnya.
Akhirnya susunan pada mesin ketik inilah yang diturunkan pada keyboard sebagai input komputer dan pada tahun 1973 diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).
Sebenarnya ada beberapa standar susunan keyboard yang dipakai sekarang ini. Sebut saja ASK (American Simplified Keyboard), umum disebut DVORAK yang ditemukan oleh Dr. August Dvorak sekitar tahun 1940.
Secara penelitian saat itu, susunan DVORAK memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih efisien. Tetapi mungkin karena terlambat, akhirnya DVORAK harus tunduk karena dominasi QWERTY yang sudah terjadi pada organisasi-organisasi 

keyboard digunakan untuk mengetik teks dan angka ke dalam pengolah kata, editor teks atau program lainnya. Sebuah keyboard komputer membedakan setiap tombol fisik dari setiap lain dan laporan semua penekanan tombol pada software. Keyboard juga digunakan untuk game komputer, baik dengan keyboard biasa atau dengan menggunakan keyboard dengan fitur-fitur game khusus, yang dapat mempercepat kombinasi keystroke yang sering digunakan. Keyboard  juga digunakan untuk memberikan perintah ke sistem operasi komputer  seperti ‘ kombinasi Windows Control-Alt-Delete, yang menampilkan jendela task manager.


Fungsi keyboard komputer
Selama beberapa dekade, tidak ada banyak perubahan dalam penampilan keyboard. Ada banyak kunci besar di atasnya. Keyboard terdiri dari banyak kunci, Keyboard umum terdiri 84 dari kunci. Sejak Microsoft mengajukan sistem operasi Win98, keyboard telah diperbaiki sampai 104 tombol, dan keyboard dengan 104 kunci disebut “Win98″ keyboard  Jenis standar keyboard 104 kunci dibagi menjadi empat bagian sesuai dengan fungsi tombol pada keyboard.

Bagian-bagian keyboard komputer
Ketik wilayah kunci: Ada 61 kunci di daerah ini. Nama dan distribusi tombol yang sama dengan yang di mesin tik Inggris. Ini mencakup 26 huruf Inggris, 10 angka, semua jenis tusukan, ruang, kembali, dan beberapa tombol kontrol. Hal ini terutama melalui ini bagian dari kunci yang pengguna input informasi
Bagian control  Kursor: Daerah ini terdiri dari 13 tombol. Biasanya mereka digunakan untuk memindahkan kursor atau untuk memilih menu.
Bagian numlock / angka keyboard : Bagian ini adalah sama dengan kunci-kunci kalkulator keuangan. Hal ini digunakan untuk masukan angka dengan cepat. Biasanya di aktifkan dengan tombol “NumLock”. “NumLock” adalah kunci switch, yang statusnya ditunjukkan oleh lampu sinyal “NumLock” pada panel. Status default dari tombol ini biasanya kunci numerik setelah restart.
Bagian keyboard untuk Fungsi kunci: Daerah ini terdiri dari 12 tombol F-dan “Esc” kunci. biasanya digunakan sebagai kunci dari perangkat lunak. Sebagai contoh, F1 adalah untuk help, dan “Esc” adalah untuk Keluar, dll Untuk 104-tombol keyboard, Tombol Win dua dan satu kunci APP. Kunci Win digunakan dengan tombol lain untuk mengimplementasikan beberapa fungsi Windows yang umum. APP kunci adalah kunci reserved. Program yang berbeda memiliki definisi yang berbeda untuk itu. Ini biasanya sama dengan klik kanan mouse atau popup menu properti dari objek yang dipilih.
Terkait dengan Fungsi keyboard Meskipun kebanyakan keyboard adalah 104 keyboard standar kunci, kadang-kadang kita akan melihat jenis lain dari keyboard – Selain tombol 104 pada keyboard standar, perbatasan atas keyboard mengintegrasikan banyak tombol kecil.
Bahkan, beberapa jenis keyboard mengintegrasikan kunci cepat – Melalui tombol fungsi dan perangkat lunak yang cocok, banyak fungsi-fungsi khusus yang diwujudkan. Misalnya, mendorong salah satu kunci akan menjalankan Windows browser IE. Tentu saja, fungsi tombol tersebut berbeda untuk berbagai merek dan berbagai jenis keyboard. Selain itu, ada beberapa perangkat lunak khusus, yang memungkinkan Anda untuk menentukan fungsi tombol tersebut ‘sesuai keinginan untuk memenuhi kebutuhan Anda sendiri.

Jenis-jenis keyboard
Port data adalah jembatan komunikasi antara keyboard dan komputer. Saat ini, keyboard mengadopsi port PS / 2, pada saat yang sama, beberapa produk menggunakan port USB. Masih terkait Fungsi keyboard Menurut metode komunikasi data yang berbeda, keyboard diklasifikasikan ke dalam keyboard kabel dan keyboard nirkabel. Kebanyakan keyboard yang terhubung ke komputer melalui kabel data dihubungkan ke port PS / 2 atau port USB. Jenis keyboard memiliki “ekor” panjang. Keyboard nirkabel Namun berkomunikasi dengan komputer melalui inframerah. Saat ini, mereka biasanya digunakan untuk high-grade keyboard. Fungsi keyboard

 berbagai sumber



Tidak ada komentar:

Posting Komentar