Sabtu, 04 Agustus 2012

Kata Ngabuburit


Ketika memasuki bulan Ramadhan, satu istilah yang mendadak sering terdengar adalah “ngabuburit”
Sebenarnya apa sih artinya?
Apakah, seperti yang saya kira dalam bahasa sumbawa bahasa daerahku burit artinya pantat
Saya sendiri sih sebenarnya selama ini juga gak tau apa arti sebenarnya dari istilah ini, maklum, gak 
ngerti bahasa sunda,jadi setelah melakukan pencarian google, saya menemukan artinya




Istilah "ngabuburit" merupakan istilah yang berasal asli dari bahasa Sunda, yaitu burit yang berarti waktu menjelang sore hari. Jadi ngabuburit yang biasa disebut-sebut pada Bulan Ramadhan ini adalah menunggu atau menghabiskan waktu hingga menjelang waktu Adzan Maghrib datang, ringkasnya menunggu saat berbuka puasa.



bila dilihat dari arti kata secara literal, maka ‘ngabuburit’ sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, tidak hanya ketika melakukan ibadah shaum.. Tetapi ya mungkin kalau tidak sedang shaum, masyarakat jarang melakukan kegiatan yang khusus diperuntukan sembari mengisi waktu sambil menunggu senja. Sehingga, istilah ngabuburit menjadi identik dengan menunggu datangnya waktu magrib untuk kemudian melakukan iftar (berbuka) 
Mengapa kata yang berasal dari bahasa sunda ini sekarang menjadi sebuah istilah yang digunakan secara umum, kemungkinan antara lain karena semakin menyebarnya orang-orang sunda ke seluruh Indonesia, terutama Jakarta.
Populernya penggunaan istilah ini di Jakarta mungkin juga berbuntut dengan meningkatnya intensitas penggunaan istilah ini dalam media televisi yang setiap bulan ramadhan menayangkan acara-acara religi, yang tentunya ditayangkan ke seluruh pelosok negeri.


Oke, itulah sedikit ulasan mengenai istilah ngabuburit yang tak asing lagi kita dengar terutama bagi muslimin dan muslimat pada bulan suci Ramadhan.

Selanjutnya, saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa tahun ini hingga akhir hari kemenangan tiba. Semoga amal ibadah kita di terima oleh Allah SWT.  Amiin. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar