Jumat, 01 Juni 2012

Obat batuk tradisional

 Batuk adalah suatu proses alami yang penting untuk menjaga agar tenggorokan dan jalan napas senantiasa bersih. Pada batuk  produktif atau batuk berdahak seseorang yang menderita mungkin mengalami keluhan seperti rasa tidak nyaman akibat dahak di dalam suluran pernafasan dan sulit bernafas yang seringkali menimbulkan stress
Ada banyak alasan mengapa Anda batuk.
Berikut ini adalah iritan yang biasa menjadi penyebab dan bisa berjangka pendek atau menjadi berkepanjangan.
  1.  Infeksi – Pilek dan flu (influenza) adalah penyebab yang paling umum dari batuk. Jadi, jangan heran bila flu, maka batuk akan menyiksa Anda.
  2. Tetesan di Belakang Hidung. Produksi dahak yang berlebihan dapat terjadi pada beberapa alergi dan sinusitis (lapisan mukus yang meradang di dalam sinus). Mukus yang menetes dari belakang hidung Anda ke tenggorokan mengakibatkan iritasi. Biasanya, itu akan mendatangkan batuk.
  3. Asma. Batuk yang baru dapat diakibatkan dari asma ringan (peradangan dan penyempitan dalam saluran nafas). Jadi, bila Anda atau anak menderita asma, berusahalah agar terhindar dari iritan yang dapat menimbulkan gangguan pernapasan, termasuk batuk.
  4. Gastroesophageal Reflux. Batuk yang makin buruk jika Anda berbaring dapat disebabkan oleh mengalirnya asam lambung ke dalam esofagus (kerongkongan) Anda. Atau, dalam kasus yang jarang, ke paru-paru Anda. Gastroesophageal reflux juga bisa membuat batuk akibat asma menjadi semakin parah.
  5. Obat-obatan.
Obat-obatan tradisional dan alami 
  1. Belimbing wuluh
    Bunga belimbing  wuluh juga terbukti dapat membantu meringankan batuk. Ambil kira-kira satu genggam bunga belimbing wuluh, kemudian campurkan dengan beberapa butir adas, tambahkan gula dan secangkir air, lalu ditim. Setelah agak dingin, saringlah ramuan tersebut dan siap untuk diminum.
  2. Bunga Mawar
    Bunga mawar ternyata juga berkhasiat untuk menyembuhkan batuk. Resepnya adalah ambil bunga mawar segar kira-kira sepuluh gram, kemudian tim dengan air secukupnya dan tambahkan gula batu sesuai selera. Minum sebanyak dua kali sehari.
  3. Jeruk Nipis
    Jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mengobati batuk. Perasaan air jeruk nipis dicampur dengan madu dan air matang. 1 sendok makan air jeruk nipis dan 3 sendok makan madu murni serta 5 sendok makan air matang ditim selama 30 menit. Takaran untuk meminum ramuan ini adalah 1 sendok teh sehari dua kali.Obat  batuk tradisional lainnya yang terbuat dari jerun nipis adalah campuran jeruk nipis dan kecap. Ramuan ini lebih gampang, air jeruk nipis hanya dicampur dengan kecap dan diminum sehari dua kali sebanyak satu sendok teh.
  4. Daun Asam Muda
    Daun asam muda juga dapat berfungsi menyembuhkan batuk kering. Caranya, ambil daun asam muda setengah genggam, kemudian campurkan dengan daun saga manis, kayu manis, dan gula batu secukupnya. Rebus dengan api kecil sampai mendidih dan saring. Ramuan obat siap untuk diminum
  5.  Tanaman Serai
    Untuk mengobati batuk berdahak kita bisa menggunakan tanaman serai. Serai memiliki sifat antiradang sehingga bisa mengatasi batuk pada sumbernya, yakni peradangan di saluran napas. Herbal ini sangat mudah diolah, caranya siapkan beberapa gram akar serai, kemudian dicuci bersih, setelah itu rebus dengan satu gelas air kira-kira 15 menit. Setelah dingin baru dapat dikonsumsi. Minuman herbal ini dapat dikonsumsi sehari satu gelas.
  6. Rimpang Jahe (Zingebris Rhizoma)
    Jahe dan sediaannya telah lama digunakan untuk pengobatan gejala flu. Efek tersebut dihubungkan dengan aktivitasnya sebagai imunomodulator. Selain itu beberapa senyawa yang terkandung di dalam Jahe dapat bermanfaat meningkatkan suhu tubuh. Uji klinis pada Jahe lebih banyak digunakan sebagai anti mual dan muntah
  7. Daun Mint (Menthae Folia)
    Efek anti batuk: Sebagai ekspektoran. Minyak atsiri menstimulasi mukosa saluran pernafasan; meningkatkan atau mengencerkan sekresi lendir; memberikan rasa dingin; serta menurunkan tegangan permukaan paru-paru sehingga memperbaiki aliran udara yang masuk. Efek lain dari Daun Mint: Sebagai anti mikroba
  8. Rimpang Kencur (Kaemferaie Rhizoma)
    Manfaat utama adalah mengatasi gangguan saluran pernafasan. Data efektifitas untuk gangguan pernafasan umumnya masih pada hewan coba. Penggunaan pada aromaterapi: untuk relaksasi, karminatif dan sedative. Penggunaan lain: Kosmetik di kulit. Aktifitas: Etil sinamat, asorelaksasi
  9. Akar Manis (Glycyrrhizae Radix
    Akar Manis merupakan bahan baku utama untuk OBH (Obat Batuk Hitam). Perkembangan Obat Batuk Hitam kini dikombinasi dengan obat konvensional. Kandungan utama Akar Manis adalah Glisirisin
  10.  Biji Pala (Myristicae Semen)
    Kandungan utama Biji Pala adalah minyak Atsiri. Penggunaan Biji Pala yang telah didukung kajian ilmiah adalah sebagai zat penenang dan karminatif. Penelitian pada hewan membuktikan Biji Pala dapat meningkatkan durasi waktu tidur
Enam Bahan Alami Pengusir Batuk
  1. Anggur
    Anggur tidak hanya kaya antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas. Anggur juga dinyatakan efektif mengobati batuk. Anggur bekerja dengan mengencangkan paru-paru dan berperan sebagai ekspektoran, meredakan batuk ringan dan batuk yang telah diderita selama dua hari. Cobalah minum jus anggur yang telah dicampur dengan satu sendok teh madu.
  2. Almond
    Almond bisa meredakan batuk, khususnya batuk kering. Rendamlah tujuh biji almond di dalam air selama satu malam dan bersihkan kulit luarnya yang berwarna kecokelatan. Selanjutnya haluskan hingga berbentuk pasta. selanjutnya tambahkan 20 gram mentega dan gula ke dalamnya. Konsumsilah pasta ini pada pagi dan malam hari.
  3. Bawang putih
    Bawang putih mentah bisa membantu meredakan batuk. Haluskan dan ambil ekstraknya dalam bentuk jus. Selanjutnya, campurkan satu sendok teh jus bawang ini dengan satu sendok teh madu, biarkan selama 4-5 jam, kemudian konsumsi 2 kali dalam sehari. Campuran ini merupakan sirup yang efektif atasi batuk. Selain itu, bawang putih juga berguna dalam mengeluarkan lendir.
    Anda juga bisa menggunakan cara lain. Haluskan satu siung bawang putih ukuran sedang kemudian campurkan dengan jus dari 1 buah lemon. Selanjutnya tuangkan secangkir air matang dan tambahkan satu sendok teh madu sebagai penambah rasa. Konsumsi larutan ini 2-3 kali sehari.
  4. Kunyit
    Kunyit juga dinyatakan efektif untuk meredakan batuk kering. Panggang kunyit kemudian haluskan hingga berbentuk tepung. Konsumsi bubuk ini, bisa dengan cara dicampur dengan air minum, sebanyak 3 gram, sebanyak 2 kali sehari, pagi dan malam hari
  5. Anggur kering atau kismis
    Saus yang terbuat dari kismis juga dinyatakan berguna dalam meredakan batuk. Saus dibuat dengan cara menghaluskan 100 gram kismis, ditambahkan 100 gram gula dan air. Panaskan campuran tersebut hingga mempunyai tekstur seperti saus. Konsumsi sebanyak 20 gram sebelum tidur.
  6. Biji adas
    Biji adas juga efektif untuk mengatasi batuk kering. Adas bekerja dengan memecah mucus. Buatlah teh dengan menggunakan rempah satu ini dan konsumsilah secara teratur. (OL-08) 
Jenis-jenis batuk
Batuk produktif
yaitu batuk yang menghasilkan dahak atau lendir. Lendir mungkin telah dikeringkan di bagian belakang tenggorokan dari hidung atau sinus atau mungkin berasal dari paru-paru. Batuk produktif umumnya tidak selalu harus ditekan/dikurangi-batuk itu membersihkan lendir dari paru-paru. Ada banyak penyebab batuk produktif, seperti
  1. Virus. Adalah normal untuk memiliki batuk produktif ketika Anda memiliki flu biasa.Batuk ini sering dipicu oleh lendir yang mengalir di bagian belakang tenggorokan
  2. Infeksi. Infeksi paru-paru atau bagian saluran udara bagian atas dapat menyebabkan batuk. Batuk produktif dapat merupakan gejala dari pneumonia, bronkitis, sinusitis, atau tuberkulosis.
  3. Penyakit paru-paru kronis. Batuk produktif dapat merupakan tanda bahwa penyakit seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) makin parah atau bahwa Anda memiliki infeksi.
  4. Refluks asam lambung yang masuk ke kerongkongan. Jenis batuk bisa merupakan gejala penyakit gastroesophageal reflux (GERD) dan dapat membangunkan Anda dari tidur.
  5. Nasal discharge (postnasal drip) pengeringan di bagian belakang tenggorokan. Hal ini dapat menyebabkan batuk produktif atau perasaan bahwa Anda terus-menerus perlu membersihkan tenggorokan Anda. Para ahli tidak setuju tentang apakah postnasal drip atau penyakit virus yang menyebabkan batuk.
  6. Merokok  Batuk produktif pada orang yang merokok atau menggunakan bentuk lain dari tembakau sering merupakan tanda kerusakan paru-paru atau iritasi tenggorokan atau kerongkongan
  7. Penyakit paru-paru kronis. Batuk produktif dapat merupakan tanda bahwa penyakit seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) makin parah atau bahwa Anda memiliki infeksi.
Batuk tidak produktif
Batuk non produktif bersifat kering dan tidak menghasilkan dahak. Batuk kering dapat terjadi menjelang akhir paparan udara dingin atau setelah terkena bahan iritan, seperti debu atau asap. Ada banyak penyebab batuk tidak produktif, seperti:
  1. Penyakit karena virus. Setelah pilek, batuk kering dapat berlangsung beberapa minggu lebih lama dari gejala lain dan sering memburuk di malam hari.
  2. Bronkospasme. Batuk tidak produktif, terutama di malam hari, mungkin berarti kejang pada saluran bronkial (bronkospasme) yang disebabkan oleh iritasi.
  3. Alergi. Sering bersin juga gejala umum dari alergi rhinitis.
  4. Obat yang disebut ACE inhibitor yang digunakan untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Contoh inhibitor ACE termasuk captopril (Capoten), enalapril maleat (Vasotec), dan lisinopril (Prinivil, Zestril, atau Zestoretic).
  5. Paparan debu, asap, dan bahan kimia di lingkungan kerja.
  6. Asma. Batuk kering kronis dapat menjadi tanda asma ringan. Gejala lain mungkin      termasuk sesak napas, atau rasa sesak di dada.
  1. Penyumbatan saluran napas oleh benda yang dihirup, seperti makanan atau obat.
Berikut ini adalah macam-macam batuk
  1. Batuk Rejan,Batuk  ini memiliki nama lain pertusis. Penyebabnya adalah bacterium bordetella atau bisa juga karena Bordella pertussis yang menular lewat dahak atau cairan liur. Batuk ini biasanya semakin parah pada waktu malam dan diikuti oleh demam.
  2. Batuk Kering,Batuk ini disebabkan karena infeksi saluran pernafasan bagian atas seperti hidung dan tenggorokan karena flu atau pilek. Namun pada beberapa kasus batuk ini juga bisa muncul karena infeksi saluran pernafasan bawah seperti bronchiolitis dan peradangan saluran udara kecil di paru-paru atau pneumonia, Batuk ini bisa jadi memburuk ketika cuaca panas, saat berada di ruangan yang hangat atau panas.
  3. Batuk Basah,Umumnya batuk ini disebabkan oleh infeksi dan asma. Pada batuk ini terdapat cairan sekresi dan lendir di saluran pernafasan dengan bagian bawah (tenggorokan dan paru-paru). Saat batuk dahak akan keluar
  4. Batuk Croup/batuk sesak,Batuk ini terdengar seperti dengkingan anjing. Disebabkan oleh pembekakan saluran pernafasan bagian atas oleh infeksi virus. Bengkak yang muncul di pangkal tenggorokan dan batang tenggorokan (bawah pita suara) membuat suara menjadi lebih keras terutama saat menarik nafas. Alergi, perubahan suhu udara, dan juga infeksi saluran pernafasan bagian atas, dapat memicu batuk yang biasanya muncul saat malam dan dini hari
  5. Batuk bronchiolitis,Batuk yang diikuti suara nyaring seperti bersiul saat bernafas. Batuk seperti ini biasanya disebabkan infeksi virus yang terjadi pada saluran udara kecil pada paru-paru yang disebut bronchioles. Penyebab lainnya adalah asma
Tanda-tanda orang yang terserang penyakit batuk pilek,sbb
  1. Bersin – Bersin
  2. Mata berair
  3. Sakit tenggorokan karena membrane lendir yang meradang
  4. Menggigil,Meningkatnya suhu badan saat berusaha membunuh kuman yang masuk. Tanda  tanda yg bisa diketahui meningkatnya suhu badan adalah rasa sakit pada persendian dan rasa lesu. Tanda ini datang karena tersebarnya virus yang luar lokasi utama infeksi(didalam hidung dan tenggorokan), melalui aliran darah denqan organ tubuh lainnya.
Mencegah dari batuk pilek
  1. Olahraga secara teratur.
  2. istirahat dan tidur yang cukup
  3. Mejaga pola makan yang seimbang
  4. Hindari stress
  5. Hindari merokok/asap rokok
  6. Banyak mengkonsumsi buah dan sayur
  7. Banyak mengkonsumsi air putih dan Jus buah agar terhindar dari
  8. Banyak mengkonsumsi air putih dan Jus buah agar terhindar dari
    dehidrasi dan dapat mencegah lapisan didalam tenggorokan supaya tidak kering,serta dahak menjadi cair dan gampang untuk dikeluarkan.
  9. Hindari minuman yang bersoda dapat memperparah dehidrasi
  10. Hindari minuman yang mengandung alcohol
  11. Mandi dengan menggunakan air hangat karena bisa meningkatkan kadar kelembapan udara 
Pengobatan batuk pilek dengan cara alami
berikut ini adalah pengobatan alami untuk meredakan dan membantu untuk meringankan batuk
  1. Untuk mengobati batuk,buat ramuan yang terdiri dari madu dan jeruk nipis. Jika sudah cukup parah buat ramuan yang terbuat dari lidah buaya dan madu.
  2. Memastikan tubuh anda mendapatkan istirahat dan tidur yang cukup,agar terlepas sebentar dari aktivitas sehari-hari dan diusahakan agar tidak stress. Tubuh perlu istirahat agar bisa melawan penyakit.
  3. Banyak mengkonsumsi cairan,seperti air putih dan jus buah.
  4. Mengkonsumsi sayuran yang hangat dengan bumbu bawang putihakan sangat membantu. Karena bawang putih banyak mengandung bahan kimia yang berguna untuk antimikroba, antivirus dan antiprotozoa.
  5. Mengkonsumsi vitamin C dengan dosis yang tepat, meskipun tidak dapat mengobati, tetapi paling tidak bisa meredakan penyakit atau mempersingkat selang waktu terjadinya gejala.
  6. Minyak Esensial yang mempunyai eucalyptus dan mentol sudah lama dipakai untuk mengobati batuk pilek dan flu. Menthol banyak ada pada minyak peppermint dan ucalyptus ada pada minyak eucalyptus.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar