Sabtu, 27 Agustus 2011


Awet Muda Berkat Bahan Alami
Kesehatan


GERAKAN kembali ke alam tengah melanda hampir seluruh bagian dunia. Di tanah air sendiri minat masyarakat untuk kembali menggunakan bahan-bahan alamiah semakin banyak. Tidak ketinggan dalam hal perawatan tubuh, orang makin tertarik menggunakan bahan alamiah karena dipercaya khasiat tinggi serta hampir tidak menimbulkan akibat sampingan.


Setelah sekian lama terlena oleh kehadiran produk berbahan kimiawi yang cukup menarik, orang hampir saja melupakan di bumi Nusantara ini sebetulnya terdapat begitu banyak materi alami. Materi yang mudah diperoleh dan memiliki keampuhan tidak kalah dengan bahan kimiawi.


Tidak hanya untuk pengobatan, berbagai bahan alami asli Indonesia pun bermanfaat untuk perawatan rambut hingga ujung kaki. Bagi mereka yang mendambakan tetap awet muda meski usia terus merambat, banyak materi alam yang mampu membantunya. Pemanfaatan sejak dini dan secara terus-menerus diyakini banyak orang akan menghasilkan kondisi seperti yang diidamkan.


Ternyata bermacam hasil alam Indonesia berupa dedaunan, akaran atau buah-buahan yang tampak sepele dan tidak berguna, dapat membantu mereka yang ingin tetap tampak muda, segar, dan berseri. Walau pun lebihg banyak pendapat yang cenderung apriori terhadap manfaat buah-buahan itu, namun ternyata cukup bukti hal yang semula dipandang sebagai mitos belaka kini menampakkan hasil nyata.

Menghaluskan Muka dan Leher

Untuk menikmati yang merupakan anugerah Tuhan, manusia perlu merawatdan memperindah tubuhnya. Dengan memelihara karunia Tuhan itu, hidup akan lebih harmoni serta bahagia. Apalagi alam memang disiapkan lengkap dengan bahan alami berguna untuk perawatan seluruh tubuh.

Mataagar senantiasa bersinar cemerlang dapat dipergunakan daya alam yang terkandung dalam berbagai tanaman seperti teh, randu, dan melati. Air teh kadaluwarsa jika digunakan untuk merambang akan menghasilkan mata nan ceria penuh pesona. Rebusan air sirih juga punya manfaat sama jika dipakai untuk merambang mata. Air rendaman melati yang telah diinapkan semalaman baik untuk merawat mata agar tetap cemerlang. Minyak jarak memiliki khasiat mencegah keriput di seputar mata. Pijatlah kulit sekitar mata dengan menggunakan minyak jarak setiap malam.

Sedang untuk memelihara keindahan mahkota rambut dapat digunakan orang-aring, daun mangkokan, atau lidah buaya. manfaatkan lendir dari daun lidah buaya untuk pijat kulit kepala agar rambut tumbuh subur hitam dan lebat. Ramuan orang-aring atau daun mangkokan yang dicampur minyak kelapa memiliki khasiat sama.

Air perasan wortel yang dipergunakan untuk masage kulit kepala bermanfaat untuk mencegah kerontokan. Biarkan semalam dan keramas esok harinya. Bawang merah yang dihaluskan dan dicampur dengan air matang juga memiliki khasiat sama untuk merawat rambut.

Mengatasi rambut beruban gunakan biji pepaya yang disangrai, kemudia tumbuk halus dan dicampur dengan minyak kelapa. Oleskan ramuan ini pada seluruh rambut dan kulit kepala. Bungkus rambut dengan handuk, biarkan selama dua jam, kemudian bersihkan. Jika rutin melakukannya seminggu sekali uban pun akan lenyap dan rambut hitam kembali.

Alam disiapkan oleh Sang Pencipta demi kecantikan serta kehalusan kulit muka dan leher, Bahan alami seperti mentimun, susu sapi, jeruk nipis, minyak bulus, bawang putih, bawang merah, asam dan lengkuas sangat bermanfaat untuk menghaluskan muka dan leher. Madu bermanfaat untuk mengencangkan kulit muka jika Anda rajin memanfaatkannya untuk masage. Sesudahnya cuci muka dengan air hangat dan oleskan air jeruk nipis atau tomat. Cara yang sama tetapi mengganti madu dengan minyak bulus cara lain untuk merawat kulit wajah. Jika minyak bulus yang dipakai,sesudahnya usapi kulit muka dengan minyak kenanga atau minyak tanjung. Jika rutin mencuci muka dengan air teh kadaluwarsa menghasilkan muka yang bersih halus berseri.

Kebiasaan memasker muka dengan mentimun, menghasilkan kulit halus mulus. Cara lain, oleskan remasan bunga mawar pada kulit wajah. Biasakan ini pada pagi hari ketika bunga masih mengandung embun. Ternyata putih telur pun merupakan bahan masker yang baik. Oleskan putih telur pada kulit wajah, diamkan 10 menit baru bersihkan dengan air hangat. Cukup lakukan sebulan sekali.

jangan Risau Menghadapi Ketuaan

Jika wajah Anda dalam kondisi kering, kusam dan keriput, gunakan dua sendok makan havermout yang dicampur satu sendok makan madu dansedikit air untuk memasker wajah. Kentang juga sangat bermanfaat untuk meremajakan kulit. air perasan kentang sangat baik untuk mencuci muka atau bagian kulit lain yang keriput. jika dilakukan setiap malam, hasilnya pun sesuai idaman Anda selama ini.

Kulit yang kering bersisik akan tampak tua dan tidak menarik. Untuk mengubahnya menjadi halus gosoklah kulit dengan ampas kelapa. Diamkan 10 menit, kemudian basuh dengan air bersih. Bagi masyarakat Bali, beras yang disangrai dan ditumbuk kasar jika dicampur asam kamal bermanfaat sebagai lulur untuk menghaluskan kulit tubuh.

Bagi wanita mendambakan tubuh sintal, langsing dan kencang, gunakan buah pinang sebagai pengganti kopi. Irislah pinang menjadi tipis, jemur hingga kering kemudian tumbuk. Seduh setengah sendok teh serbuk pinang dengan air panas, minum beserta ampasnya. Lakukan secara rutin tiap hari untuk mendapatkan hasil yang menakjubkan.

Untuk menambah daya tahan tubuh tak perlu melakukan perawatan yang rumit dan merepotkan, cukup rajin minum airv putih setiap pagi, maka badan segar dan bugar akan diperoleh dengan mudah.

Kebugaran serta kecantikan sejati tentu tidak hanya datang dari penampilan fisik yang muda dan menarik hati. Amat penting untuk melengkapi keindahan fisik dengan kecantikan batin hingga kepribadian Anda betul-betul mempesona lahir batin. (Nyoman Dira, Jalan Munggur Kotak Pos 6480, Jogjakarta)

 sumber harian umum pelita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar